[Tips] 5 Cara Merawat Bulu Mata Palsu

False Eye Lashes atau bulu mata palsu kini makin digemari. Bahkan para beauty junkies mengenakannya sehari-hari. Termasuk saya. Dulu biasanya orang memakai bulu mata palsu saat event resmi saja. Tapi sekarang banyak orang yang memakai untuk sehari-hari. Sayapun juga begitu. Dulu awalnya dipakai saat kondangan atau acara party aja. Tapi sekarang saya jadi ketagihan pakai bulu mata palsu setiap saya keluar rumah. :)


Ada yang bilang bulu mata palsu hanya bisa sekali pakai. Tapi ada juga yang sampai berbelas atau berpuluh-puluh kali. Asalkan bisa memperlakukan bulu mata itu dengan benar dan tepat.  Kalau saya tipe yang awet dengan bulu mata. 1 merk aja mau murah atau mahal, saya bisa pakai sekitar 10 kali lebih. Atau bahkan bisa sampai 20 kali lebih. Tergantung ketahanan dan perawatannya. Mau tau gak gimana caranya? :)



1. Hindari aplikasi maskara

Ada yang bilang supaya tambah lentik, pakaikan mascara. Tapi kalau saya gak pernah sih, karena nantinya akan saya pakai lagi. Pemakaian mascara hanya mengakibatkan helaian bulu matanya jadi kotor dan gak tahan lama!

2. Bersihkan dengan produk yang tepat

Setelah dipakai, harus segera dibersihkan. Bisa dengan menggunakan make up remover, kalau kamu mau menggunakannya lagi. Tapi jangan memakai make up yang berbahan dasar minyak ya, karena itu akan membuat plesternya menjadi lemas, jadi sulit untuk digunakan lagi. False eyelashes yang oke itu adalah yang mengikuti bentuk dan lekuk mata.
Jangan pernah malas membersihkan bulu mata palsu ya. 

3. Pilihlah bulu mata yang berkualitas

Ada harga, ada barang. Tapi gak semua yang mahal itu sudah pasti bagus. Tapi gak semuanya juga yang murahan itu jelek. Yang pasti, kamu pastikan aja bulu mata palsu tersebut sudah pernah mendapat testimoni para users sebelumnya. Misalnya dari para beauty blogger, make up artist, teman, profesional terpercaya atau bahkan keluarga sendiri.

4. Simpan rapi pada wadahnya

Setelah dipakai wadah atau tempat plastik bulu matanya jangan dibuang ya. Setelah selesai, taruh lagi ke wadahnya yang bentuknya cetakan setengah lingkaran. Sayapun termasuk orang yang prepare membawa wadah bulu mata palsunya setiap kali berangkat keluar rumah. Saya pernah ditertawai oleh seorang teman yang katanya saya kerajinan bawa-bawa gituan. Padahal tujuan saya adalah disaat saya tidak lagi memakai eyelashesnya, akan saya taruh di wadahnya. Bukan berarti saya taruh entah berantah. Ya tapi gak ngaruh juga sii temen saya bilang kayak gitu juga. Hidup saya gak tergantung ma dia sik. Jadi saya asik-asik aja :))

Dengan menempatkan bulu mata palsu ke wadahnya kembali, secara otomatis akan memperpanjang masa pakai dari eyelashes tersebut.

5. Bersihkan dengan air 

Biasanya saat eyelashesnya dipakai, saya selalu bersihkan dengan air bersih. Caranya, rendam bulu mata tersebut di dalam air bersih tadi, lalu keringkan kembali dan taruh kembali ke wadahnya. Oya, airnya jangan terlalu hangat ya, karena bisa merusak lem dan kerekatan dari tiap helainya. Dan juga tiap helainya jadi saling menempel satu sama lain.

Selain itu bersihkan juga lem bulu matanya seusai pemakaian. Hati-hati jangan sampai merobek kerekatan tiap helainya. Karena ketahanan dari tiap brand itu beda-beda. Karena lem bulu mata yang menempel akan membuat layer dan mempertebal garis bulu matanya.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga merawat false eye-lashesmu dengan baik? :)

6 comments

  1. Aku ga pernah pakai bulu mata palsu. Makanya baru ngerti kalau ternyata bisa dipakai berulang-ulang ;)

    ReplyDelete
  2. ternyata bulu mata palsu bisa di pakai berulang-ulang

    ReplyDelete
  3. Gak punya bulu mata palsu. Xixixi. Rasanya berat gitu.

    ReplyDelete
  4. Aku pernah ke pabrik bulumata di purwokerto, liat bagaimana bulu mata dibikin
    Dan dhasyat sangat telaten, banyak produk2 terkenal luar negeri bikin bulu mata nya disnaa

    ReplyDelete
  5. Kl saya bersihin dulu lemnya bersihkan pakai alkohol biar ilang kumannya yg mungkin menempel dan lettakan kembali ke tempatnya. Biasanya saya pakai sampai 1 bulan lebih bulumata palsu yg sama

    ReplyDelete
  6. Aku punya beberapa bulumata palsu tp gk pinter makenya, dan ternyata bisa di pake lagi yah aku kirain pake langsung buang

    ReplyDelete