Yuk Stimulasi Otak Anak Dengan SMART PLAY bersama Monde Boromon

Saya ingat betul, hari Kamis tanggal 4 Desember, saya mendapat undangan dari Monde Boromon untuk datang ke acara Talkshow dengan tema "Bermain Pintar Optimalkan Stimulasi Anak" yang diadakan hari Sabtu tanggal 6 Desember 2014 di RS Antam Medika, Pulo Gadung Jakarta Timur. Jujur aja kaget, biasanya kan saya yang registrasi untuk sebuah acara, kali ini malah saya di undang #SerasaOrangPenting

Email dari Monde Boromon - Doc: Pribadi

Pucuk dicinta ulam tiba, talkshow kali ini membahas bagaimana caranya bermain untuk mengoptimalisasi otak anak. Wah materi yang pas sekali untuk baby Narend yang saat ini masih berusia 9 bulan.

Well this is me with Touch of Blue, with a really big Boromon :) - Doc: Pribadi

Silahkan mommies lihat flyer di bawah,

Flyer Boromon - Doc: Pribadi
Wah pembicaranya ada dr. Dyani Kusumowardhani, SpA (Dokter spesialist anak) dan dr. Tetty Ernawati (Dokter specialist Gizi), bayangan dikepala saya, nanti dr. Dyani akan membahas mengenai perkembangan anak, serta bagaimana cara bermain untuk anak yang sekaligus belajar. Lalu dr. Tetty, akan menjelaskan mengenai pola makan untuk anak, makanan yang cocok untuk anak kita. Jadi gak sabar untuk menuju ke hari Sabtu.

Sabtu, 6 Desember

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba, hari ini saya akan pergi ke RS Antam Medika untuk belajar, pastinya sambil membawa baby Narend tercinta. Karena acaranya jam 9 pagi, berarti saya harus berangkat dari rumah jam 8 pagi. OK, jam 8 mulai berangkat dari rumah, saya mau lewat tol dalam kota trus keluar di Cempaka Mas, trus lewat jalur biasa ke arah Rawangun. Namun rencana berubah, ternyata baby Narend gelisah terus sejak berangkat dari rumah, waktu dipegang keningnya, ternyata panas :( langsung aja suami mengarahkan mobil ke RS Mitra Keluarga Bekasi, untungnya dokter langganan kami, dr. Tissa sudah praktek sejak pagi, jadi kami putuskan baby Narend di periksa oleh dr. Tissa.

Untungnya walaupun hari Sabtu, ternyata belum banyak pasien anak di dr. Tissa, jadi saya bisa dapat nomor antrian dibawah 10. Wah bingung juga nih, padahal mau dateng ke acara "Bermain Pintar Optimalkan Stimulasi Anak", wah bisa batal nih, namun saya baru ingat, untuk acara ini pasti banyak yang live tweet di Twitter, dan gak cuma itu, hashtag yang digunakan juga sudah fixed, yaitu #BoromonTalkShow. Nah saya berfikir sambil menunggu giliran Narend, mending saya pantau Twitter, sambil suami menggendong baby Narend.

Tweet pertamaku di #BoromonTalkshow- Doc: Pribadi

Via Twitter, saya pantau acara dibuka pertama kali oleh mba mba Hani dari Tabloid Nakita, lalu dilanjutkan oleh dr. Dyani Kusumowardhani, SpA 

dr. Dyani Kusumowardhani, SpA memulai sharingnya - Doc: @mondeboromon

dr. Dyani memulai pembahasannya dari pentingnya stimulasi otak anak, dimana anak usia 0-3 tahun adalah periode emas untuk memberikan stimulasi karena jika diberi stimulasi terus, nanti saat berumur 3 tahun 80% otak anak akan berfungsi secara sempurna. Nah jika anak tidak di beri stimulasi, maka saat berumur 3 tahun, hanya 40% kapasitas otak yang berfungsi loh. Kalau anak terus diberi rangsangan, saat berumur 10 tahun, bisa sekitar 90% kapasitas otak yang terpakai loh. Menurut dr. Dyani, gadget tidak baik untuk memberikan stimulasi, jadi sebisa mungkin batasi penggunaan gadget lalu ganti dengan bermain secara fisik.

Saya yakin 99% bunda yang membaca artikel sampai disini pasti bertanya "Stimulasi apa sih yang cocok sesuai dengan umurnya?", tenang aja bun, supaya tidak penasaran, saya listing dibawah :

0-6 bulan

- Pengelihatan : menggerakkan benda berwarna cerah
- Pendengaran : bersenandung, mendengarkan musik lembut, mengajak berbicara
- Komunikasi : sentuhan, senyuman, memanggil nama, mengajak berbicara, cilukba

6-12 bulan

- Pengelihatan, Pendengaran, Komunikasi : membaca cerita, melihat gambar, mendengarkan musik
- Sensorik : memegang benda dengan permukaan kasar, bermain di lantai
- Motorik : memegang pensil dan mencoret-coret, mengejar benda

Selain stimulasi, anak-anak juga butuh istirahat loh bun, usahakan setiap hari anak kita tidur siang 1-2 jam, hal ini untuk membantu proses tumbuh kembang anak. untuk malam jangan sampai anak kita beraktifitas berat agar bangun pagi lebih segar.

Yang terakhir dan terpenting menurut dr. Dyani adalah dunia anak adalah dunia permainan loh bun, buat mereka semua yang mereka kerjakan adalah bermain, oleh karena itu kita harus bisa memilih mainan yang tepat, mainan yang bisa menstimulasi perkembangan mereka. Buat bunda yang mau tau jenis mainan yang cocok untuk sang buah hati, bisa baca artikel aku "Memaksimalkan Fisik, Kognitif dan Sosial Emosional melalui Play IQ" disana ada tabel Play IQ: Tahapan Penting Perkembangan Anak, silahkan disesuaikan dengan umur bayinya ya bun.

Pas banget, baby Narend langsung di panggil oleh suster, mudah-mudahan gak kenapa-kenapa nih. Waktu masuk langsung ditanya oleh dokter Tissa "Ada apa nih babynya, kan belum jadwal Imunisasi?", saya langsung bilang "Ini dok, baby Narendnya panas", kata dokter Tissa "Sus, tolong dibawa ke tempat tidur". Setelah di cek, ternyata baby Narend memang panas sampai 39 derajat, langsung aja suster memberi Tempra secara oral (tetes) ke mulut baby Narend.

Baby Narend lagi diperiksa dr. Tissa - Doc: Pribadi

Kata dokter Tissa "Panasnya hanya sementara aja kok, setelah diberi Tempra nanti akan turun, namun nanti bayinya harus diberi Tempra lagi kalau suhunya panas kembali", setelah menebus obat dari rumah sakit, langsung deh kami putuskan untuk menuju ke RS Antam Medika kembali, tentunya saya sudah berdiskusi dengan dokter loh bun, boleh atau tidak membawa baby Narend dengan kondisinya saat ini. Tepat jam 10 suami memacu mobil dengan semangat 45, alasannya simple, biasanya setelah jam 10-11 jalanan akan super macet, makanya sebelum macet buru-buru deh otw kesana.

Nah selagi diperjalanan, lanjut deh saya memantau Twitter kembali, jangan lupa, hashtagnya tetep sama #BoromonTalkShow

Kembali ke livetweet, setelah selesai pemaparan dari dr. Dyani, dilanjutkan oleh Mba Betania Gian R, selaku Digital Marketing Specialist dari Monde, beliau menjelaskan tentang produk andalan Monde, yaitu Boromon.

Mba Betania menjelasakan mengenai kelebihan dari Boromon - Doc: @SumartiSaelan

Monde Boromon atau terkadang orang membaca kata "Mon" duluan, jadinya disebut Monboro bukanlah salah satu monster dari kartun jepang Digimon atau bahkan Pokemon, Boromon, adalah snack ringan untuk baby berumur 1 tahun ke atas yang biasanya diberikan sebagai selingan dikala si kecil bermain.

Yang membedakan Boromon dengan produk sejenis, adalah bentuknya seperti bola kecil yang mudah di genggam dan dimasukkan ke dalam mulut. Teksturnya yang lembut membuat snack ini enak, gurih dan bergizi karena diperkaya oleh Vitamin A & D, Protein, Kalsium, Zat Besi dan Zinc.

Kalau bunda membeli 1 kotak Monde Boromon ukuran 120gr, isinya ada 6 paket plastik kecil yang masing-masing beratnya 20gr.

Boromon Cokkies - Doc: @MondeBoromon

Selesai penjelasan mba Betania, lanjut deh pemaparan dari dr. Tetty Ernawati SpGK yang akan memaparkan tentang "Kebutuhan nutrisi untuk kecerdasan si buah hati". Sudah siap bunda? :)

dr Tetty Ernawti SpGK - Doc: @wina_ronan

Menurut dr. Tetty, makanan bayi yang paling tepat adalah makanan yang tidak menggunakan perasa/penyedap dan sebisa mungkin tidak mengandung gluten. Saya yakin kok beberapa bunda akan bertanya "Kapan atau sampai kapan sih kita harus memperhatikan nutrisi untuk anak kita?", menurut beliau anak kita harus diberi nutrisi sejak 1000 hari pertama alias 3 tahun pertama (Golden Years). Nah kalau bunda bertanya kembali "Terus anak kita harus diberi nutrisi apa supaya nutrisinya tercukupi sejak lahir?" simple kok bun, dr Tetty bilang bahwa ASI adalah makanan/minuman yang paling tepat untuk memenuhi nutrisi untuk bayi, karena mengandung 19 zat penting yang dibutuhkan oleh bayi seperti Taurin, Tyrosine & Tryptophan, Kolin, Omega 3 & 6, Asam Amino, dll.

Tak terasa sampai juga ke RS Medika, alhamdulillah perjalanan tidak terlalu macet walaupun saya lewat Casablanca - Rawamangun, waktu sampai disana wah pas sekali penjelasan dari dr Tetty selesai :( tapi tidak apa-apa, saya masih bisa mendapatkan materi presentasi dari panitia.

Ada lomba gak di acara ini ?

Oya, di acara ini ada lomba best dress juga loh, karena panitia mewajibkan para peserta yang datang menggunakan pakaian "touch of blue", penasaran siapa yang menang? :)

Para pemenang best dress "touch of blue" - Doc: @ke2nai

Selain best dress, ada juga lomba Live Tweet, nah ini nih yang menang. Conrats untuk para pemenang best dress dan live tweet :)

Pemenang live tweet - Doc: @MondeBoromon
Goodie Bags Event Monde Boromon

Pembelian 2 box Monde Boromon mendapatkan hadiah langsung wadah imut seperti ini
Gimana bunda, setelah membaca penjelasan dari aku diatas, mudah-mudahan bunda mulai mengerti bagaimana memilih mainan yang tepat serta bisa memberikan nutrisi yang tepat untuk buah hati secara tepat, kalau bahasa saya SMART PLAY :)

Monde Boromon itu seperti apa sih?

Wah dari tadi mba Betania dari Monde Boromon sudah menjelaskan mengenai produk ini, yuk kita kenal produk ini lebih jauh sekaligus kita bahas kelebihan dan kekurangannya :)


Bisa dilihat dalam 1 kemasan Monde Boromon, terdapat 6 plastik kecil-kecil, enak nih jadi sudah di porsi-porsikan dan bisa dibawa kemana-mana.


Setiap 1 plastik Boromon di desain untuk mudah untuk di buka menggunakan tangan, tanpa bantuan alat potong seperti gunting.

Gimana rasanya baby Narend mencoba Boromon?

Oya saat pulang, saya tak lupa membeli Monde Boromon untuk dicoba oleh baby Narend, video dibawah adalah ekspresi dan keceriaan baby Narend saat mencoba Monde Boromon. Bikin ketagihan nih.

Dibawah ini video saat baby Narend mencoba Monde Boromon secara utuh


Dibawah ini video saat baby Narend mencoba Monde Boromon yang sudah di haluskan


Sekarang Baby Narend malah ketagihan makan Monde Boromon ini. Waduh, saya jadi kewalahan deh. Jadi di rumah kudu ada stock biskuit ini. Rasanya memang enak kok. Saya juga sudah coba. Pantas aja ya Baby Narend suka banget :)




Monde Boromon bisa di dapatkan dimana saja?

Mungkin bagi sebagian bunda belum pernah mendengar nama Boromon, namun bagi bunda-bunda yang mau mencoba snack ini, Monde Boromon sudah bisa bunda dapatkan dibeberapa supermarket seperti Farmers Market, Giant dan Carrefour. Untuk harganya bervariasi, mulai dari 10rb sampai 11 rb.

Saya dan Baby Narend waktu belanja Monde Boromon di Farmers Market

Monde Boromon di Farmers Market -Doc: Pribadi

Mau dapet Monde Boromon gratis?

Siapkan Twitter milik bunda, lalu share alasan via Twitter dengan hashtag #BoromonFree, terus tulis alasannya, kenapa bunda berhak mendapatkan produk Monde Boromon ini secara gratis.

Cara dapetin Boromon gratis - Doc: Pribadi

Mau tahu lebih banyak tentang Monde Boromon

Nah bagi bunda-bunda yang mau mengetahui lebih lanjut tentang Monde Boromon, monggo di follow Twiternya, di like Fanspagenya :)

- Twitter : @mondeboromon
- Facebook : Monde-Boromon
- Website : www.mondebiscuit.com
- Customer Service : 021-3806-966

Last but not last, SMART PLAY adalah sebuah cara dimana kita sebagai orang tua bisa menstimulasi anak dengan beberapa permainan yang sesuai dengan umurnya.

No comments