Hunting Sekolah di Bekasi, Menjelajahi Summarecon Bekasi Sampai Binus University

Summarecon Bekasi. Sekolah di Bekasi. Binus University di Bekasi.
Minggu lalu saudara dari pihak suami (Om Sularso) yang tinggal di Semarang datang ke rumah mertua. Katanya sih sebentar lagi akan pindahan ke Bekasi. Sudah DP in rumah juga. Jadi rencananya setelah rumah yang di Semarang laku terjual, baru pindah ke Bekasi. Jadi ya butuh referensi dari saya dan juga mertua. Tentang lokasi dan pandangan kehidupan seputar kota Bekasi. Pindah karena ingin dekat dengan keluarga yang ada di Bekasi.

Ohya, Om Sularso ini punya anak 2 orang, yang paling kecil kelas 1 SMP, namanya Agus. Kakaknya (Anto) kelas 3 SMA. Kalo pindah rumah emang paling ribet urusan sekolah ya. Kudu pindah juga. Ngurus perpindahan domisililah, dan sebagainya
Karena mertua saya itu jarang jalan-jalan keluar rumah, jadinya Om Sularso banyak bertanya ke saya dan suami. Ahhh.... jadi inget lagi saya pernah keliling-keliling Bekasi waktu itu. Disuruh baca artikel aku itu. Ahhh tapi dasar mereka jadoel ya, akhirnya tetep ajaah mereka minta kita berkeliling untuk hunting sekolah yang oke di Bekasi. Yaudah sekalian aja deh jalan-jalan kesana. Suami akhirnya terpaksa ambil cuti deh. Iya, karena kan mau survey sekolah sekalian, jadinya harus saat weekdays. Dan kamipun beriring-iringan menuju Summarecon Mal Bekasi.

Rumah menuju mal ini dibilang jauh juga gak, dekat juga gak, jadi yah so-so aja. Rumah menuju mal ini sekitar 30 menit perjalanan normal. Karena saat itu kondisinya saat office hour, bukan weekend, jadi kami hanya membutuhkan waktu 20 menit saja ke mal ini.

Selama perjalanan menuju mal ini, kami melewati beberapa titik lokasi yang ada di mal ini. Mulai dari jembatan KH Noer Ali, landmark, perumahan, mal, apartemen, showroom mobil, ruko, pasar modern, tempat kuliner la-terazza hingga sekolah. Om Sularso ini agak terkejub dengan semua fasilitas disini, 1 kata yang diucapkannya LENGKAP! Saya juga cerita bahwa dulu saya sempat ingin membeli rumah di daerah Summarecon ini, tapi jauh dulu sebelum ada jembatan Noer Ali ini. Saat itu kami gak jadi membeli rumah disana karena semuanya yang ditawarkan ke kami 2 lantai dan uang kami juga belum mencukupi. Tapi sejak ada jembatan Noer Ali, semua keadaan berubah. Harga rumah-rumah disana semakin menggila.Waaa.. tau gitu kami langsung DP-in aja ya :D

Kalau tinggal di perumahan Summarecon ini sepertinya semua sudah tersedia. Termasuk pasar modern yang lokasinya ada di dalam ruko. Pasar yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sayuran dan lain-lain, bedanya disini kita gak perlu becek-becekan seperti pasar tradisional. Tapi harganya harga pasar tradisional. Sebentar lagi akan dibangun tempat kuliner ngehits disini, namanya Bandar Jakarta. Jadi warga Bekasi gak perlu lagi jauh-jauh ke Ancol untuk menikmati Bandar Jakarta.

Sampailah kita ke sekolah pertama, yaitu sekolah Al-Azhar Summarecon Bekasi.

Credit by Al-Azhar Bekasi
Saat memasuki sekolah ini kita langsung bertemu dengan pihak sekolah disana. Karena yang paling utama adalah ingin mencari SMP di Bekasi, sekolah yang pertama kami datangi adalah SMP Islam Al-Azhar 31 Summarecon Mal Bekasi. Lokasinya dekat banget dengan mal, jadi gampang banget aksesnya. SMPIA ini memiliki 5 lantai lengkap dengan fasilitas penunjang pendidikan.


Lokasi SMPIA ini persis disamping SDIA nya. Jadi ini di 1 lokasi.


SMPIA ini berdiri pada tahun 2013, tapi SMPIA 31 ini sudah mempunyai fasilitas pendidikan seperti Ruang Kelas Ber-AC dan LCD Projector, Laboratorium Komputer, Laboratorium Kimia & Biologi, Ruang Musik, Ruang Audio Visual, Laboratorium Bahasa, Ruang Perpustakaan, Aula dan Klinik Sekolah (UKS) dengan dukungan dari Rumah Sakit Mitra Keluarga, serta memiliki berbagai pilihan kegiatan Ekstrakurikuler seperti Seni Musik, Paduan Suara, Seni Tari, Seni Bela Diri, KIR, Fotografi, Futsal, Basket, Bulutangkis dan berbagai pilihan lainnya.

Ruang Kelas Ber-AC dan LCD Projector
Ruang UKS
Ruang Perpustakaan
Ohya, baru-baru ini telah dilakukan peresmian Gedung Sekolah Islam Al-Azhar Summarecon Bekasi Tahap 2 lho. Peresmian ini juga dihadiri oleh bapak Walikota Bekasi, Bp. Rahmat Effendi.


Melihat segala fasilitas yang dimiliki oleh Sekolah Al-Azhar Islam Summarecon Bekasi ini bisa jadi alternatif pilihan sekolah.

Di samping SMPIA juga terdapat SMAIA. Persis di sebelah SMPIA-nya.


Perjalanan kami lanjutkan. Sekolah kedua yang kami datangi adalah Sekolah BPK Penabur.



Lokasi dari SMAK Penabur ini adalah di Jln. Bulevard Utara Raya Blok L/001 Bekasi, Tlpn (021) 28519430/ 37. Waktu kami kesana belum ada tulisan BPK Penaburnya. Baru ada tulisan dan petunjuk seperti ini.


Gedungnya bagus deh, coba liat ini. Seperti kampus :) Awalnya saya mengira gedung ini adalah Kampus, karena gak ada namanya, tapi saat lihat kembali namanya di pintu pagar ternyata ini adalah Gedung BPK Penabur.



Yang menarik dari sekolah BPK Penabur ini adalah metode pembelajarannya sudah dilakukan E-learning, yaitu belajar berbasis online. Wah jaman-jaman saya dulu belum ada nih. Yaiyalaah, kan sekarang jaman serba maju, sudah online semuanya. 

Ohya saya hampir lupa. Saat kami keluar dari Sekolah Al-Azhar, di sebrangnya ada tanah lapang yang sedang dalam tahap pembangunan. You know what it is?


Yes, di lokasi ini akan dibangun sebuah kampus Bina Nusantara University (Binus). Summarecon Bekasi juga bekerjasama dengan BINUS University dan akan membangun kampus baru diatas lahan seluas 36.400 m2.
Suami akhirnya menceritakan ke Om Sularso tentang pengalamannya kuliah di Binus. Yes, dulu saya juga hampir aja kuliah di Binus loh, jurusan IT. Hmm.. ya tapi Tuhan berkehendak lain, nilai test saya gak mencukupi untuk masuk ke Binus waktu itu, tapi alhamdulillah saya ketrima di Perguruan Tinggi Negri. Kalau aja saya jadi kuliah di Binus, dan jurusan yang sama, wah bisa jadi 1 kampus deh yah sama suami :D


Suami saya cerita bahwa ia dulu kuliah di Binus lulusan Tehnik Informatika, dan sekarang ia bekerja sebagai IT Consultant di Perusahaan Multinasional ternama. Ya, suami saya termasuk anak yang rajin and pinter *uhuk* bukan untuk bangga-banggain, tapi emang bener, IP nya hampir cumlaude :) Saya aja hampir amaze. Dan melamar pekerjaan juga gak susah. Apalagi pas lihat lulusan Binus dan memang ngelamar pekerjaan di bidang IT. Jadi cuco' lah ya. 

Saya pernah masuk ke kampus Binus yang di Jalan Anggrek Jakarta itu waktu saya mau test masuk kuliah disana. Saat masuk ke lobby dan kantinnya seperti mal. Bersih, wangi dan bener-bener oke deh. Saya jatuh cinta sama desain interiornya. Lalu saya ceritakan juga lah ke Om Sularso ini. Tapi entahlah ya, sekarang kampus Binus seperti apa, karena sudah hampir 20 tahun saya gak kesana, pastinya banyak perubahan dan makin OKE. Nah, pastinya kampus Binus yang di Summarecon Bekasi ini akan gak jauh beda nantinya.

Wahh, gak terasa, ternyata baru 2 lokasi aja yang kami datangi kami terasa lelah ya. Hmm.. berhubung saat itu jam 12.30, survey kami hentikan sejenak dan kami memutuskan untuk sholat terlebih dahulu, di Mesjid Al-Azhar. Lokasinya tidak jauh dari sekolah BPK Penabur ini.


Ohya, kamu tau gak, mesjid ini diresmikan tanggal 23 November 2013. Mesjid ini menjadi kebanggaan dan ikon baru bagi kota Bekasi. Karena mesjid ini berdiri diatas lahan seluas 3 ribu meter persegi. Di dalamnya terdapat lantai mezanine, basement, aula sebesar 260 meter persegi, dan daya tampung mesjid ini mencapai 1300 jamaah lho. Itulah yang menjadikan mesjid ini nampak istimewa. Gak heran mesjid ini mendapat julukan Oase di Tengah Kota :D

Selesai sholat, perjalanan kami ingin lanjutkan kembali. Tapi... tiba-tiba wheew, perut kami keroncongan! Ahh iya, ini sudah waktunya makan siang. Akhirnya kami sepakat menunda perjalanan kami, kami mampir dulu ke mal, untuk ngadem sekalian makan siang dan survey kesini :)

Sudah saya utarakan juga, bahwa saya keliling-keliling Summarecon Bekasi waktu pertama kali buka. Om Sularso langsung tertawa mendengar penjelasan saya. Katanya saya anak mal banget aahahaa... Ya abis gimana lagi, mal yang paling lengkap, mal yang paling 'gue banget' ya cuma mal ini aja. Coba sebutin deh mal lain yang ada Dowtownwalknya, ada sky dinningnya, ada kolam ikan, bahkan ada ruang menyusui yang nyaman. Cuma di mal ini aja kayaknya ya.

Saya ceritakan juga tentang mal ini juga satu-satunya di Bekasi yang punya bioskop IMAX. Saya dan suami termasuk orang yang paling rajin nonton disitu. Katanya kelihatan :D ahaha... Setelah saya ceritakan tentang mall ini, eh malah om Sularso berniat ingin beli rumah disini :D

Saya ceritakan bahwa di dekat mall ini ada sebuah apartemen yang menghubungkan antara mal dengan apartemen. Namanya Apartemen Spring Lake. Jadi buat yang tinggal di Apartemen ini bisa langsung cuss ke mal.


Di dekat mal juga ada sebuah tempat makan namanya Bandar Djakarta Bekasi. Dan grand opening pada tanggal 18 September 2015. Om Sularso terheran-heran, katanya keren banget 1 lingkungan seperti ini terdapat banyak fasilitas yang bisa dinikmati. Karena di Semarang gak ada yang seperti ini :)




Selesai makan siang, akhinya Om Sularso segera pamit untuk pulang, karena ada urusan yang harus diselesaikan. Dan Om Sularso mengucapkan banyak terima kasih kepada saya dan suami, sudah rela bersusah payah mengantarkan beliau berkeliling Summarecon Bekasi, katanya. Sekarang akhirnya ia punya gambaran sekolah mana yang paling bagus. Urusan sekolah memang gak bisa main-main ya. Karena kan ini untuk masa depan anak-anak kita. 

Ahh saya dan suami mah gak merasa keberatan, malahan senang bisa membantu :)


2 comments

  1. Hidup Bekasiiiii.. Hehehe.. Lengkap yah, smua ada :)

    ReplyDelete
  2. Amaze liat sekolahnya yang lengkap, tinggal nunggu Binus University-nya aja ^^

    ReplyDelete