Smartphone is Like My Personal Guide

Keberadaan aplikasi pada smartphone dan tablet seakan jadi penyelamat dari kejenuhan. Mulai dari memesan tiket perjalanan murah dan cepat, reminder notes deadline, memesan sarana transportasi aman dan nyaman, menyalurkan hobi, sampai menjadi 'senjata ampuh' untuk membunuh kejenuhan macet di Jakarta.

Keseharian saya gak bisa lepas dengan Android dan iOs. Yes, saya pengguna keduanya. Mau tau gak aplikasi apa aja yang ada di smartphone saya? Yuks cekidot :)



1. Google Maps

Maps ini penting banget buat saya. Sebagai wanita yang cukup aktif *ciyeee*, yang sering bepergian sendirian kemana-mana, maps udah jadi my personal navigator. Dia yang selalu mengarahkan arah tujuan saya kemana. Alhamdulillah dengan berbekal apps in, saya tidak pernah lagi yang namanya nyasar-nyasar. Dulu sih waktu belum punya android, saya cuma berbekal nanya-nanya ke orang di tengah jalan.Tapi nanya orang di tengah jalan juga gak efektif. Terkadang saya pernah nanya orang eh malah disasarin :( *derita gue*.Saya install google maps di Android.

2. Waze

Nah, selain gmaps, apps Waze ini penting juga buat saya. Selain untuk mengetahui traffic on the road, di waze ini juga ada navigator route. Di waze juga ada voice note nya juga, jadi kita gak perlu sering-sering ngecek smartphone kita untuk ngecek route kita betul apa gak. Karena ada voice navigatornya. Dimatikan dulu aja musik di dalam mobil. Nyalakan voice route-nya. Biar gak nyasar :D
Saya install waze di iOs, lebih enak liat dan tampilannya :) Kalau siang dia terang. Kalau malam, aplikasi ini juga gelap. Its real time :)

3. Photo Editor

Aplikasi ini juga ada di Android saya. Photo Editor juga penting buat resize foto. Kualitas foto yang dihasilkan oleh smartphone saya adalah minimal 2000pixel. Dan itu sangat-sangat memakan memory space dan juga quota internet. Jadi sebelum saya share ke social media, selalu saya resize terlebih dahulu untuk memangkas ruang dan quota :)

4. Phonto

Gara-gara postingannya mak Annisa (Blogger KEB) di blognya tentang apps ini, katanya apps ini buat orang-orang design. Fontnya bisa diubah-ubah. Eh ternyata pas setelah saya install, saya jadi susah move on dari apps ini. Sekali saya bermain-main dengan apps ini, bisa lamaaaa banget. Karena disitu ada banyak berbagai macam font, colour font, bisa dijungkir balikin juga fontnya. Ahh pokoknya keren banget lah ini appsnya :)

5. Whats App

Pastinya dong, install apps ini. Hari gini siapa sih yang belum install apps ini di smartphonenya? :) Saya install apps ini di iOs dan Android. Yes, karena saya punya 2 nomor WA dengan kepentingan masing-masing :)

6. Camera 360

Dibilang susah move on dari Camera 360 juga gak. Soalnya saya gunakan apps ini bukan cuma buat filter or editing foto selfie. Tapi juga edit cahaya juga. Saya perlukan ini untuk foto-foto saat di momen bersama teman-teman foodblogger. Karena tempat-tempat yang saya datangi kebanyakan low-light. Alias kurang cahaya. Jadi saya perlu editing langsung. Di samping itu juga buat edit foto selfie dong :) Sayainstall Camera 360 ini di iOs.

7. Agoda

Kudu banget install apps ini. Karena saya tipe orang yang suka hunting hotel murah :) dan Agoda-lah yang menawarkan harga paling murah dari semua vendor yang ada. Dan saya adalah pengguna setia.

8. GoJek

Apps ini masih bertandang di Android saya, karena waktu itu pernah saya pakai untuk naik GoJek. Ini juga terpaksa saya install. Karena kalau tarif normal ojeknya 25ribu rupiah. Sedangkan order pakai GoJek cuma 10ribu. Bedanya jauh kaaann? Makanya belum saya uninstall apps ini. Saya sih termasuk orang yang jarang naik kendaraan umum. Tapi yah kali-kali aja someday mau saya gunakan :)

9. BBM

Apps ini penting gak penting. Beberapa customer saya masih menginginkan komunikasi via BBM. Tapi saya gak open soal apps ini. Saya hanya melayani via WA. So, BBM ini amat sangat jarang saya gunakan. Jadi BBM ini hanya second opinion saja jika WA nya eror.

10. Social Media (Facebook, Twitter, Instagram)

Hampir semua social media ada di smartphone saya. Facebook, twitter keduanya saya install di Android dan iOs. Masing-masing punya kegunaan yang berbeda. Ada akun twitter jualan, dan juga personal. Selain itu juga instagram. Ini penting banget ada di semua smartphone saya :)

11. Pinterest

Buat yang suka akan desain, wajib install yang satu ini. Gak cuma desain, tapi kadang suka ada tutorial hijab, tutorial make up, tentang penulisan blogger, tips and trik, sampai ke panduan kuliner. Semua ada di pinterest. Aku install di iOs.

Sebenarnya sih kalau mau dijabarin masih agak panjang :) Hampir semua aktivitas saya sangat tergantung dengan smartphone saya. Ngeblog ya di gadget. Dengerin lagu di radio, ya di gadget. Nyatet pengeluaran harian, ya di gadget. Nulis surat di word, ya di gadget. Semua saya lakukan di gadget. Bahkan saya pernah ngeblog dan bikin surat perjanjian sambil nenenin. Ya namanya ibu-ibu yang smart kan kudu multitasking kan? :) 

Oke segitu dulu sharing beberapa aplikasi yang ada di smartphone saya. Bagaimana dengan kamu? :)

22 comments

  1. Buatku smartphone itu emang investasi Mbak. Aku nggak bisa punya hape untuk sekadar 'punya', tapi harus yang bener2 melengkapi kebutuhanku. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener ya. Kalo punya hape yang oke males utk gonta ganti ya. Udah kayak personal guide kita.

      Delete
  2. Phonto buat apa ya, Bu? Jadi penasaran. Mau lihat-lihat, ah. Kalau Waze, udah pernah instal tapi uninstall lagi karena nggak sabaran belajar pakenya. Hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Phonto itu buat edit2 bikin quotes2 lucu. Bisa buat bikin watermark juga. Coba install dulu deh. Gak gede kok sizenya.

      Delete
  3. Aku juga suka Phonto.. Pernah nulis juga beberapa bulan yg lalu tentang tutorial ngasih watermark pakai ini :)

    ReplyDelete
  4. Penasaran sm phonto dan waze, mak. Aku ngedit foto belum biasa di hp. Jadi pengin instal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diinstal deh. Apps Waze itu kepake banget buat mantau lalin. Dulunya sih aku gak pake. Tapi sekarang malah jd bergantung sama Waze :)))

      Delete
  5. Google maps aje gak khatam aku..gak membantu di perjalanan buatku. Mungkin saking buta arah ya. Hahaha..btw, toss dulu Mak. Aku juga lebih suka WA timbang BBM

    ReplyDelete
  6. Iya, beberapa aku ada apps nya, sebagian lagi nggak seperti phonto, waze, gojek, bbm, wa, pinterest, maupun photo editor gak ada.. Hehehee.. Ini sih gak semua nya kecuali google maps


    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. google maps ituuh sangat membantuuuh.. waze aku gak install lagi karena ngerasa udah cukup sama google maps, hehe :D

    ReplyDelete
  8. Smartphone for smartmoms ya maakkk...TFS

    ReplyDelete
  9. Google maps emang nomer 1 haha... saya juga pengguna setia saking bingungnya kalau di kasi alamat di Jakarta. Di luar kota juga menolong lho.

    ReplyDelete
  10. Haregene memang susah ya mak klo lepas dari dukungan smartphone, andalan banget tuh.

    ReplyDelete
  11. Toss mak. Prefer WA drpd BBM. Hehe

    ReplyDelete
  12. Photo lg ngeheits ya mba oline, waktu itu install nyoba2 dikit...tapi karena memory hp yg super low jd harus uninstal deh :(

    ReplyDelete
  13. ajib, aplikasinya elit-elit semua ..

    ReplyDelete
  14. Phonto ya mak, aku belum nyobain., download ah

    ReplyDelete
  15. Wah hampir sama ya. Aku yg nggak ada cuma camera 360 krn jarang event juga sih. Skrg lagi rewel minta ganti smartphone & tab. Smartphone krn bosen BB nggak rusak2 cuma soak baterai doang. Gile BB nih badak bgt. Tab krn baterainya jg udah susah di charge.

    ReplyDelete
  16. Semua penting ya mbak, tapi kalo di tempatku, di Aceh, kayaknya belum Aplikasi Gojek belum diperlukan. soalnya gak ada Gojek :D
    Mau nyobain phonto juga ah

    ReplyDelete
  17. Kuran lebih samaan, soh. Cuma beda di Waze dan GoJek saja, Mbak. Saya ngga pakai. :D

    ReplyDelete
  18. kalau aku tambah online shopping mak hehehe...banyaaak bangeeet link dan app OS di sini :)

    ReplyDelete