Resep Rahasia Mie Chicken Wings ala Tropicana Slim

Bicara tentang mie, saya itu termasuk orang yang penggila akan mie lho. Di rumah saya pasti harus selalu siap sedia mie kering. Mau mie instan kek, atau mie kering, saya pasti siap sedia. Coba tanyakan kepada suami saya, berapa kali saya makan mie dalam sebulan? :)) Bahkan di kala saya hamil-pun saya masih makan mie instan. Padahal saya tau bahwa mie itu tidak baik untuk kesehatan.

Eh iya, gara-gara saya penggila mie, saya jadi tau varian bentuk-bentuk mie. Ada model mie keriting, dan ada juga bukan. Gak semua mie itu mie keriting lho. Karena saya paling suka berkreasi dengan mie. Kadang saya juga suka menyajikan menu mie untuk sarapan suami. Hehee iyaa. Suami saya jadi ikut-ikutan suka dengan mie. 

Saya paling suka mie yang bentuknya keriting. Karena lebih kenyal dan lebih enak rasanya. Contoh mie keriting yaitu mie bangka. Pasti semua udah pernah makan mie bangkan kan? Tapi ada juga mie instan yang bentuknya keriting. Salah satunya adalah Mie Tropicana Slim


Ohya, satu alasan lagi kenapa saya suka mie keriting, yaitu mie keriting itu paling enak dikreasi apa-apa. Karena bentuknya keriting jadi gak cepat hancur saat masuk ke penggorengan.

Mie Tropicana slim terdapat 2 varian, versi rebus dan gorengnya. Tapi kali ini saya mau berkreasi dengan mie keringnya, rasa ayam bakar.

Saya mau kasih kamu satu resep rahasia. Mau tau gak?

Saya mau kasih resep mie goreng ala saya nih, yang bisa disajikan saat sarapan pagi.

Bahan-bahan :

Mie Tropicana Slim 2 buah
Bawang merah (giling halus) 1 buah
Bawang putih (giling halus) 1 buah
Telur 1 butir
Chicken wings
Sayur Caisim, cuci kemudian potong-potong
Cabe rawit merah (iris) 3 butir

Bahan pelengkap :

Tomat 
Timun
Bawang goreng
Kerupuk

Di rumah saya selalu siap sedia bumbu putih, alias bawang merah dan putih giling halus. Jadi kapanpun saya ingin pakai, tinggal ambil dari freezer, selesai. Jangan lupa jika ingin stock bumbu putih di kulkas, berikan tanggal expired datenya, dan containnya apa. Karena ini penting banget, membantu kamu saat kamu buru-buru membutuhkan bumbu halus saat kamu memasak nanti.

Untuk bawang goreng, saya selalu siap sedia di rumah. Saya belinya yang kiloan di supermarket. Saya gak menggoreng sendiri. Karena saya tidak pernah berhasil membuat bawang goreng nan renyah. Yang ada saat saya masukkan ke toples, malah menyimpan minyak :) Jadi, kalau udah ada stock bawang goreng instan di 
rumah, kapanpun saya masak nasi atau mie goreng, tinggal di-topping, jadi deh.

Untuk chicken wingsnya, ini perlakukan special. Malamnya atau 1 hari sebelumnya, saya rebus dulu, lalu saya marinate, taruh di 1 wadah tertutup, berikan tanggal, lalu saya taruh di freezer. 

Cara membuat :

1. Rebus mie. Saat menunggu mie matang, bumbu mie goreng bisa disediakan di atas sebuah piring. Jika suka, bisa ditambahkan lada. Setelah setengah matang, mie bisa langsung diaduk dengan bumbu yang sudah kita siapkan tadi di piring.
Tips merebus mie, jangan terlalu matang atau lembek, karena saat diaduk mie nya bisa hancur. Makanya saya lebih suka mie keriting seperti Mie Tropicana Slim ini, mienya lebih kenyal, keriting dan enak bisa diolah lagi.

2. Panaskan minyak (bisa pakai olive oil) juga. Sedikit saja gak usah banyak-banyak. Karena nanti akan ada minyak tambahan dari mie gorengnya.

3. Lalu masukkan telur. Disini kita bikin telur orak ariknya dahulu. Kalau versi saya sih, untuk mie goreng lebih suka telurnya diorak arik, karena rasa telurnya menyatu dengan mie. Kalau versi nasi goreng baru telurnya bisa dipisah (diceplok atau dadar). 
Tips untuk bikin orak arik telur tapi gak hancur, saat telurnya masuk, jangan langsung diaduk, karena tekstur telurnya akan hancur. Jadi biarkan telurnya matang sebagian, sampai hampir berbentuk saat seperti masak telur ceplok, baru deh kita ayak menggunakan sodet. Biarkan tepinya sampai berkulit. Karena nanti saat diaduk dengan mie akan terasa lebih nikmat.

4. Setelah telurnya matang, masukkan bawang yang tadi telah dihaluskan.

5. Berturut-turut masukkan minyak yang terdapat pada mie goreng tersebut, aduk rata.

6. Masukkan mie yang tadi telah direbus. Aduk rata. Sambil dimasukkan kecap, sayur caisim bumbu pelengkap lainnya seperti kecap asin (jika ingin agak asin).

7. Masukkan potongan cabe rawit (optional). Karena di rumah saya dan suami pecinta makanan-makanan pedas, cabe rawit itu adalah its a must :)

8. Serve on the plate. Selesai deh. Taburkan bawang goreng diatasnya.

9. Goreng chicken wings sebanyak 6 buah. Kemudian sajikan sebagai topping diatas mie goreng.

Voillaaa.. jadi deh ^_^



Untuk resep diatas adalah resep untuk 2 orang. Jika ingin lebih porsinya, bisa ditambah semuanya. Kecuali telur. 

Mie Kering Tropicana Slim rasa ayam bakar ini akan lebih perfecto bila dengan topping chicken wings seperti ini. Untuk harganya memang agak sedikit lebih mahal dibanding mie instan lainnya. Tapi kalau lihat kandungannya, mie tropicana slim ini jauh lebih sehat. Rendah kalori, rendah lemak, dan rendah garam. Jadi hati ini lebih tenang kalau makan mie setiap hari, gak bikin perut bertambah kantong pagernya, alias gak khawatir disangka hamil terus-terusan :))

Mie Tropicana Slim ini sehat karena produksinya itu bukan digoreng, tapi dipanggang. Dipanggang? Iya, dipanggang. Kamu tau kan, kalau makanan yang dipanggang itu lebih rendah kalorinya dibanding dengan digoreng? Saya gak bilang dipanggang itu gak ada kalorinya. Pasti ada. Hanya saja makanan digoreng itu lebih banyak ketimbang makanan yang dipanggang. Itulah kenapa mie ini tergolong mie sehat. 

Ini adalah resep andalan saya kalau di rumah. Kalau kamu, punya resep apa? Ceritakan kepada saya ya :)


Salam,




28 comments

  1. Replies
    1. hihi... emang enak ini mak *seriuus*...

      Delete
  2. walahhh...jadi ngecesss...malam teuing sharenya, jadi menahan laper.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa.. salah bangets ya share malem2 :D

      Delete
  3. pagi-pagi liat foto mie ini bikin lapeeer.... kapan2 mau nyoba resepnya. Thanks, Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh resepnya mak. Cepet dan enak :)

      Delete
  4. Aku belum pernah nyoba mie produknya tropicana slim... mau juga nih nyobain resepnya ala mbak Oline...

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah nyoba mie produknya tropicana slim... mau juga nih nyobain resepnya ala mbak Oline...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru pertama nyoba nih. Dan ternyata mie nya enakk..

      Delete
  6. wahh , tambah enak mi nya krn ada si chicken wingsnya ya mak..

    ReplyDelete
  7. Pengen nyobak mie sehat begini..sayangnya di sini blm ada mak e...
    Indomrt alfa jg nggak ada..
    Kasihan bgd yak eikeh..hiks..

    ReplyDelete
  8. belum nyoba nih saya,jadi pengen

    ReplyDelete
  9. liat fotonya langsung ngiler ...

    ReplyDelete
  10. Cobain aaah. By the way ide bikin bumbu putihnya oke juga biar ga cape ngulek.Tapi nentuin expire datenya gimana, ya?

    ReplyDelete
  11. saya suka makan Mie Tropicana slim yang versi rebusnya mba :)

    ReplyDelete
  12. Aduh. Salah mampir ke foodblogger pagi2. Lapar saya. Lapar Mbak lihat fotonya.
    Mie Tropicana Slim ini lbh rendah kalori ya Mbak?
    Salam kenal.

    ReplyDelete
  13. jadi inget masih punya sebungkus mie tropicana slim di rumah. Bikin, ah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuu mak Chi, bikin, kalo punya resep baru share ke aku ya :)

      Delete
  14. Mie ini sehat banget, karena dioven bikinnya, bukan di goreng hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa betul. Bikinnya dipanggang.. jadi rendah lemak dan sehat..

      Delete
  15. Aku tim "mie apa saja pasti enak". Pokoknya nggak bisa nolak lah kalau mie. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tooos.. mak isnuansa.... aku gak bakalan bisa nolak juga kalo disuguhin makanan berbau mie :)

      Delete
  16. Tararengkiuuuu resepnya mak cantiiik *smooch

    ReplyDelete
  17. pengen nyiciiipppp....mak oline jago masak ey..aku ngga bisa masaak...

    ReplyDelete