Tips Merampingkan Alexa Rank Secara Cepat dan Alami

Kalau bahas soal alexa, pasti sudah jadi istilah yang familiar banget di kalangan blogger. Kalau berbicara soal job review, pasti ada saja agency yang bertanya, "Alexa Rank-nya berapa?" Betul kan?

Alexa Rank itu apa?

Alexa Rank adalah sebuah website yang digunakan untuk merangking website kita. Semakin ramping angka alexa rank kita, semakin bagus. Tapi, walaupun alexa rank kita 'kurus', tapi blog kita gak keurus, banyak sarang laba-labanya, alias jarang update, ya orang juga makin males mengunjungi blog kita. Sebagus apapun blognya, yang terbaik adalah rajin diupdate. Setuju? *Noted to my self nih* :D

Sebelum masuk kepada tips, saya mau cerita sedikit nih. Minggu lalu peringkat alexa blog saya sudah berhasil mencapai di angka 500ribuan. Udah hore-hore tuh. Ahh biarin ajalah dibilang  norak. Ngerampingin alexa tuh susah jendral! :D Masih di domain gratisan (blogspot). Nah, karena sesuatu dan lain hal, karena saya juga masih punya fasilitas free domain yang belum saya pakai dan proses, akhirnya saya refer ke domain yang baru lah. Sebelumnya suami saya sudah warning, "Kamu jangan nangis boombay, atau ngomel-ngomel yaa.. kalau nanti diubah ke domain berbayar akan jadi gendut lagi alexa rank kamu.

Proses untuk menjadi web.id memakan waktu 2 bulan. Karena ditambah urusan ini itu. Dan tepatnya beberapa hari lalu domain saya berubah dong. Alexa saya mendadak gendut! Mendadak saya shock jadi segini..



Kemarin sempat di angka 13ribu dan turun ke angka 6juta hanya dalam waktu beberapa hari karena kerja keras :)
Nah, kesimpulannya, kalau merubah domain, misalnya dari free ke berbayar, itu akan merubah posisi rank kita di mata Mbah Google. Karena apa? Karena Google hanya mengenal catatanoline di blogspot saja. Untuk yang web.id karena belum dikenal, jadi belum ada rankingnya di mata mbah Google.Kira-kira penggambarannya seperti itu. 

Ternyata untuk merampingkan alexa dengan cepat ada caranya nih :

1. Memasang Alexa Toolbar

Paling pertama dan hal mendasar kamu harus memasang alexa toolbar di blogmu. Tujuannya supaya blogmu dapat cepat di ranking oleh alexa. Caranya, cukup copy dan pastekan code berikut di salah satu widget kamu :

<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/catatanoline.web.id"><script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=catatanoline.web.id"></script></a>

*ganti yang saya beri highlight kuning dengan alamat blog kamu*

2. Rajin Blogwalking (BW)

Nah, di tahun ini saya sudah komit nih sama diri sendiri, saya akan rajin BW. Terlepas itu saya dikunjungi balik atau tidak, istilahnya saya bersilahturahmi saja ke rumah (maya) oranglain. Sukur-sukur blog saya dikunjungi balik :)

3. Banyak meninggalkan jejak (backlink)

Ini hampir sama dengan BW. Hanya saja terkadang BW hanya BW saja, tidak meninggalkan komentar. Padahal dengan meninggalkan backlink di blog yang kita kunjungi sebagai langkah untuk merampingkan angka alexa kita.

4. Melakukan claim blogmu

Melakukan klaim blogmu di website alexa.com.Caranya, cukup mendaftar di website alexa tersebut, lalu membuat akun gratis yang digunakan untuk claim blogmu. Dengan melakukan claim blogmu, maka si alexa akan menganggap blog kita itu update dan terurus. Maka alexa akan cepat meranking dan melakukan update rank blogmu. Cara ini belum saya lakukan. Tapi patut dicoba.

5. Update Blog

Cara yang paling ampuh tiada lain yaitu update blogmu secara berkala. Jika memang konsisten 2 hari sekali, lakukan 2 hari sekali. Atau memang ada yang 1 minggu sekali, ya lakukan 1 minggu sekali.

6. Posting di Vivalog

Untuk langkah yang ke-6 ini saya belum berhasil tembus nih. Tapi menurut yang sudah pernah coba, Shinta Ries, langkah ini it works! :)

Sekian tips saya untuk merampingkan alexa. Kalau ada tips yang lain, welcome yaaa ..:)


41 comments

  1. wah...kebetulan aku lagi genjot alexa biar makin ramping... selama ini aku gak begitu peduli sama alexa mau gendut atau ramping sama saja yg penting aku ngeblog... tetapi sejak aku minat dan dapat job rebiew mereka minsyaratkan alexa yg ramping... benar tuh Mbak dgn rajin BW alexa akan cpt ramping, aku sdh membuktikannya koq.. makasih info dan sharringnya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess betul mak. Alexa memang gak begitu penting buat kita. Tapi jadi sangat penting untuk kepentingan job review di mata agency :)

      Delete
  2. Terimakasih tipsnya mbak, ternyata blog juga harus diurus ya biar tetep langsing, heheh

    ReplyDelete
  3. Makasih buat infonya mak, Alhamdulillah alexa saya sedikit demi sedikit semakin ramping :D awal kenal alexa nominal di atas 3rb :(

    ReplyDelete
  4. Bener banget tuh Line, pernah blog gw dlm perbaikan, lsg gendut deh Alexa nya huhuhu

    ReplyDelete
  5. angka alexa ku masiihh lumayan gendut, padahal udah rajin update blog, kayaknya sih kuncinya di BW yaa? atau pasang alexa toolbar ini?

    ReplyDelete
  6. Alexa ku naik turun, langsingnya lama tapi gendutnya bisa cepet. Harus lebih sering BW ya mak, thank yooou

    ReplyDelete
  7. Jadi masang alexa toolbar juga bisa merampingkan ya?
    terimakasih sharingnya , Mak.

    ReplyDelete
  8. Itu kenapa aku masih mikir2 mau ganti ke domain pribadi, ya karena khawatir syok alexaku gendut :D Makasih tipsnya, mak. Sangat bermanfaat :D

    ReplyDelete
  9. Eh, tapi total pageviewsnya masih tetep tuh ya, ga berubah?

    ReplyDelete
  10. nah...loh, ko saya jadi bingung ya mbak olin >__< yang bener gimana ya, angka alexa yang baik emangnya berapa ya? Pernah denger katanya semakin gendut (> 1 juta) semakin ngga bagus, please correct me ^__^

    ReplyDelete
  11. wah makasih tips nya.. aku memang pengen jg rampingi alexa. btw.. mari mampir mbak ke rmh ku hihi.. btw aku komen disini pake alamat blogspot aku yg dah ga aktif. rmh asliku aktif di wodpress, di lovelyristin.wordpress.. :) makasih

    ReplyDelete
  12. Makasih tipsnya mak ^_^
    Salam kenal ya mak

    ReplyDelete
  13. Iya nih mak, merampingkan alexa rank sama perjuangannya dengan merampingkan tubuh...ehh malah curcol hehehe


    Makasih mak tipsnya

    ReplyDelete
  14. Yang pake widget aku blm coba. Kalo BW, kayaknya memang harus dikonsistenin bw sebanyak2nya setiap hari ya

    ReplyDelete
  15. Sama banget. Waktu masih pake blogspot alexaku lebih baik. Pas ganti domain (lagi) jadi gendut lagi hiks >_<

    Makasih Mak tipsnya :)

    ReplyDelete
  16. alexaku naik turun hihihi, dari 400 mendadak gendut jadi sejuta, sekarang sedikit ramping di 800 an. Nyoba rajin bw dan ninggalin komen aja sekrg :)

    ReplyDelete
  17. Aku udah pernah sign up viva log makk,, tapi sampai sekarang gak bisa login walau sudah klik ubah password belasan kali *capek deh* akhirnya,mbutuh juga tuh masukan tentang vivalog jika ada ^_^

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. makasiih tipsnya, alexaku masih nduut.
    Aku perlu intensifkan yang nomor dua tuuh

    ReplyDelete
  19. pasang widgetnya di sidebar gitu mbak? harus daftar dulu atau bisa langsung pasang?

    ReplyDelete
  20. Poin terakhir itu mak... membantu banget...
    tapi akhir2 ini artikel saya ga ada yang tembus.
    padahal dulu lumayan sering, mungkin banyak yang submit sekarang. Hehe

    ReplyDelete
  21. Saya pun nangis. Dr 400rb an k 15jt krn pindah domain. Tapi daily post sangat membantu mbak. Naiknya jadi cepat. Semua yang mbak tulis sih saya lakukan. Kecuali yang terakhir.

    ReplyDelete
  22. wah mantap nih.... ini yang lagi saya butuhkan heheheh

    ReplyDelete
  23. Saya bewe mak hehehe..nomor 6 susahnya ampun2

    ReplyDelete
  24. BW kayaknya ampuh sih soalnya alexa rank aku gapernah diatas 800rb alhamdulillah :) thanks for sharing mbak ^^

    ReplyDelete
  25. wow...kereen. info yang bermanfaat mak :-) Thanks :-)
    Salam kenal ya
    #kunjungan perdana..ho..ho..

    ReplyDelete
  26. Aku juga hampir sama seperti diatas. Gara2 ganti nama blog dr yg lama (WP) ke yg sekarang (blogspot hosting), harus mulai lagi dr rank 20jt. Ternyata hosting blogspot lbh cepat. Cuma 6 bulan saja bisa ke 500rb-an. Aku nggak share via komunitas, bookmark atau akun2 RT lainnya, cuma dr akun pribadi aja. Aku jg nggak di vivalog krn 2x submit nggak dinaikin jd males, nggak pernah submit lagi. Cuma ngandelin teman2 yg main ke blogku saja. Alhamdulillah ternyata temanku cukup banyak untuk bantuk menaikkan trafficku.

    ReplyDelete
  27. Waduh rencananya bulan depan mau pake domain, bisa2 mewek nih anjlok. Btw, daftar domainnya pake apa mba?

    ReplyDelete
  28. Selama ini saya belum peduli sama Alexa Rank. hihihi... dasar blogger asal-asalan :D

    ReplyDelete
  29. Oh ternyata. Alexa itu seperti badan kita saja. Kalau rajin jalan bisa singset.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims Oline tipsnya. Saya copas codenya bisa diterapkan di blog.

      Delete
  30. Dari dulu itu, saya belum coba lagi ke viva log. Selalu gagal, mungkin karena network yg ga stabil. Nanti, coba lagi ah. Makasih tipsnya, Mak..

    ReplyDelete
  31. vivalog mah sekarang suseh bingo, hehe...

    dulu aku sebelum pake domain yg sekarang, pernah tembus di vivalog. tapi sekarang tidak lagi, haha

    ReplyDelete
  32. Tipsnya bermanfaat sekali, salam kenal ya.

    ReplyDelete
  33. terima kasih sudah sharing, mbak. Nice tips!
    Alexaku masih menggendut >.< *anaknya suka males update* hahahaha
    BEAUTY BLOG | WWW.NONAHITAMPAHIT.COM

    ReplyDelete
  34. salam kenal, mohon bantuan, website saya rajin update tapi rangkingnya kok kurang bagus ya?, klik http://www.halloriau.com

    ReplyDelete
  35. Komen dlm rangka menguruskan alexa hahaha holla mbak :D

    ReplyDelete
  36. yang no 1 itu gak berhasil juga. emosi hehe

    ReplyDelete
  37. kalo submit vivalog itu artikel yang menarik, sesuai pengalaman, atau tips yang berguna, kalo kyk blog gimana mau submit nya :D

    ReplyDelete