Tips Ibu Bijak : Cantik dan Awet Muda Berkat Minyak Almond

Kamu suka almond? Saya juga. Biasanya kita temukan dan konsumsi almond pada coklat atau jadi topping kue kering yah. Almond berkualitas baik yang dulunya berasal dari Timur Tengah sekarang banyak diproduksi di California., Amerika Serikat dan Spanyol. Bahkan menjadi salah satu bahan ekspor terbaik di Amerika. Saya biasa mengkonsumsi almond pada coklat dan saya suka banget dengan almond :) Eh tapi saya gak tau ternyata bukan hanya enak dikonsumsi, tapi juga punya segudang manfaat lho.

Minyak Almond (Source : google)

Kamu tau ada 2 jenis almond di dunia?

1. Almond Pahit. yaitu yang mengandung racun hydrogen cyanide
2. Almond manis yang mengandung banyak nutrisi dan kebaikan. 

Jenis inilah yang banyak dipakai sebagai bahan makanan dan menjadi salah satu komposisi penting dalam banyak produk kecantikan. Gak hanya kecantikan, manfaat almond juga bisa meningkatkan kesehatan, daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, mempercepat penyembuhan luka, dan menenangkan otot yang kamu dengan pemijatan.

Untuk Kecantikan

Beberapa produk kecantikan sekarang sudah menggunakan almond sebagai salah satu kandungan vitaminnya. Selain sebagai nutrisi seperti vitamin A, B dan E minyak almond mengandung asam lemak yang memiliki kemampuan mengembalikan kelembapan alami.

Mengusir Mata Panda

Mungkin sebagian kita tahu untuk mengusir mata panda adalah dengan mengompres mata kita dengan kantung teh yang sudah terpakai dan didiamkan di dalam lemari es. Tapi dengan almond juga bisa lho. Caranya, oleskan aja minyak almond di sekitar mata sebelum tidur secara teratur. Sertakan juga pijatan ringan menggunakan jari manid dan biarkan selama kamu tidur.

Bye-Bye Sel Mati

Salah satu permasalahan kulit yang sering dihadapi adalah menebalnya sel kulit mati akibat polusi, keringat dan debu sehingga kulit terlihat kusam. Kita bisa mengatasinya dengan perawatan scrub dengan menggunakan minyak almond. Caranya, cukup campur minyak almond dengan sesendok susu, berikan sedikit perasan jeruk lemon dan gula. Balurkan ke seluruh permukaan kulit. Beri juga pijatan secara halus denan gerakan melingkar agar kotoran dan sel kulit mati terangkat sempurna. Diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air hangat.

Bikin Awet Muda

Siapa bilang orang gak mau dibilang awet muda? Siapapun pasti mau dong? Nah, bisa coba melakukan langkah yang satu ini. Oleskan langsung minyak almond pada wajah yang sudah dibersihkan. Gunanya untuk sedikit mengurangi kerutan dan garis penuaan yang biasanya muncul di sekitar mulut dan mata.
Selain itu minyak almond juga berfungsi sebagai pembersih riasan wajah, sekaligus dapat mengencangkan kulit yang kendur. Caranya, cukup oleskan minyak almond pada wajah terutama pada bibir dan mata, kemudian angkat sisa minyak dan kotoran dengan menggunakan kapas.

Vitamin A, B dan E yang ada di dalam minyak almond bisa membuat kulit awet muda juga melembabkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Wah, ini solusi banget ya. Biasanya pembersih wajah merek bebas tidak berfungsi sebagai mengecangkan kulit tapi hanya membersihkan saja. 

Kulit Bibir Menjadi Lembab

Permukaan bibir yang kering hingga pecah-pecah sering kali terjadi karena pemakaian lipstik yang tidak tepat dan dehidrasi. Kamu sering ngalamin hal ini? Yes, berarti kamu mengoleskan minyak almond setiap pagi, sebelum kamu memakan lipstik. Jadi bisa sebagai pelembab alami. Selain bisa mengatasi bibir pecah-pecah, minyak almond juga dapat mencerahkan warna permukaan kulit bibir.

Rambut Indah Alami

Kamu punya masalah dengan rambut khususnya berketombe dan kulit kepala kering? Bisa menggunakan minyak almond. Caranya, oleskan sedikit minyak almond pada helaian rambut dan kulit kepala dalam keadaan basah dan pijat secara lembut. Bisa digunakan setelah keramas. Setelah dioleskan, biarkan selama 15 menit, lalu bisa bershampokembali seperti biasa dan bilas dengan air. Prosesnya gak langsung (gak instan). Butuh 3x perawatan baru ketombe berangsur-angsur akan hilang. 

Nah, tadi untuk yang kulit kepala bermasalah. Sekarang supaya rambut indah berkilau nih. Bisa juga menggunakan minyak almond, sebagai masker alami yang praktis. Caranya, setelah keramas (rambut dalam keadaan basah), oleskan minyak almond ke kulit kepala, kemudian tutup dengan shower cap selama beberapa menit. Nah, saat rambut ditutup, kita bisa mandi seperti biasa. Setelah badan dibilas, rambut bisa dibilas kembali dengan air dingin sampai bersih. Lakukan dengan rutin selama seminggu sekali untik menstimulasi tekstur rambut.

Penyembuh Luka

Minyak almond juga ternyata bisa untuk mengobati luka. Maupun bekas luka pada kulit hingga kulit kembali mulus.

Yang saya sebutkan diatas adalah cara-cara alami yang bisa dilakukan, asal syaratnya punya waktu dan keinginan. Iya, terkadang 1-2 minggu konsisten tap setelah itu agak susah untuk disiplin :)

Kalau kamu mau mendapatkan khasiat minyak almond tapi gak mau pakai ribet, alias mau pakai langsung, bisa membeli beberapa produk kecantikan yang mengandung minyak almond. Itu efektif untuk membuat kulit kita jadi tambah lembab dan sehat. 

Sudah jelas kan sekarang, almond bukan hanya enak dimakan, tapi juga sehat dan bermanfaat untuk kesehatan kulit. Apalagi sebagai wanita dan ibu bijak, kudu memanfaatkan yang serba alami, namanya juga ibu bijak kan :)

Ohya, kalau sudah ada yang cobain langkah-langkah yang saya sebutkan diatas ini, dan sudah merasakan hasilnya, bisa share ke saya ya :) 

Salam.




11 comments

  1. Aku doyan banget makan almond :) untuk perawatan aku beli biasanya ga bikin sendiri

    ReplyDelete
  2. wah, ternyata banyak sekali manfaatnya manteeeeeeeeeeep ^^

    ReplyDelete
  3. Tapi kalau almodnya ada di kue cokelat yang lezat gimana Mba jadinya malah makan almond sama kuenya deh :D

    ReplyDelete
  4. ternyata banyak sekali manfaatnya ya

    ReplyDelete
  5. Wah, kudu nyari minyak almond nih untuk mata pandaku. :)
    Thanks Mak Oline...

    ReplyDelete
  6. Aku suka banget almond apalagi kalo almondnya ngumpet dalam coklat. Bela-belain makan coklatnya dulu, almondnya belakangan ^_^

    ReplyDelete
  7. Aku lebih suka makannya T___T *dasar tukang makan.
    Tapi boleh dicoba deh nanti tipsnya hehehe..

    ReplyDelete
  8. saya tahu almond kalo pas ke bioskop, beli cemilan :)
    atau ke supermarket, pas nyari mag*um yang rasa almond gitu
    he he he

    ReplyDelete
  9. Aku suka banget makan almond mbak, makasih tipsnya yaa, patut dicoba nih terutama buat bibir jadi lembab alami.

    ReplyDelete
  10. Almondnya udah aku bikin kue putri salju hehee

    ReplyDelete