Begini Rasanya Ikutan Kompasiana Hangout

Seharian penuh kemarin, gadget saya berdering terus. Dari nomor telepon kantor. Berkali-kali sekitar 10x dalam 1 hari. Bukan karena saya gak mau angkat, tapi memang karena momentnya gak pas aja. Saya sedang di jalan, sedang meeting, sedang di dapur. Wah, ini pasti telepon penting nih, pikir saya dalam hati.

Oke, keesokan harinya, tepat hari ini tanggal 21 April 2015, yaitu Hari Kartini, saya gak terlalu musingin lagi soal miscal kemarin. Karena hari ini saya akan menghadiri acara training seharian.  Jadi dari pagi saya lumayan sudah disibukkan. 

Di tengah-tengah acara training saya, sedang diskusi dengan team, tiba-tiba saya melihat ada miscal lagi di hape saya sebanyak 2x. Gak keangkat lagi. Lalu saya lanjutkan diskusi. 

1 jam kemudian
Saat saya ingin bersiap-siap mengakhiri pertemuan di acara training itu, saya menemukan miscall lagi sebanyak 2x. Ohmaigat, siapa sih ini? Bikin saya penasaran aja :)
Oke baiklah. Saya gak terlalu musingin lagi. Saya kembali ke aktivitas. Saya harus menuju ke lokasi lain. Waktu itu saya menuju ke lokasi Dunkin Donuts Tebet untuk afternoon discussion. Nah, di tengah-tengah acara diskusi, saya kembali ditelpon...

"Halo mba Caroline."
"Iya mba."
"Ini Wawa mba." 
Hening sejenak sekitar 5 detik, kemudian aku menjawab...
"Ohyaaa.." (jreeeng gue lama banget ngingetnya, secara namanya gak familiar di otak saya. Wogh, saya baru ingat, mba Wawa adalah salah satu team dari kompasiana) :))

Singkat cerita, saya diajakin untuk ikutan Hangout bareng Kompasiana. 

Apaan tuh?

Naah, ini juga baru pertama kali saya denger ini. Jadi, di Android atau iOs ada aplikasi namanya Google hangout, jadi nanti kita sama-sama berinteraksi dengan para kompasianer lainnya dengan menggunakan video call dan kamera. Menggunakan teknologi streaming.


Sedari jam 5 saya sudah siap-siap dengan gadget. Tapi telpon dari admin kompasiana tak kunjung tiba. Akhirnya saya dihubungi 15 menit kemudian. Saat itu saya sudah berhasil menggunakan google hangoutnya. Tapi ternyata untuk Kompasiana Hangout ini disarankan menggunakan laptop.


Sebenarnya sih saat saya ditelpon saya belum persiapan apa-apa. Jadilah setelah saya ditelpon itu saya langsung bersiap diri. Saya diberikan link kompasiana hangout melalui email, yang nantinya saya connect menggunakan link itu.

Mulailah bersiap diri  dari setting tempat, microphone, laptop, lighting, sampai dengan minuman dan cemilan. Maklum saat itu adalah jelang makan malam dan maghrib. Kalau diingat lagi, saya jadi sangat berterima kasih sekali kepada suami, yang saat itu ikut bersusah payah mensetting tempat untuk streaming :)

Persyaratan untuk ikut Kompasiana Hangout itu :

1. Wifi setempat harus mumpuni. Alias koneksinya harus lumayan kenceng.
2. Gak harus di kantor kompasiana, bisa dilakukan dimana saja, asalkan wifinya memadai.
3. Background atau latar belakang tempat kita streaming disarankan putih. Tadinya malah saya mau streaming dengan background rak buku. Wah untung aja gak jadi :)
4. Persiapkan cemilan dan minuman. Karena acara Kompasiana Hangout ini berlangsung selama 2 jam. Jadi pastikan kamu ready.
5. Hindari suara-suara. Nah, ini yang agak susah. Karena posisi saat itu adalah jamnya Narend ingin beristirahat. Karena posisi saya hangout saat itu adalah ala kadarnya di kamar, jadinya kamar disterilkan dahulu dari apapun :) Duh, kalau ingat itu jadi merasa bersalah dengan Narend, karena saat saya streaming, Narend sudah meraung-raung di luar kamar ingin masuk :)


Perlengkapan seadanya :)


Alhamdulillah wifi saya mumpuni sehingga saya bisa melakukan streaming tanpa gangguan satu apapun. Yeayy.. saya nongol di TV :)


Ohya, saat itu temanya adalah Kartini Tangguh di Era Modern. Berhubungan dengan emansipasi wanita. Nah, salah satu nara sumber yang hadir saat itu adalah 2 wanita cantik dari Satuan Teror Gegana Mabes Polri dan juga Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise.
Di sela-sela acara kompasiana hangout ini, di sesi pertama saya dipersilakan untuk mengajukan pertanyaan kepada Ibu Yohana, yaitu "Bagaimana peran pemerintah terhadap wanita khususnya di jaman sekarang tahun 2015 yang seperti kita ketahui kita masuk ke era Masyarakat Ekonomi Asean?"

Pertanyaan saya mungkin terdengar simple sih, hihii... Tapi saya sangat-sangat deg-degan. Dan ini adalah pertama kalinya saya berkomunikasi dengan Ibu Menteri, rasanya luar biasa :)

Acara selesai pukul 8 malam. Dan saya merasa sangat lapar sekali :)) Saya baru ingat ohya saya belum makan malam :)

Testimoni saya ikut acara ini, seru, dan deg-degan, sampai-sampai mau ke kamar mandi aja jadi saya tahan saking saya tegangnya :D ini jadi pengalaman baru untuk saya.

Akhir kata saya mengucapkan banyak terima kasih kepada kompasiana dan kompas TV yang telah mengundang saya menjadi salah satu participant di acara Kompasiana Hangout :)




No comments