Enjoying The 1st IPPUDO Chicken Ramen Jakarta

Perkembangan kuliner khas Jepang di Indonesia sudah semakin banyak peminatnya, mulai dari Sushi, Udon sampai Ramen, yang penetrasinya paling banyak menurut saya adalah Ramen, entah itu penjual Ramen keliling kaki lima yang dalam bahasa jepang disebut charamela sampai restoran Ramen di ruko ataupun mal terkemuka di Jakarta. Buat para penggemar ramen jepang, mungkin nama Shigemi Kawahara sudah tidak asing lagi, yup beliau adalah Ramen King yang sekaligus owner dari Ippudo Ramen yang sangat terkenal di Fukuoka, Jepang

Chicken Ramen Asli Jepang dengan rasa khas Indonesia, Pertama di Jakarta

Saya itu termasuk salah satu pecinta aneka mie, salah satunya Ramen dan Udon, khusus untuk Ramen biasanya saya memesan Spicy Chicken Ramen atau Beef Ramen. Sesaat saya mengetahui IPPUDO Indonesia akan mengeluarkan menu baru Chicken Ramen, saya langsung excited, yeay! Gimana enggak, menu Chicken Ramen bukan Chicken Ramen sembarangan, "Kok bukan sembarangan? Memangnya bedanya dengan Chicken Ramen yang ada saat ini apa?" ternyata Chicken Ramen yang  dihadirkan oleh IPPUDO ini, menggunakan  bahan dasar asli dari Jepang, jadi kamu makan di Jepang langsung dengan di Indonesia, bahan dasarnya sama, terus yang tidak tanggung-tanggung rasa dari Chicken Ramen ini dibuat menyesuaikan lidah orang Indonesia dan di tambahkan bahan dasar khas Indonesia berupa cabe rawit, nah mungkin ada teman-teman yang bertanya "Kalau menggunakan bahan dasar langsung dari Jepang, apakah halal?" Tenang, jawabannya Halal. Oleh karena itu saya langsung meng-IYA-kan hadir untuk datang di acara IPPUDO Blogger Gathering The 1st Chicken Ramen Menu.

Ini nih tampilan Ippudo Ramen Shop pertama di Jakarta :) - Doc : Pribadi

(Buat yang belum tahu) Ramen itu apa sih?

Ramen adalah makanan berbahan dasar mie, yang diracik dengan bumbu dan topping khas Jepang, kalau di Indonesia disebut dengan berbagai istilah seperti mie rebus, mie godog dan mie kuah.

Menurut saya, kenapa Ramen mudah sekali masuk ke pasar Indonesia, karena pada dasarnya mie sudah menjadi makanan kesukaan masyarakat Indonesia sejak lama, termasuk saya sendiri hehehe. Dan beberapa Ramen Shop di Jakarta melihat peluang ini lalu memodifikasi rasa pedasnya, yup, beberapa restoran di Indonesia menyajikan ramen dengan beberapa level, umumnya mulai dari level 1 sampai dengan level 5, makin tinggi levelnya makin pedas ramen-nya.

Ippudo Ramen itu Halal atau gak ya?

Buat yang pernah ke Jepang, sudah rahasia umum kalau Ramen asli jepang mayoritas tidak halal, terus ada gak Ramen asli Jepang yang halal, tentunya ada salah satunya Ippudo Ramen, nah kalau kamu ke Jepang dan mau makan Ramen, jangan lupa saat masuk ke Ramen Shop langsung tanyakan, halal atau tidak, karena memang di jepang tidak ada label halal seperti di Indonesia.

Karena Ippudo Ramen menggunakan bahan dasar dari Jepang, ada menu makanan yang tidak halal. Namun tenang saja, menurut informasi dari Takashi Mikami-san, Operations Consultant IPPUDO Indonesia menjelaskan bahwa di IPPUDO Indonesia ini walaupun ada menu pork-nya, namun kitchen tools dan peralatan semua dipisahkan. Baik dari sumpit, mangkok, maupun sendoknya.

Gimana cara membedakannya?

Khusus untuk menu pork, sumpit yang digunakan adalah yang ada ulirnya.

Di ingat, untuk menu pork, kamu akan menerima sumpit yang ada ulirnya - Doc: Pribadi

Untuk sendok ramennya yang digunakan adalah sendok berwarna putih.

Khusus menu pork, sendoknya yang berwarna putih - Doc: Pribadi

Resto Ramen Terbesar di Jepang

Buat yang pecinta dan penggila menu ramen, pastinya sudah tahu resto ramen terbesar di Jepang. Yep, namanya IPPUDO. IPPUDO adalah restaurant chain ramen Japan yang berasal dari kata Hakata, Prefektur Fukuoka Jepang. Didirikan pada tahun 1985 di ibukota ramen Jepang oleh Shigemi Kawahara yang terkenal sebagai Ramen King di seluruh dunia. Saat ini IPPUDO telah hadir lebih dari 80 gerai di Jepang dan lebih dari 45 gerai secara internasional, termasuk salah satunya di Pasific Place Jakarta.





IPPUDO menghadirkan langsung chef dari Jepang. Makanan racikannya tentu saja benar-benar otentik dari Jepang yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Takashi Mikami-san dan Hideki Miyazaki-san, Research and Quality Group Head IPPUDO Asia dan Ocenia, sedang menjelaskan sejarah dari IPPUDO di Jepang.



How To Eat Ramen?

Takashi Mikami-san menjelaskan bagaimana cara makan ramen nih. Namanya tehnik zuzuto. Yaitu dengan cara menyeruput mie ramennya sampai terdengar 'serupuuuuttt...' dan tidak boleh terputus :)


Beruntung saya hadir ke gathering ini, karena sebelumnya saya tidak tahu lho cara makan ramen yang benar :)


Interior and Kitchen Design

I like the interior design. Design IPPUDO disini membawa saya seakan-akan makan langsung di resto Jepang. Ornamen-ornamennya bernuansa bambu dan kayu.




Source : Pasific Place

Fresh from Oven

Ramen yang dibuat  di IPPUDO adalah semua based in order. Artinya, begitu ada pesanan, ramen langsung dibuatkan. Jadi mereka tidak stock di kulkas. Jadi benar-benar fresh.




2 Varian Chicken Ramen

Ada 2 menu recomended yang disajikan pada malam itu. Yang pertama adalah Tokyo Chicken Shoyu Ramen, yaitu mie segar yang disajikan dalam kuah kaldu ayam jernih, yang diimbangi dengan bumbu Shoyu Ramen, ditambah dengan Menma (olahan rebung), Narutomaki  (bakso ikan), dan lengkap dengan potongan Ayam Chashu. Lalu untuk menu yang kedua adalah Spicy Chicken Ramen, yaitu ramen IPPUDO yang sangat menggugah selera dengan cita rasa pedas spesial, dibuat dari cabe rawit, aneka bumbu pedas dan sambal khusus, dalam kuah ayam jernih hasil rebusan sari pati ayam selama lebih dari 5 jam.


This is Berry Fizz sebagai welcome drink. Rasanya asem, manis berpadu jadi satu :)



Sebelum menu utama, kami disuguhi appetizer set terlebih dahulu. Berisi Seared Salmon Roll Mentaiko, Grilled Chicken Bun dan Spicy Shrimp Mayo.


Saya pikir rasa dari appetizer ini seperti biasa aja yah, seperti appetizer kebanyakan pada umumnya. Okee, mulai saya coba. Yang pertama saya coba ada Chicken Bun alias bakpao isi ayam ini. Karena potongannya 1/4 dari ukuran bakpao biasa, jadi cara makannya sekali 'Hap' langsung masuk ke mulut. Pas masuk ke dalam mulut, ohmaigaaaat.. rasanya endeuus banget! Saya kaget dengan rasa ayamnya. Ayamnya ini bener-bener enak, karena ini merupakan ayam panggang. Rasanya manis dan hampir menyerupai teriyaki chicken.

Appetizer kedua saya mencoba Salmon Roll-nya. Ini juga karena bentuknya imoet nan lucu, jadi makannya juga sekali 'Hap' langsung masuk ke mulut. Diatasnya ditaburi telur ikan, kok rasanya bener-bener enak banget yaaa.... Saya belum pernah makan Salmon Roll separah ini enaknya! Lembut, manis, gurih, perpaduan yang pas.

Appetizer ketiga adalah Spicy Shrimp. Sekilas bumbunya seperti sambal kacang, tapi setelah saya rasakan, ini bukanlah sambal kacang. Melainkan mayonaise pedas. 

Dari ketiga appetizer diatas saya paling suka dengan Salmon Roll-nya :) Dan ternyata ketiga appetizer ini merupakan best menu for appetizer disini :) *oooh pantesan aja yaaa*

Untuk menu utama, karena saya pecinta makan makanan pedas, tentu saja saya memesan Spicy Chicken Ramen.



Isi dari Spicy Chicken Ramen ini adalah Menma (olahan rebung atau pucuk bambu yang masih muda), chashu ayam, bumbu shoyu special, sayuran dan tak lupa gabungan dari 4 macam sambal. 1 porsi ramen ini menurut saya pas banget untuk porsi makan malam. Chashu ayamnya enak banget.

Sebagai teman makan Spicy Ramen, gak lengkap rasanya bila tidak ditemani oleh Ocha, teh khas Jepang. Dan saya memilih untuk memesan ocha dingin saja. Dan enaknya disini refill lho :)

Cara makan Chicken Ramen IPPUDO ala saya :

Pertama-tama saya cicipi terlebih dahulu kuah dan ayamnya dengan rasa original. Untuk rasanya terasa original banget kecap Jepangnya. Rasanya gurih dan asin. Setelah itu baru saya aduk sambal yang ada di bagian tengah ramen itu sampai semuanya sama rata.
Setelah tercampur rata, baru saya cicipi kuahnya terlebih dahulu. Rasanya? OhmyGOD!!! Pedes gilaaa. Tapi masih dalam tahap toleransi lidah saya sih. Alias masih bisa saya nikmati.

Saya kaget luar biasa saat mencicipi kuah Spicy Ramen ini. Saya tidak menyangka bahwa kuahnya benar-benar pedas seperti ini. Mungkin ekspresi saya terlihat aneh dan shocked saat itu, langsung saya didatangi oleh MC nya untuk dimintai testimoninya. Sekaligus saya ditantang langsung untuk makan ramen dengan tehnik zuzuto.

Setelah saya coba ternyata, alamaaak susahnyaaa yaa. Saya berkali-kali gagal zuzuto-nya. Wah, ternyata gak sembarangan. Ini ada tehniknya. Jadi, mie yang akan kita makan, kita ambil (sedikit saja, tidak usah banyak-banyak. Karena kalau banyak tidak bisa diseruput). Tiup kemudian kita seruput sampai selesai. Pastikan kita tahu panjang mie yang akan kita makan. Agar tehnik zuzuto-nya sukses :D

So, gimana? Tertarik ingin coba? Tenang, menu ini bisa kamu nikmati per tanggal 1 Juni 2015. Sayapun bakal balik lagi kesana. Suami saya pas saya ceritain nagih pengen cobain juga. Gak mau kalah ma istrinya! Hihii...

Akhir kata saya banyak mengucapkan Arigatou Ghozamaisu kepada IPPUDO Indonesia untuk undangan yang sangat special ini. Semua makanannya enak-enak, pelayannya juga very helpfull dan really highly recomended for Ramen in Indonesia.


IPPUDO Indonesia
Pacific Place 5th Floor - Unit 5.37 SCBD Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 Jakarta Selatan 12910 Jakarta
Facebook: Ippudo Indonesia
Twitter: @ippudoidn
Instagram: @ippudoindonesia

10 comments

  1. Lengkap sekali liputannya ibu Caroline.. Dan memang benar ada sensasi tersendiri ketika mencoba ramen di Ippudo... :)

    ReplyDelete
  2. interior nya kereen ala jepang banget :D ,, ada sumo segalaa

    ReplyDelete
  3. Wah kami sekeluarga juga pencinta ramen. Yummy sekali ini fotonya :D

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka ramen maak. Lega deh kalo dapur dan pealatan makan dibedakan anatar yang halal dan non halal

    ReplyDelete
  5. awalnya aku tuh ga suka ramen... gara2 makan di resto ramen 38 sanpachi yg levelnya bnyk itu, dan aku pesen yg paling pedes, boro2 pedes, kuahnya malah pahit -__-. sjk itu bnci bgt ama ramen krn mikirnya smua bgitu... tp kmudian ramen2 asli jepang ini mlai buka di ruko dan mall, dan diajak mama mertua nyobain di salah satu resto kota kasablanca, yg bnr2 halal krn menu pork nya g ada samasekali, dan aku lgs suka ^o^.. ini baru ramen :D.. Yg ippudo blm coba sih mba... agak susah nih, krn suamiku bnr2 ga mw kalo ada pork, even peralatan dipisah... krn dia ttp ga percaya... kali aja sabun utk nyuci piringnya sama :D hihihihi... tapi ya sudlah... aku cukup dgr ceritanya aja :D

    Kalo zuzuto, mertuaku ada kejadian lucu ama itu... papa mertua dulu diplomat dan pernah tinggal di jepang 4 thn. jd dia trebiasa dgn kebiasaan makan org jepang yg diseruput... pas balik ke indo, diundang makan ama koleganya di resto jepang jg, dan papa makan dgn gaya zuzuto :D... di situ koleganya lgs ketawa -__-. pdhl cara makan di jepang sndiri ya bgitu itu :D

    ReplyDelete
  6. wahh seru kaynyaaa, aku mau coba ah hehehe

    ReplyDelete
  7. Jadi pengeeen nyobain ramen disini :D

    ReplyDelete
  8. Mel, wuenak tenan Chicken Shoyu Ramennya, yang gak pedes. Kalo Melly pasti doyan pedes tuh.

    ReplyDelete
  9. Selamat, ya, Oline, postingannya baguuus banget, apalagi foto-fotonya tuh, heeem, bikin kepengen balik lagi ke IPPUDO dweh. Masih punya 4 kupon ampe akhir Juni nih, hehe...

    ReplyDelete
  10. Wahhh terima kasih Bu Olin atas rekomendasi tempat makan ramennya. Harga pas rasa luar biasa. Bumbu dan cara pengolahannya sesuai deh sma lidah orang Asia. Nice place buat nongkrong juga..

    ReplyDelete