Resep Masakan : Tumis Pare Teri Pedas

Salah satu hobby saya di rumah itu adalah memasak. Yes, di rumah itu saya paling suka meracik bumbu masakan. Kadang saya masak di rumah bisa 2 kali, pagi dan malam. Kadang cuma buat nyoba resep baru atau iseng masak aja. 

Hampir semua bahan baku masakan pernah saya coba. Tapi kecuali pare dan jengkol. Yess. Kedua buah itu kalo salah-salah meraciknya bisa-bisa makannya gak nikmat.

Semua pasti tahu rasa pare itu pahit. Tapi entah kenapa saya itu paling suka sama buah yang satu ini. Jujur aja saya dulu untuk menikmati sayur pare selalu minta masakin sama si mamah. Rasanya endeeus banget deh kalo mama yang masak. 
Dari beberapa resep hasil browsing-browsing di internet di mix dengan hasil kreasi sendiri, jadi juga resep masakan ala Chef Oline Tumis Pare Teri Pedas. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan :
Pare 2 butir
Petai 1 papan (belah jadi 2)
Teri Asin (Basah/Tawar)
Tomat (dipotong-potong sesuai selera)
Garam
Gula
Kaldu ayam

Bumbu Halus :

Cabe merah keriting
Cabe rawit merah
Bawang merah
Bawang putih
Terasi matang

Cara Membuat

1. Seduh ikan asin dengan air panas, sisihkan. Jangan terlalu lama, karena bisa hancur. Paling lama sekitar 5 menit saja. Setelah 5 menit, buang air panasnya, tiriskan dan sisihkan.

2. Bersihkan petai yang telah dikupas dari kulitnya. Belah menjadi 2. Supaya tahu ada ulatnya atau tidak. Cuci dengan air bersih, sisihkan.

3. Belah pare menjadi 2, lalu keluarkan isi pare (yang bagian berwarna putih). Lalu potong-potong pare dengan ketebalan sesuai keinginan. Cuci bersih.

4. Remas-remas pare yang tadi telah dipotong dengan garam. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. 

5. Selama menunggu daging pare agak sedikit lunak, kita siapkan bumbu halusnya. Giling semua bumbu halusnya, dengan bantuan sedikit garam. Supaya cepat lunak.

6. Cuci dengan air bersih pare yang tadi ungkep dengan garam. Lalu tiriskan.

7. Tumis bumbu halus tadi sampai kira-kira tercium bumbunya sudah matang. 

8. Masukkan teri asin yang tadi sudah kita seduh. Tumis bersama bumbu halus sampai ikan terinya matang. Saya prefer terinya dimasukkan setelah bumbu halus. Karena saya pengalaman menggoreng ikan terinya dulu baru disisihkan jadinya ikan terinya terlalu garing.

9. Setelah terinya matang, masukkan tomat. Aduk-aduk rata. 

10. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Saya tidak menggunakan penyedap apapun setiap memasak. Kalaupun ingin memakai penyedap, saya hanya menggunaman royco rasa ayam saja (sedikit). Aduk rata.

11. Jika bumbu sudah tercampur rata semua, sudah matang, sebelum dimasukkan pare, dirasakan terlebih dahulu sampai rasanya benar-benar pas. 

12. Masukkan pare dan petai dengan api kecil. Gunanya supaya bumbunya meresap ke dalam pare. Aduk rata.

13. Masukkan gula putih. Dan sedikit air kaldu.

14. Setelah pare sudah agak lunak, dan airnya sedikit saat, matikan api, sajikan hangat dengan nasi panas.


Saya kalau masak tumis pare ini bisa-bisa nambah terus. Gawat. Hahaa..

Okeee. Segitu dulu resep tumis pare dari saya. Ditunggu resep dari saya berikutnya ya.



18 comments

  1. Tumis pare favoritku, kadang kalo beli somay minta dibanyakin pare nya :D
    Makasih resepnya Oline...aku lagi nyari resep pare yang istimewa, ini bisa dicoba deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malahan gak suka pare dimakan di siomay. Karena gak suka pare kukus/rebus. Rasanya pahit :D
      Sama2. terima kasih ya udah mampir :)

      Delete
  2. Aku suka pare cuma kalo pas makan siomay ajah hehe
    tapi emang sih kalau masaknya gak bener, rasanya bakal paiiit banget yah mak!

    duuh, ngiler juga liat tumis parenya *gleeekk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku justru gak suka pare di siomay. Pernah kemakan pare di gado2 aja akunya udah gak mau. Karena si abangnya ngolah parenya masih pahit. Jadi trauma deh :)
      makasih udah mampir ya mba Ranii .,.

      Delete
  3. Mantap bgt Mbak Oline parenya, pahit campur asin gt ya, hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sekali parenya sudah gak pahit kok mba. Kan sudah diremas2 dengan garam plus direbus dengan gula :)
      Kalau cara ngolahnya bisa, rasa pahit pare gak kan terasa lagi :)
      Coba deh...

      Delete
  4. Ternyata banyak juga penggemar pare nih..toss ah

    ReplyDelete
  5. katanya setelah di cuci diremas-remas pakai garam untuk menghilangkan rasa pahit ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mak Lidya. Diremas2 pake garam gunanya untuk menghilangkan rasa pahitnya.

      Delete
  6. Oooo teri asinnya di seduh? hihi baru tau. Kirain digoreng duluu...:) Thanks ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan Terinya sengaja aku seduh dulu dengan air panas supaya menghilangkan rasa asinnya. Plus bilas terakhir supaya bersih :)
      Tapi kalau ikan teri yang tawar gak usah terlalu lama seduh air panasnya.

      Delete
  7. Nampak enaaak, aku juga suka pare mak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaaa, pare emang enak. Tooss aahh sesama pecinta pare :)

      Delete