Mobil Pilihan Keluarga Indonesia, Toyota Grand New Avanza atau Grand New Veloz Ya?

Hari minggu lalu tepatnya tanggal 23 Agustus 2015, saya ke kantor suami yang lokasinya di BSD. Waktu sebelum sampai ke kantor, saya melihat ada spanduk ini nih di perjalanan, GIIAS, Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show 2015 di ICE BSD. Wah, katanya juga denger-denger sih yah, ICE itu hall terbesar saat ini mengalahkan JCC. Waaaw, berarti event ini juga event besar banget dong yah? Duh jadi gak sabar pengen kesana. Saya sampai membujuk suami untuk kesini sepulang kantor. Dan alhamdulillah dia deal :)
Kebetulan saya dan suami memang lagi cari-cari inspirasi mau beli mobil baru. Yah untuk menggantikan si blacky tuh di rumah.

Di BSD sudah disambut gate seperti ini :)
Selesai dari kantor, saya baru berhasil ke ICE pukul 4 sore. Setelah melalui perjalanan yang panjang *hiks*
Begini ceritanya. Ceritanya kami mau langsung menuju ICE BSD. Nah, di sebrang Giant ada tulisan PARKIR ICE BSD. Saya pikir ini untuk orang tertentu saja yang mau parkir disini. Ah kamipun perjalanan menuju ICE. Pas saat sampai lampu merah pertama, saya baru ingat, ohiyaaa... ini kan mega event yah? Jangaan-jangaan parkir disana gak ada?! Jangan-jangan itu parkiran khusus ICE lagi ya? Wah, saya langsung berspekulasi sendiri. Akhirnya kami gak mau ambil resiko. Perjalanan dari Giant menuju ICE BSD lumayan jauh dan macet. Kalau kami sampai di lokasi lalu gak ada parkir bisa berabe. Akhirnya kamipun memutuskan untuk putar balik dan parkir di lokasi yang sudah disediakan. 

Kami parkir di lapangan sunburst
 Parkir di lapangan sunburst ini bayarnya IDR 20000 nett (sampai berapa jampun bayarnya sama). Alhamdulillah dari lapangan sunburst ini disediakan shuttle bus. And its FREE.




Kondisi traffic saat saya menuju ICE lumayan padat.Sekitar 40 menit perjalanan.


Setelah 40 menit perjalanan, akhirnya kami tiba di tekape. Untuk yang mau parkir disini lumayan padat. Jadi itulah sebabnya disediakan lapangan parkir yang lebih luas di lapangan sunburst.




Sebelum masuk, beli tiket dulu ya di loket yang telah disediakan. 



Saya memasuki hall 10. Saat memasuki hall saya langsung bertemu dengan booth TOYOTA disini di sebelah kanan.


Dari sekian banyak mobil varian TOYOTA, saya tertarik melihat lebih jauh untuk varian yang 2 ini. Grand New Avanza dan Grand New Veloz.


Kebetulan juga crowd disini cukup ramai. Jadinya saya tertarik untuk mengenal lebih dekat :)


Akhirnya saya didatangi sama SPG yang cukup capable menjelaskan komparasi dari 2 mobil tersebut. Sales ini cukup menjelaskan saya komparasi kedua mobil tersebut sampai detail. 


MY EXPERIENCE



Exterior

Grilled Design 
Grilled Design New Avanza ini berbeda dan tampil dengan chrome garnish


Head lamp
Untuk head lamp dirancang dengan desain baru yang elegan untuk penerangan yang optimal. Terbukti dengan tampilan lampu yang kristal.


Velg
Tampil dengan ring 14. Dalam pembelian grand new Avanza ini sudah mendapat 4 buah velg racing plus 1 buah ban cadangan velg standard.


Interior

Kabin yang Luas
Kabin Grand New Avanza ini cukup luas. Dengan kursi yang bisa di adjust sesuai dengan kebutuhan. Pas banget buat yang sering bazaar-bazaar kayak saya ini, kursinya bisa diangkat dan dilipat :)


Head Rest
Bagian kepala kursi bisa dinaik-turunkan sesuai dengan kebutuhan. Jadi bisa untuk dibawa keluar kota dan untuk perjalanan jauh ya.


Air Conditioner
Di bagian tengah bangku penumpang terdapat 3 buah blower air conditioner. Jadi buat yang duduk di tengah udah gak diskriminan lagi ya. Jadi masing-masing kena AC :D


New Steering
Untuk stirnya dilengkapi dengan desain baru yang elegan.


Mesinnya yang oke banget, karena sudah dual VVT-I. Grand New Avanza ini tampil dengan 2 tipe, yaitu Tipe G dan Tipe E. Dan kapasitas full tangki bensin adalah 45 liter.


Grand New Avanza ini sudah ada Eco Lamp Indicator lho. Untuk semua tipe. Jadi pastinya konsumsi bahan bakarnya pasti lebih irit. Karena sudah ada indikator Eco Lamp ini.


Audio System
Sudah dilengkapi Touchscreen DV 6.1", CD, AM/FM, USB, AUX, Bluetooth dan Ipod ready. Ini khusus untuk tipe 1.5 G.



Bagasi
Bagasinya cukup luas nih untuk membawa barang-barang belanjaan. Kalau mau lebih luas lagi kursinya bisa diangkat.




Safety Belt (kursi tengah)
Di bagian tengah juga ada safety belt. Jadi total safety belt ada 7 buah.


Keunggulan lain dari Grand New Avanza dibandingkan dengan Avanza yang terdahulu yaitu :

·         Anti banjir, karena engine hoodnya terletak di atas. Jadi air sampai atas grill juga gak masalah.
·         Safety belt untuk 7 orang (ada di kursi tengah juga)
·         Immobilizer
·         Side impact beam
·         Cabin lebih kedap
·         Mesin baru (dual vvt-i)
·         Kursi belakang bisa di lipat 2 kali (one touch tumble)
·         Comfortable suspension

Price IDR 191.800.000 (1.3 E A/T).








Bagasi

Untuk bagasi Grand New Veloz, sedikit berbeda dengan Grand New Avanza.Di Grand New Veloz ini terdapat jaring-jaring yang gunanya untuk menahan barang-barang supaya tidak jatuh. Misalnya aja kita membawa barang-barang seperti bola dan sebagainya.


Awalnya saya bingung mau cari tuas untuk membuka bagasi dari dalam, ternyata ada di bawah sini toh, keren deh tuasnya ngumpet :)


Untuk middle cabin cukup luas, kaki saya jadi tidak menyentuh ke kursi depan.


Price IDR 202.200.000 (1.3 Veloz M/T) 

MY TESTIMONI

Setelah experience dan melihat spesifikasi dari kedua varian dari Toyota ini, ada 2 hal yang menjadi pertimbangan, you need stylish or fungsional? Kalau dilihat secara fisik, jelaslah saya memilih New Veloz. Tapi jika tidak membutuhkan style or good design, dan hanya perjalanan dari rumah ke tempat aktivitas saja setiap hari, saya disarankan untuk membeli Grand New Avanza saja. Karena harganya juga beda jauh dan lebih hemat. 

Jadi sekarang tergantung dari sisi saya membeli karena kebutuhan, atau keinginan? Hmm... saya sih mungkin akan memilih Grand New Veloz aja, karena stylish itu seperti 'gue banget'. Iya, kalo cewe itu kan harus stylish :)

Setelah saya puas berfoto-foto dan melihat-lihat disana, gak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore nih. Its time to go home. Eh iya, tadi kan waktu brangkat kan saya naik shuttle bus, kira-kira pulangnya bakalan ada gak yah? Saya udah worried aja :)) Ternyata, saat saya hendak pulang, di pintu keluar dekat gate pintu keluar parkir, ada pangkalan GoJek disini.


Dan ternyata saat saya tanya berapa tarifnya, ini FREE lho gais! Iya FREE! Free sampai ke AEON BSD. Eh gak lama lagi shuttle bus tujuan saya sudah datang. Lumayan antri nih masuk ke busnya, soalnya saya pulang berpapasan dengan orang yang hendak pulang juga dari GIIAS.

Ohya, GIIAS ini juga menyediakan shuttle dari berbagai titik lho. Mall fX, Grand Metropolitan Bekasi dan juga Lapangan Sunburst. Dan sekali lagi itu FREE. Asyik yah.

Ohya, saya mau kasih tips nih buat kamu yang pengen ke GIIAS ICE BSD juga. Here we go :

1. Come Before Lunch
Disarankan untuk  datang ke ICE BSD tidak melebihi jam 12 siang, karena baik traffic jalanan maupun jumlah visitor ke ICE semakin banyak, jadi membuat diri tidak nyaman. Jadi sebaiknya datang sampai di ICE pukul 11 siang saja.

2. Bring Food or Drink fro Outside
Bisa membawa makanan dari luar. Karena makanan di ICE lumayan mahal juga harganya.

3. Bring Your Own Water
Jangan lupa membawa air minum. Karena penjual air minum jauh lokasinya. Yah tau sendiri kan kalau pameran itu dari hall menuju area makanan dan minuman pasti jauh :)

4. No Heels please!
Karena areanya outdoor dan offroad semua, BIG NO NO deh pakai heels. Karena selain repot pastinya akan bikin kaki pegel juga karena dari hall 1 ke hall 10 itu bermeter-meter luasnya. Tapi kalau memang gak masalah dengan kondisi seperti ya gak papa. Pilihan di tangan kamu :)

5. Wear Your Good Tshirt
Kalau ke pameran kece kayak gini, diusahakan pakai baju yang kece juga. Disini banyak banget spot-spot bagus untuk foto-foto. Ini sih tips saya aja. 

Akhir kata, selamat berwisata ke GIIAS, and enjoy the exhibition! :)




33 comments

  1. Tips nya sangat bermanfaat buat datang ke acara ini Oline. Jangan sampai ada yang salah kostum ya wkwkwkk
    Oh ya, Fitur2 mobilnya keren ya, punya kesan mewah :D

    ReplyDelete
  2. aku pikir dari lapangan parkir ke Hallnya ga ada bis, lumayan jalan jauh ya

    ReplyDelete
  3. saya pilih Veloz. Selain lebih keren, merah warna kesukaan saya :D

    ReplyDelete
  4. Udah cocok, Lin. Ayo beli Veloz. :D

    ReplyDelete
  5. aku #TeamGrandNewVeloz . hahahahaha

    ReplyDelete
  6. Lengkap banget Mbak Oline. Keren reviewnya. Tipsnya juga oke punya. Pas dateng hari pertama saya ga bawa bekel apapun. Kehausan banget. Hahaha.

    ReplyDelete
  7. aaah pengen punya mobil *lah*
    btw ICE serame itu yaa. gak venuenya gak jalanan jelang kesananya x))

    ReplyDelete
  8. Kalau aku udah jelas pilih All New Toyota Veloz. Kesan sporty and gahar, grill depannya aja udah kesannya kaya Toyota Fortuner, keren ^^

    ReplyDelete
  9. Selalu suka sama ulasannya mbak. Lengkap san jelas banget, sukaaaaaa. Makasih untuk ulasannya, buat referensi aku nih kalau mau beli mobil. Kayaknya mau avanza..






    Kalau ada uang..

    ReplyDelete
  10. Wuih cakep bangett Veloznya :D

    ReplyDelete
  11. ebuset, fotonya aja udah mewakili, apalagi ditambah tulisan :)
    lengkap banget mbak, keren

    ReplyDelete
  12. kalau kita sudah punya Veloz selama 2 tahun, apakah worth it buat upgrade ke Veloz terbaru ini?

    ReplyDelete
  13. widiw...lengkap bingit mbak....asiknya di foto fotoin sam suami ya saat mbak Oline lagi jajal mobil Veloz dan ngobrol sama SPG, hehehe

    ReplyDelete
  14. Jadi, sesuaikan dg kebtuhan saja ya, Mbak. ;)

    ReplyDelete
  15. Memang pas banget nih, mobil untuk keluarga. Veloz merahnya kece banget. Tinggal intip tabungan, deh. Hehehe

    ReplyDelete
  16. Aku malah naksir yaris baru nih mak ...

    ReplyDelete
  17. Bagi yang sudah berkeluarga, avanza mmg sangat pas, lega dan nyaman...

    ReplyDelete
  18. Bagi yang sudah berkeluarga, avanza mmg sangat pas, lega dan nyaman...

    ReplyDelete
  19. Bagi yang sudah berkeluarga, avanza mmg sangat pas, lega dan nyaman...

    ReplyDelete
  20. kalau saya sih lebih suka velos jika dilihat dari segi desainnya.

    ReplyDelete
  21. Veloz meraah mbaa...sukaa.. :D

    ReplyDelete
  22. saya pilih veloz, karena velos itu kan merah, saya suka warna merah :)

    ReplyDelete
  23. mobil ini keren yaaa.. Head Rest, bisa dinaik turunkan..
    Mau 1 yang veloz ahhhh

    ReplyDelete
  24. Mbak Oline, aku mau beli Veloz aja deh kalo album aku sukses di pasaran *Raisa mode on* hahha

    ReplyDelete
  25. Cocok banget tuh, Lin... dari berbagai sudut sudah matching dengan Veloz. Urusan keliling sebagai blogger bakal makin lancar jaya

    ReplyDelete
  26. Mba Oline fotonya keren2.. banyak pulak, aq kemaren mau nyoba foto di dalam spy Dashboard & Setir kelihatan aja susaaahh, antrii.. selalu ada orang dalam mobilnya xixi.. :D banyak yg minat sm Avanza dan Veloz

    ReplyDelete
  27. mau pilih salah satu ah kalo uangnya udah pas

    ReplyDelete
  28. ulasannya lengkaap banget mbak :D fotonya juga cakep cakeep..
    dua mobl ini pas yah kalau dijadiin mobil keluarga? :D

    ReplyDelete
  29. Waaahhh sayang waktu itu gabisa dateng :(
    Kalo sekarang, udah ketinggalan banget yahh :3 Si veloz oke juga tuh, coba aja ada faktor pembeda lain selain desain, pasti jadi lebih gampang buat nentuin pilihan

    ReplyDelete