Perlengkapan Bayi Wajib Bawa Saat Berpergian (Singkat)

Jalan-jalan bertiga waktu Narend umur 7 bulan
Dulu waktu awal-awal punya Narend, apalagi waktu Narend usianya masih sebulan - 2 bulan, barang-barang Narend semua mendadak jadi 'wajib' dibawa kabeeh :)) Ya alas popok, ya popok, tissue basah, handuk, dan sebagainya. Kalau sekarang usia Narend sudah hampir setahun, tepatnya menjelang 10 bulan, cuma barang-barang tertentu aja yang masuk ke tas saya. Eh iya, sekarang mah tas saya udah berubah, bukan lagi tas jinjing macam cewe metropolis gituh. Tas yang lebih mengutamakan bisa mobile dan fungsional mah kalau sekarang.

Saya itu orangnya simple. Gak mau ribet-ribet. Kalau sekiranya perginya hanya sebentar, pastinya saya gak bawa macam-macam. Bahkan saya pernah berpergian ke mall dekat rumah, gak bawa perlengkapan Narend sama sekali. Akhirnya, saya pulang lagi dong, cuma buat bawa baju ganti. Hahaa.. kacau :)) Kalau gak salah waktu itu rencananya cuma mau belanja harian aja yang kurang-kurang. Ealaah gak taunya Narend pup sampai ke baju-baju segala :)) 
Dengan tas ini segala barang Narend bisa saya bawa :)
Belajar dari pengalaman, kalau sekarang mau sebentar ataupun lama keluar rumah, jadi keharusan bawa keperluan Narend. Nah, tapi gak usah semua-semuanya dibawa. Cuma beberapa aja kok. Ini listing barang bayi yang menurut saya wajib dibawa :

1. Tissue basah
ini mah kudu wajib dibawa. Saya pernah tuh ketinggalan tissue basah ini. Bahkan tissue cadangan yang biasa saya bawa di tas, eh malah gak kebawa, karena ganti tas :( Terpaksa saya cari akal, pakai tissue kering yang ada di mother's room, lalu saya basahi. Atau bisa juga tissue pengesat yang ada di toilet, lalu saya basahi. Tapi kalau gak ada tissue juga di keduanya, ya kepepetnya ya terpaksa beli di supermarket terdekat yang ukuran terkecil;

2. Popok Sekali Pakai
Kalau sekiranya saya hanya pergi dalam jangka waktu maksimal 6 jam, saya hanya membawa 1 buah pospak saja. Tapi kalau diatas 6 jam, biasanya saya menyediakan 2 buah pospak di tas saya.

3. Pakaian ganti (lengkap)
Untuk yang ini juga judu dibawa. Karena Narend termasuk bayi yang aktif bergerak. Jadi pasti selalu keringetan dan basah karena bekas makan atau minum. Gak usah banyak-banyak. Kalau maksimal 6 jam, saya hanya membawa 1 pasang baju saja. 

4. Alas ompol
Ini juga perlu dibawa. Biasanya di tempat umum, tempat ganti popoknya suka tidak memadai dan bahkan suka tidak layak. Nah disinilah pentingnya alas ompol ini. Sebagai alas dia ganti popok atau ganti baju. Terkadang baby taffel di tempat umum juga suka jorok. Saya suka mengalasinya dengan alas ompol ini. Cukup yang berbahan kain saja agar tidak memenuhi isi tas. 

5. Makanan MPASI
Jika berpergian 1-6 jam, saya pasti membawa makanan dan minuman Narend.

6. Tissue Kering
Biasanya benda ini sudah otomatis ada di tas saya, with or wiithout Narend saya berpergiannya. Maklum, tas wanita kan pasti akan selalu tersedia barang ini :)

7. Kantong Plastik
Nah, ini benda yang sering terlupakan. Saya sekarang menyelipkan kantong plastik di tas guna untuk membungkus popok Narend yang bekas dipakai, lalu untuk membungkus pakaian kotor Narend. Kan gak mungkin kan, kita membuang popok bayi sementara yang masih ada kotorannya :))

8. Mainan
Dulu sih saya jarang membawa mainan. Tapi karena sekarang Narend gampang bosen, saya pasti kemana-mana bawa mainan. Cukup beberapa mainan andalannya plus teether saja. Minimal untuk mengalihkan perhatiannya dari kebosanan.

9. Kipas
Biasanya kipas sudah stand by di tas saya.   

Nah, itulah ke-9 items barang bayi wajib bawa ala saya. Itu menurut saya. Kalau menurut kamu? :)


No comments