Upgrade Indonesia bersama OLX Indonesia

Jaman sekarang pastinya semua orang sudah punya gadget yang oke ya. Mulai dari yang layarnya 5 inch sampai dengan yang 12 inch alias laptop. Dulu sih orang bawa laptop atau netbook cuma buat kerja. Tapi sekarang gadget bisa dipakai buat main games, atau juga jualan. Iyes, jualan. Sayapun begitu. Beruntung saya punya gadget yang oke, itupun hadiah, sekali lagi berkat ngeblog :) Sekarang apapun yang saya lakukan pastinya bersama dengan gadget saya tercinta. Bisa saya lakukan on mobile, dimanapun dan kapanpun.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 14 Agustus 2015 bertempat di Rumah Imam Bonjol Menteng, Jakarta, saya menghadiri acara peluncuran kampanye Upgrade Indonesia bersama OLX. Kamu tahu OLX? Dulunya mungkin sempat kita kenal dengan nama Toko Bagus. Yes, thats right. Sekarang telah berganti nama menjadi OLX. 



Cerita sedikit ya soal lokasinya. Saya sih familiar di daerah menteng. Cuma saya baru pertama kali ini ke Rumah Imam Bonjol, jadi sangat terbantu sekali dengan Gmaps tanpa nyasar :) *catet* Dan Rumah Imam Bonjol ini menurut yang saya tahu serig disewakan untuk keperluan wedding. Wah pastinya keren banget interiornya. Sayang waktu itu gak sempat saya foto-foto interiornya. Karena acaranya padat dan singkat banget mulai dari lunch sampai selesai acara.

Acara dibuka dengan sesi makan siang terlebih dahulu. 

Thanks for this great lunch!
Nara sumber yang dihadirkan di acara ini yaitu Daniel Tumiwa seorang CEO OLX Indonesia, Farhan MC sebagai pelaku dan juga testimoni dari upgrade Indonesia.

Ini adalah duo MC yang wajahnya sering kita lihat di layar kaca :)



Sebelum masuk ke acara inti, acara dibuka dengan tarian-tarian dari 33 propinsi di Indonesia.



Duh keren banget openingnya tari-tarian dari berbagai daerah di Indonesia. Sebelumnya selama saya menghadiri acara-acara blogger gak ada yang seperti ini. Rupanya opening tarian daerah seperti ini OLX bertujuan supaya Indonesia mengenal baik tarian khas dari negaranya sendiri, dan juga mencintai budaya Indonesia. Waaaah keren ya. Sampai se-detail itu OLX memikirkan acara tiap sesinya. Jadi gak sekedar sharing aja :) *tw0 thumbs up*

Penggunaan ponsel di Indonesia yang jumlah penduduknya mencapai 308 juta tapi nyatanya menurut survey hanya 88 juta saja yang terkoneksi internet. Berarti masih minim sekali orang yang benar-benar memaksimalkan gadgetnya secara produktif. Dengan memiliki smartphone yang bisa terkoneksi dengan internet, masyarakat jadi lebih produktif, karena dapat mengakses informasi. Pada akhirnya masyarakat dapat menambah pengetahuan, berkomunikasi dengan baik dan membuka peluang-peluang baru. Berikut penjelasan dari CEO OLX Indonesia Daniel Tumiwa. 

Melalui peluncuran kampanye ini, diharapkan seseorang bisa menggunakan smartphonenya dan terkoneksi dengan internet. Seorang yang tadinya hanya menjual pakaian di toko fisik, setelah memperbarui smartphonenya bisa menjual via instagram. Atau seorang pengusaha diluar Jakarta bisa mencari orderan di Jakarta hanya melalui internet. Tukar menukar informasi produk dapat dilakukan secara instan melalui gambar dan video. Artinya, manfaat ekonomi secara langsung dari pembaruan telepon genggam tersebut. 
Seperti contohnya saya. Saya juga adalah seorang seller yang mempunyai toko online. Saya juga sebagai seller di OLX. Hubungan komunikasi dengan para seller dan buyer saya lakukan via online. Thanks to Internet karena memudahkan akses komunikasi saya.

Jaringan Wi-Fi dan 4G sudah tersedia luas dan sangat mudah diakses. Hal ini dibutuhkan Indonesia sekarang tinggal gerakan nasional agar pengguna telepon genggam bisa memperbarui perangkat menjadi smartphone dengan kemampuan lebih cepat dan dapat mengakses internet. Dengan program ini lalu lintas informasi menjadi lebih muda dan cepat. Pada gilirannya, kemudahan dalam berkomunikasi dan perncarian informasi pun memicu pertumbuhan ekonomi. 

How Does it work?

Upgrade Indonesia mengajak setiap masyarakat Indonesia untuk bisa berpartisipasi. Caranya yaitu mengunjungi halaman webnya disini, dan sharing informasi. Gak masalah apakah smartphonenya itu trade in dengan yang baru, bekas hadiah atau membeli baru di toko, ataupun juga membeli secara online. Tapi ini adalah bagaimana setiap warga negara Indonesia bisa dapat bergabung dan membuat penggunaan internet di Indonesia menjadi semakin luas dan membuat bangsa ini bertambah produktif.

Ada 500.000 dari berbagai jenis, model, merek atau harga yang diiklankan OLX di websitenya setiap bulan. Ini merupakan peluang setiap orang untuk mendapatkan perangkat telepon genggam yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

OLX senang bisa dapat terlibat membantu Indonesia menjadi negara dengan lalu lintas internet yang besar dan cepat. Kata Daniel Tumiwa, OLX users sadar cara cerdas untuk mendapatkan harga yang bagus untuk barang bekas dengan fungsi yang sama baiknya dengan yang baru atau mendapat uang dengan menjual barang yang tidak lagi dibutuhkan.

CEO OLX Indonesia, Daniel Tumiwa

Gerakan Upgrade Indonesia ini melibatkan seluruh warga Indonesia. Bersama-sama kita dapat memperbarui negara kita, mendorong ekonomi lokal dan menciptakan peluang-peluang baru bagi masyarakat.

Untuk mendukung gerakan yang merangsang pertumbuhan ekonomi ini, Pemerintah Indonesia menunjukkan dukungan dengan meningkatkan kesadaran nasional akan pentingnya terhubung dengan internet.

Setelah sharing dari Pak Daniel, acara dilanjutkan dengan sharing dari Mas Farhan.


Sudah pada kenal kan siapa dia? Kita dulu sering banget lihat beliau di layar kaca dan juga di radio. Yes, mas Farhan mengawali karirnya di bidang penyiaran sebagai presenter radio. Kemudian beralih menjadi entertainment dan sekarang waktunya sudah disibukkan menjadi business man, alias seorang entrepreneur. Beliau sekarang waktunya lebih banyak untuk mengurusi stasiun radio yang dimilikinya di Bandung. Wah, pantesan aja ya kita jarang banget lihat wajahnya di televisi atau denger suaranya di radio :)

Beliau cerita sebagaimana internet telah mengubah taraf hidup seseorang. Yaitu kisah seorang supir taksi yang bisa memanfaatkan handphone untuk mengubah taraf hidupnya. Upgrade Indonesia itu tidak hanya untuk kelas atas, atau menengah, tapi milik semua kalangan. Si supir taksi ini diceritakan bahwa melalui sebuah handphone bisa menghasilkan penghasilan. Dari yang hanya pekerjaannya supir taksi, akhirnya ia mempunyai sebuah rental mobil lalu coba memasarkannya melalui OLX. Sekarang kehidupannya tlah berubah, tidak lagi bergantung dari pekerjaannya sebagai seorang supir taksi. Malahan mas Farhan sekarang jadi sering sewa rental mobil dengan si mantan supir taksi ini :) Keren ya.

Selain itu, Mas Farhan juga turut serta terhadap OLX, salah satunya ia sedang mencoba menjual gadget lamanya via OLX. Baru 1 hari aja sudah ada langsung penawaran katanya. Luar biasa :)

Selanjutnya, selesai dari sharing Mas Farhan, acara dilanjutkan dengan sharing dari Bapak Ata Judin dari Kemenkop Indonesia. Buat yang belum tahu, kantor Kemenkop ada di Gatot Subroto, yaitu di SME Tower (SMESCO).

Bapak Ata Judin yang berbatik merah

Dua tahun terakhir ini produk-produk UKM yang ada di SMESCO sudah dimasukkan ke dalam marketplace. Jadi jika ada orang yang berada diluar daerah ingin melihat secara online, bisa mengunjungi web OLX dan melihat produk-produk dari para UKM. Karena kemenkop percaya bahwa internet bisa menunjang penghasilan melalui marketplace ini. Penggunaan teknologi menurut Kemenkop adalah Upgrade Indonesia.

OLX tidak mempunyai target berapa banyak customer yang telah bergabung, tapi OLX punya target berapa hati yang telah tersentuh.

Kemarin ada pertanyaan di sesi Q&A, dulu kan OLX terkenal dengan nama Toko Bagus, yang dulu punya pengalaman buruk gara-gara kasus penjualan bayi? Bagaimana sekarang OLX mengantisipasi hal tersebut supaya tidak terulang kembali? Jawabannya, barang yang ingin masuk ke dalam website OLX, saat ini akan diseleksi terlebih dahulu. Jadi gak langsung lolos begitu saja. Masuk kepada tahapan screening dan QC terlebih dahulu. Karena sekarang OLX sudah jauh lebih baik. Dan ke depannya semoga hal itu tidak akan terjadi lagi.

Saat ini campaign Upgrade Indonesia masih di kota-kota besar dulu di Jakarta, harapannya ke depannya bisa menjamah dan bisa meluas ke seluruh daerah-daerah. Upgrade Indonesia adalah bukan sebagai ajang promosi sesaat saja, tapi ini adalah program untuk jangka panjang. Dan OLX mengevaluasi secara tahunan. targetnya supaya bisa menyentuh hati masyarakat.

Model iklan yang ada di OLX adalah iklan baris. Dan OLX menyarankan jika terjadi transaksi di OLX, sebaiknya COD (Cash On Delivery) saja. Supaya ada perasaan aman. Jadi visi dari OLX adalah win (saya) - win (kamu). Baik dari sisi buyer maupun seller. OLX juga mengharapkan ke depannya semua orang mengakses e-commerce melalui smartphonenya. Jadi semakin mudah untuk berbelanja ataupun berbisnis.

Menurut data survey, di OLX justru yang paling ramai adalah kategori Jasa. Saya pikir sebelumnya malahan Fashion atau Gadget lho :)

Selesai dengan sesi Q&A, berarti selesai juga acara dari Upgrade Indonesia bersama OLX ini. Dan alhamdulillah saya menjadi salah satu pemenang dari Live Tweet yang diadakan oleh OLX. Luar biasa. Saya mendapatkan sebuah gadget Asus Zenfone 2 warna merah :) Lumayan banget ini :)

Dokumentasi OLX

Ohya, sebelum pulang, saya menyempatkan diri untuk berfoto bersama Mr. Farhan, lumayan buat kenang-kenangan. Kapan lagi bisa ketemu beliau kan :)


Dokumen Pribadi

Akhir kata saya mengucapkan banyak terima kasih OLX Indonesia atas undangannya, atas jamuan makan siangnya yang super enaaak, materi acara yang keren, narsum juga keren, tempatnya juga kece, mudah dijangkau, dan jam yang sangat bersahabat untuk para emak-emak :)

Ditunggu event selanjutnya ya :)

Salam




2 comments

  1. Wah keren programnya. Selamat ya Mbak Oline untuk gadgetnya! :) Semoga semakin produktif! :)

    ReplyDelete