Solusi Mengatasi Anak Susah Tidur bersama Soothe & Glow Seahorse Fisher Price


Setiap ibu yang baru mempunyai seorang anak, pasti pernah mengalami yang namanya capek, jam tidur berkurang, baby blues, dan yang pasti rutinitas kita menjadi berubah. Bener gak? :)

Udah pada tahu arti Baby Blues Syndrom belum? Oke, saya bahas sedikit ya. Baby Blues Syndrome atau bisa disebut juga Postpartum Distress Syndrom, yaitu perasaan sedih dan gundah yang dialami oleh sekitar 50-80% wanita setelah melahirkan bayinya. Dulu sih waktu saya hamil, saya sempat membekali pengetahuan tentang Baby Blues ini. Ya persiapan aja gitu, supaya nanti saat si Narend lahir, saya udah gak ngalemin yang namanya Baby Blues ini. 

Iya sih, betul. Dengan segala pengetahuan dan pemahaman diri, tentang kondisi dan perubahan dalam diri saya, saya cuma ngalemin Baby Blues selama 2 minggu. Nah sisanya ini yang berbulan-bulan (waktu itu sampai Narend usia 3 bulan), saya uring-uringan terus sama suami, karena jam tidur saya berubah total. Bukan hanya jam tidur, tapi juga jam-jam rutinitas saya semua berubah total!

Itu karena apa? Karena saya harus mengikuti jam tidurnya Narend. Dulu saya nggak pernah punya masalah dengan menidurkan Narend. Selesai nenenin, popoknya udah diganti, langsung ia tertidur lelap. Selesai. Kondisi ini berlangsung sampai 6 bulan. Belum masuk MPASI.

Saya selalu ketiduran saat menyusui :)
Sekarang Narend sudah berusia 9 bulan. Udah masuk fase belajar makan. Otomatis jam tidur dan makannya juga berubah. Siklus jam tidurnya sih masih belum terbilang normal. Paling lama dia tidur (saat malam hari) sekitar 5-6 jam. Pagi-pagi sekitar pukul 3-4 pagi, pasti ia terbangun. Entah karena popoknya basah, atau karena minta nyusu, dan sebagainya. Udah gak pakai teori dulu nih, yang setelah disusui pasti ia terlelap. Gak tuh :) Kalau sekarang, saya selalu bermasalah dengan jam tidurnya. 

Saat siang hari, Narend juga tidur siang, yaitu sekitar pukul 12-2 siang. Sorenya ia kembali tidur setelah makan, yaitu pukul 3-4.30 sore. Setelah ia bangun baru saya mandikan. Malam hari, jam tidur Narend yaitu pukul 9-10 malam. Malahan terkadang bisa sampai pukul 11 malam. Saya pernah tuh begadang demi nungguin jam tidur Narend :D

Narend sudah susah tidur. Sekarang saya harus lebih banyak menemaninya bermain. Ya, Narend sekarang maunya main terus. Saya dan neneknya kadang suka kewalahan :) 
Terkadang, untuk mempercepat proses tidurnya, saya suka kasih Narend empeng. Saya tau, penggunaan empeng itu memang tidak boleh. Saya pernah berkonsultasi dengan dokter, apa yang menjadi alasan utama hal tersebut tidak diperbolehkan? Jawabannya karena penggunaan empeng bisa merubah struktur pertumbuhan gigi. Tapi, kalau saya gak kasih empeng, si Narend gak bisa tidur. Maunya marah-marah terus. Padahal sejak kecil gak dibiasakan empeng. Ini gara-gara saya pernah menaruh empeng di dekat bantalnya. Neneknya suka memberikan empeng itu sebagai teman tidurnya. Akibatnya sampai 9 bulan inilah si Narend kalau tidur maunya sama empeng terus :(

Narend usia 3 bulan
Saat siang hari, maunya sih si Narend gak tidur siang terlalu lama. Maunya sih dia aktif di siang hari, dan malam hari pukul 8 malam udah tidur. Karena bisa mengakibatkan saya begadang dan Narend juga tidur terlalu malam. Tapi susah juga untuk mencegahnya. Selesai makan siang, dan dia merasa kenyang, pasti deh dia merasa ngantuk. Ya mau gak mau saya ikut menidurkannya. Makanya sedapat mungkin saya selalu membuatnya capek dan lelah di siang hari. Supaya malamnya bisa tidur cepat.

Beruntung saat bulan November lalu saya datang ke undangan acara mommy bloggers oleh Fisher-price untuk peluncuran produk terbaru dari Fisher-Price untuk menidurkan anak. Antusias banget deh saya saat ingin konfirmasi hadir ke acara ini. Karena nara sumber yang hadir siang itu salah satunya ada mba Vera Iritabiliana, Psi, yaitu seorang Psikolog Anak. Saya ingin berkonsultasi juga dengannya perihal tidur siang bayi.



Nara sumber lainnya yang hadir saat itu adalah Tan Su Mei, seorang Senior Brand Manager Infant & Pre-school Southeast Asia. Lalu tidak ketinggalan juga si cantik Cathy Sharon, Brand Ambassador Fisher-Price.

Apa Pentingnya Tidur untuk Anak?



Cukup tidur itu penting untuk anak. Apalagi untuk yang balita. Menurut survey, Ibu-ibu di Indonesia telah menyadari pentingnya tidur sepenting bermain untuk anak untuk pertumbuhan kognitif dan fisiknya.


Menurut mba Vera, ada beberapa hal yang penting diperhatikan untuk anak :

1. Nutrisi yang cukup
2. Waktu bermain yang cukup
3. Stimulasi yang tepat
4. Tidur

Nah, tidur menjadi point yang terpenting dalam perkembangan anak. Supaya tumbuh kembangnya maksimal.

Manfaat besar tidur untuk anak :

Selain guna tidur untuk istirahat, point kedua yaitu otak si anak akan berkembang dengan pesat. Pernah lihat gak kalau saat bayi tidur, matanya suka gerak-gerak? Narend sih setiap tidur pasti begitu. Ditambah lagi senyum-senyum sendiri :) Nah, untuk yang seperti itu adalah tipe REM Sleep (Rapid Eye Movement). Artinya adalah tidur yang aktif. Seperti halnya dia lagi mimpi. Nah, pada saat itulah otak sedang menstimulasi dirinya sendiri. Itulah yang membuat arti pentingnya tidur.

Anak-anak itu harus mendapat jam tidur yang cukup. Saat bayi berusia 0 - 15 bulan, jam tidurnya berkisar 15-18 jam per hari. Saat ini sih Narend dalam 1 hari belum mencapai 15 jam per hari. Masih di skala 12-14 jam per hari. Banyak juga ternyata ya :)


Dengan cukup tidur, si anak akan menjadi seru ketika kita ajak beraktifitas, gak cranky, rewel, ataupun menangis terus-terusan, dan sebagainya. Dan ini akan berpengaruh dengan aktifitas belajarnya dia nantinya. Dengan cukup tidur, dia lebih fresh dan lebih siap menerima apapun yang kita berikan.

Cathy Sharon seorang selebritis dan Brand Ambassador Fisher-Price adalah contoh nyata seorang ibu pejuang yang berusaha membuat anak-anak menikmati tidur yang berkualitas. Jacob, anak sulungnya juga ternyata masih sulit tidur sampai sekarang khususnya saat dia merasa kurang nyaman. Ternyata sama juga ya sama Narend :)

Sharing dari Cathy Sharon tentang si kecil, Jacob
Tips Menidurkan si Kecil

Mba Vera membagikan beberapa tips cara menidurkan si kecil untuk 18 jam per hari. Wah kebetulan banget bisa kupraktekkan di rumah nih :)



1. Ciptakan kondisi tenang dan santai

Si Ibu saat menidurkan anak harus dalam keadaan tidak boleh cemas, stress, khawatir dan sebagainya. Misalnya nih, kita masih kepikiran cucian numpuk, dapur masih berantakan, dsb *Hahaa... saya banget ini*. Karena jika pikiran si ibu masih melayang jauh entah kemana atau stress, berpengaruh juga terhadap kondisi fisik si anaknya. Kondisi seperti ini menular kepada anaknya. Akibatnya dia tidak bisa tidur dengan tenang.

2. Atur waktu tidur

Atur waktu tidur secara rutin. Jadi anak belajar disiplin terhadap jam tidurnya. Tapi jangan dijadikan stress ya, karena anak dalam perkembangannya masih suka berubah-ubah jam tidurnya. Kadang-kadang beberapa bulan jam tidurnya sesuai, jam 8 malam. Tapi bulan-bulan berikutnya berubah lagi jadi jam 11 malam. Waah Narend bangeet tuh :) Gak masalah dengan kondisi anak yang berbeda-beda. Intinya sih si anak punya jam tidur yang rutin.

3. Ciptakan kondisi yang menyenangkan.

Saat jam tidur datang, mulailah ajak masuk ke kamar, lampu kamar diredupkan, TV dimatikan, tirai ditutup (bila siang hari), suhu kamar diatur sehingga nyaman, pasang musik lembut.

4. Berikan si kecil sesuatu untuk dipeluk.

Nah, ini biasanya saya berikan Narend guling untuk dia peluk saat menjelang tidurnya. Tapi ya kadang-kadang suka gak berhasil juga sih. Karena Narend terbiasa dengan empeng. Yeaah balik lagi ke empeng :))



Pengalaman Bunda yang lain

Bunda pasto penasaran bagaimana bunda lain menidurkan si kecil kan? Nih video bunda lain beserta tips-tipsnya :)


Post by Fisher-Price.

Ternyata sekarang udah ada dewa penolong untukku. Kegalauan sebagai seorang ibu baru terjawab :) Fisher-price mengeluarkan produk terbarunya sebagai sleep campaign untuk menidurkan bayi. Yaitu Soothe and Glow Seahorse.

Soothe & Glow Seahorse
Soothe & Glow tersedia dalam 2 warna, yaitu biru muda dan pink. Jadi pas banget nih sesuai gender. Nah, kebetulan saya mendapat Seahorse yang berwarna biru. Yaa karena Narend cowo. Saat saya pulang langsung aja diberikan ke Narend untuk pengantarnya tidur. Waah dia seneng banget!

Hari pertama
Hari Kedua
Narend seneng banget dengan mainan Soothe & Glow Seahorse ini. Karena boneka ini terbuat dari bahan yang sangat lembut. Tidak berat, sangat enteng, senandung suara lautnya juga pas sebagai lullaby. Soft banget :)

Yaaa thanks God for Fisher-Price, setidaknya saya bisa perlahan melepaskan empeng dari keseharian Narend :)


Post by Fisher-Price.


Ohya, Fisher-Price juga mengadakan kontes #BayikuBobo nih. Tapi sebelumnya jangan lupa untuk like dan follow akun social media Facebook, Twitter, Instagram mereka dulu ya.


Saya share sedikit untuk rules lombanya ya :

1.  Mengunjungi website BayikuBobo. Situs ini bisa diakses melalui PC ataupun mobile phone.
2. Upload foto atau video yang menggambarkan pengalaman unik ketika para mommies berusaha menidurkan si kecil beserta penjelasan singkat tentang foto atau video tersebut.
3.  Share foto atau video yang diupload tadi di facebook dan twitter.
4.  Mommies juga dapat vote untuk foto atau video dari pengguna lain.
5. Setiap 3 orang teman yang berhasil diajak di facebook, jumlah vote yang mommies miliki akan digandakan.
6.  Pemenang ditentukan berdasarkan jumlah vote terbanyak.
7.  Jangan lupa hashtag nya #bayikubobo #seahorse #fisherprice.



Mekanisme lengkap dan hadiahnya bisa dilihat langsung di laman Facebook Fisher-Price ya. Dijamin ngiler deh. Yuk ikutan. Kontes ini berlangsung selama periode 27 November 2014 - 17 Januari 2015 ya. Yuk ikutan!








  

7 comments

  1. Wah, aku juga sering ikut ketiduran sampe berjam2 saat ngelonin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja kayaknya ya semua problem emak2. Kalo nidurin anak pasti ikutan tertidur (sampai pulaazz) :))

      Delete
  2. wah sekarang ada alat buat bantu nidurin anak dengan cepat ya mbak, senangnya :) Narend tidurnya pulas sekali ya mamanya juga ikut pulas hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin judulnya lebih tepat solusi ibu untuk tidur cepat kali ya. Hahaa..soalnya aku slalu ketiduran lebih lama ketimbang Narend :))

      Delete
  3. Toossssh... sama-sama sering ketiduran pas nyusui. Nice post, tengkiyu share nya Mbak :)

    ReplyDelete
  4. Waaahh asyiknyaaa punya temen tidur

    ReplyDelete
  5. mau sharing aja, saya sempet baca di udoctor.co.id tentang tips bagi ibu untuk mengatasi depresi pasca melahirkan (baby blues). bisa dibaca di http://udoctor.co.id/kesehatan-ibu-dan-anak/hindari-depresi-pasca-melahirkan-read-322.html

    ReplyDelete