Menghadapi Tabrak Lari Sesi II

Di bengkel Body Repair - Doc : Pribadi
 
Kemarin saya menceritakan tentang kejadian yang tidak menyenangkan, jadi korban tabrak lari ABG yang bawa motor tanpa helm, tanpa surat-surat pula, buat yang belum baca, bisa baca Menghadapi Tabrak Lari.

Masih ingat kan di artikel aku itu, ABG itu bikin janji ketemuan hari Senin jam 16:30, via telp dengan suami janjian di depan Mal GGP. Nah suami ijin pulang lebih cepat dari kantor buat ngurusin tabrak lari ini, sampai di rumah sekitar jam 16:00, biasa deh mandi trus beres-beres, jam 16.40an si ABG menelpon suami, katanya sudah sampai di depan Mal GGP, langsung deh saya dan suami menuju kesana (buat yang belum tahu dari rumah saya ke GGP cuma sekitar 5 menit yah), saya bawa mobil, suami bawa motor. Loh kok gak bareng aja naik mobil? Alasannya, karena dulu suami pernah kejadian seperti ini, mobil temannya kena korban tabrak lari, nah pas udah ngasih uang ganti rugi, orang yang nabrak itu langsung melempar mobil teman saya dengan batu, sampai kaca belakang mobil retak, alhasil di kejar teman saya, namun orang yang tabrak lari itu berhasil kabur ke gang kecil, karena kami naik motor jadi tidak mungkin bisa mengejar dengan cepat masuk gang-gang kecil.

Nah pas sampai di depan pintu gerbang Grand Galaxy, tiba-tiba suami menghentikan motornya, saya mengikutinya saja berhenti di depannya, dikirain ada telp mau angkat dulu, eh ternyata suami berhenti, karena ABG tukang tabrak itu ada di pintu gerbang Grand Galaxy, sempat terjadi pembicaraan.

Suami : Loh kok kalian di sini, saya kan sudah bilang di depan Mal GGP
ABG : Saya kira ini Mal GGP pak
Suami : Ini pintu gerbang Grand Galaxy, bukan Mal GGP
ABG : Oh gituu yaa pakk
Suami : YA IYALAH (dengan nada kesal dengan kelakuan ABG yang tidak tahu Mal GGP), ya sudah kalian ikut saya sekarang


Akhirnya suami melanjutkan perjalanan, sebenarnya planning sore ini mau ke Mega Bekasi untuk betulin spakbor belakang yang baret kena tabrak motor ABG itu, perkiraan sih sekitar 550rb untuk 1 panel. Namun karena suami merasa kasian dengan ABG ini, akhirnya suami memutuskan menuju ke bengkel Body Repair rekomendasi di Jl. Raya Cikunir (Monita Motor). Sesampainya disana, suami langsung bertemu dengan pemilik bengkel Monita Motor.

Suami : Mas, begini, kemarin 2 ABG ini nabrak mobil saya dibagian spakbor belakang, setelah itu mereka kabur, untungnya bisa saya kejar, dan saya minta STNK-nya, sekarang saya ajak mereka kesini untuk tahu langsung, kalau benerin mobil yang mereka tabrak itu prosesnya perbaikannya seperti apa
Bengkel : Saya liat dulu mas, oh ini, hmmm ini coba kita amplas dulu, trus kita poles, kalau tidak bisa, kita cat dulu, setelah di cat baru di poles
Suami : Biaya berapa mas?
Bengkel : Kalau seperti ini biasanya 250rb tapi masih bisa musyawaroh kok mas
Suami : (ngomong ke ABG) Tuh, katanya 250rb masih bisa nego
ABG : 220rb gimana pak? (berbicara ke pemiliki bengkel)
Bengkel : Ya udah, karena saya kasian melihat kalian, 200rb aja gimana?
ABG : Iya pak gak apa-apa
Suami : Ya sudah, sekarang kalian bayar 200rb, saya kasih STNK-nya
ABG : Kami gak bawa uang pak, besok bisa ketemuan disini lagi pak?
Suami : Hah gak bawa uang, ya udah besok kita ketemuan disini jam 17:00 ya

Akhirnya suami menitipkan mobil ke bengkel agar esok hari selesai, tinggal bayar aja. Hari ini adalah hari Selasa, lagi-lagi ketemuan sama anak ABG itu. Kali ini ketemuan di bengkel langsung, jam 17:00, saya boncengan sama suami naik motor, agar gerimis sedikit, untungnya tidah deras. Sampai dibengkel, ABG tukang tabrak itu sudah sampai duluan, langsung saya panggil pemilik bengkel.

Suami : Mas, sini bentar mas, mobilnya udah kelar?
Bengkel : Iya mas sudah, cuma karena hujan sejak pagi, cat-nya belum terlalu kering, jadi belum di poles kinclong mas, besok pas mas ada waktu, kesini lagi aja mas
Suami : (memanggil ABG), sini kalian
ABG : Iya pak
Suami : Nih lihat, setelah di perbaiki, apa yang kalian tabrak kemarin sudah kembali normal, tolong jangan ulangi lagi ya, apalagi sampai tabrak lari seperti kemarin, kalau kalian kemarin turun dari motor lalu minta maaf, gak perlu kalian ngeluarin uang 200rb. Ya sudah, sekarang kalian bayar ke mas-nya ini
ABG : Iya pak, ini uangnya pak
Bengkel : (menghitung uang), ini saya hitung 150rb, kemarin kan saya kasih keringanan dari 250rb ke 200rb?
ABG : Tadi dari rumah bener 200rb pak, saya taruh di jok motor tadi pak, beneran 200rb
Suami : GAK, SAYA TAHU KALIAN BOHONG, SAYA TAHU UANG 50rb-NYA ADA, CUMA DIBILANG HILANG (suami dengan nada marah), UDAH INI UANG 150rb KALIAN AMBIL KEMBALI, SEKARANG IKUT SAYA KE KANTOR POLISI SEKTOR GALAXY, BIAR SAYA LAPORKAN TINDAK PIDANA TABRAK LARI, CEPATTT IKUT SAYA !!! (dengan nada marah)
ABG : Maafff pak, maaffff, ini uang 50rb-nya adaaa pakkk (dengan nada gemetaran)
Suami : TUH ADA KAN !!! KENAPA KALIAN BOHONG ???!!! (dengan nada kesal)
ABG : Maaf pakk
Suami : Kalian ini, saya sudah berusaha supaya kalian gak keluar uang banyak, makanya saya bawa kesini, kalau saya bawa ke bengkel body repair di Mega Bekasi, untuk kerjaan seperti ini, minimal 550rb, TAU GAK ??!!
ABG : Maafff pakkkk
Suami : SINI MANA UANG 200rb-nya, KASIH KE MAS-nya
ABG : Iniii pakk (dengan nada takut dan gemetaran)
Suami : (mengeluarkan STNK), INI STNK KALIAN, CEPET PERGI !!!! UDAH DI KASIH HATI MINTA JANTUNG !!! (dengan nada maaf)
ABG : Maaf pak, terimaaa kasihhh
Akhirnya 2 ABG itu pergi, dan kami bawa kembali mobil kembali pulang ke rumah. Terkadang kita sudah berusaha untuk berbuat baik, malah berusaha untuk dipermainkan, well this is life, kita harus pintar-pintar membaca situasi dan mengambil keputusan yang tepat.
Nah kali ini, saya beri tips, bagaimana jika teman-teman menghadapi tabrak lari yang akan mengganti kerusakan. Ingat loh, ada orang yang memang mengganti kerusakan mobil kita, ada lagi orang yang mendendam dan menunggu waktu tepat untuk merusak mobil kita kembali, mudah-mudahan tips dibawah bisa membantu.

1. Never Going Alone

Jika anda akan ketemuan dengan orang yang nabrak mobil kamu di suatu tempat, usahakan jangan sendiri, ajak teman atau keluarga anda, karena bisa saja nanti orang yang menabrak anda berbuat hal yang tidak anda inginkan

2. Pergilah ke bengkel yang anda kenal

Usahakan mobil anda diperbaiki di bengkel kepercayaan anda atau minimal bengkel body repair resmi. Jangan mau pergi ke bengkel yang tidak anda kenal karena kawatir saat perbaikan malah ada bagian lain yang rusak (ini pengalaman suami, yang temannya ke bengkel body repair yang tidak dikenal, setelah selesai 2 minggu perbaikan body mobil, eh malah bagian mesin bermasalah)

3. Use Motorcyle as Bodyguards

Kalau memungkinkan, teman/keluarga anda menggunakan motor untuk mengawal mobil anda, jadi kalau ada hal lanjutan yang tidak diinginkan, misalnya perusakan mobil, anda bisa mengejar motor dengan motor

4. Photocopy

Jika anda menahan STNK atau SIM milik penabrak, usahakan mengcopy sebagai berkas anda, karena jika sampai ada apa-apa, anda memiliki data kendaraan yang menabrak anda

5. Minta ID Card

Usahakan anda mengetahui nama lengkap, alamat sampai nomor telepon orang yang menabrak anda, kalau perlu sampai tempat dia sekolah atau bekerja. Saat terjadi tabrakan, langsung minta saja KTP-nya, dan langsung foto di tempat

Mudah-mudahan tips diatas bisa membantu :)

7 comments

  1. Waahh ada juga yaa orang sampai ngelempar mobil? Udah salah kog ya bukan sadar malah kesel?

    ReplyDelete
  2. memag harus bersikap tegas dan bisa mengambil keputusan yang tepat ya mak dalam situasi begitu.. sikap abg itu bikin geregetan bangettt...

    ReplyDelete
  3. Di jalanan apa saja bisa terjadi ya mba, termasuk kelakukan orang yang tak bertanggung jawab

    ReplyDelete
  4. errgghh! Inget pengalaman syaa beberapa waktu lalu. Mobil ditabrak sama ABG. Ya, begitu persis kelakuannya, Mak. Banyak alasaaan Minta maaf aja pake disuruh dulu.

    Persoalannya selesai setelah 2 orang dewasa datang ke rumah saya dan membayar ganti rugi. Mereka minta maaf atas kelakuan itu anak. Males banget deh berhadapan sama anak ABG

    ReplyDelete
  5. Serba salah emang kalo berhubungan sama ABG. Harus dikasih pelajaran biar kapok doinya

    ReplyDelete
  6. Suaminya keren Mak.. Bisa marah2 sangar gitu. Saya baca aja udah keder. Gimana anak ABG-nya itu ya.. Hehehe...
    Thanks sharingnya Mak, bisa buat pelajaran bersama. :)

    ReplyDelete
  7. waduhhhh..untung suami mak oline tegas..coba kalo papih xD

    ReplyDelete