Identifikasi Potensi dan Bakat Anak Melalui Play IQ

Fisher-Price Play IQ "Lebih Dari Main" - Doc: fisher-price.com

Pada artikel saya sebelumnya Mari Maksimalkan Tumbuh Kembang Anak bersama Fisher-Price Play IQ, disebutkan bahwa saya datang ke acara workshop yang diadakan oleh Fisher-Price. Di acara tersebut disebut-sebut Play IQ. Kalau melihat logo diatas, "Play IQ" apa yang ada dipikiran mommies? Kalau mommies, saya yakin lebih dari 90% mommies akan bilang "belajar sambil bermain", betul banget, Play IQ ini adalah metode pembelajaran yang diperkenalkan oleh Fisher-Price dimana bayi mulai belajar tentang dunia yang baru, dimana semua itu bisa didapatkan melalui permainan :) karena itu Fisher-Price menyebutnya "Play IQ, lebih dari main" :)

Jujur saja, sampai saya menghadiri workshop kemarin, saya tidak pernah berfikir bahwa saat bayi bermain, dia sekaligus juga belajar, soalnya yah baby Narend kalau bermain dengan mainannya selalu tertawa dan senang, terkadang terlihat mimik wajahnya yang serius dan penasaran akan mainan yang diberikan, eh jika dipikir-pikir, rasa penasaran itulah saat baby Narend mulai belajar, memahami apa yang diberikan dan apa fungsi dari mainan itu. Kalau mommies perhatikan, para baby tidak mengenal mainan loh, tapi semua barang yang diberikan, yah dibuat mainan :) "Masak sih semua jadi mainan?", Gak percaya? ok silahkan bagi mommies yang masih memiliki baby, berikan apa saja yang menurut mommies bukan mainan, coba berikan botol air mineral, baju, sapu tangan atau bahkan smartphone, pasti sang baby akan mendekati dan meraih benda itu, lalu dimasukkan kedalam mulut :)



Ms. Meiyin Leong memulai presentasi - Doc : Pribadi
Nah dari workshop kemarin, Ms. Meiyin Leong (Head of Marketing Mattel Asia Tenggara) menjelaskan bahwa selama perkembangannya, baby memiliki 3 pilar utama perkembangan, yaitu Fisik (F), Kognitif (K), Sosial dan Emosional (S). Kita bahas satu persatu yuk mommies.


Kalau mendengar kata fisik, apakah berarti anak kita melakukan hal yang berhubungan fisik, seperti angkat barbel, push up, sit up? Yah enggak dong, anak kita belum bisa dan gak mungkin bisa melakukan hal itu, berat kaleeee. Maksudnya Fisik disini adalah mainan yang dapat menstimulasi anak untuk meraih, menggenggam, bangun, merangkak dan berjalan, pokoknya semua kegiatan yang memungkinkan baby untuk bergerak.


Kalau Fisik, mommies tahu itu apa, nah kalau Kognitif apa hayoo :) coba deh cari di kamus, kognitif adalah semua tentang perilaku manusia. Jadi diharapkan mainan yang dimainkan oleh anak bisa membangkitkan sisi kognitifnya seperti rasa ingin tahu, penasaran sehingga akhirnya mengasah seluruh panca indera dari anak kita dan pastinya menimbulkan sisi kreatif, daya nalar serta IQ anak :)


Nah kalau anak mommies sudah bermain dengan membangkitkan Fisik dan Kognitif apa mommies merasa itu sudah cukup, pasti jawabannya "Tidak", kenapa? Karena pastinya anak kita butuh komunikasi dan berinteraksi dengan anak-anak lain. Jadi coba cari mainan yang bisa merangsang sisi Sosial dan Emosionalnya, dimana mainan itu bisa membantu anak untuk bisa sharing mainannya dengan anak lain, memimpin serta pastinya bermain dengan anak lain juga :)

Nah mungkin mommies bingung, mainan yang seperti apa sih yang cocok buat anak kita, coba lihat tabel dibawah, mommies bisa melihat ragam mainan yang sudah disediakan oleh Fisher Price, untuk warna biru untuk merangsang Fisik, warna hijau untuk merangsang Kognitif dan warna orange untuk merangsang Sosial & Emosional.

Tabel Play IQ dari Fisher Price - Doc: fisher-price.com
Mudah-mudahan mommies mengerti dan paham pentingnya kita memaksimalkan Fisik, Kognitif serta Sosial & Emosional untuk baby kita, kalau mau tahu dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut bisa melihat informasinya di link berikut.

Website -> http://playiq.fisher-price.com/playiq/
Facebook Fanspage -> https://www.facebook.com/FisherPriceID
Twitter -> https://twitter.com/FisherPrice_ID
Instagram -> http://instagram.com/FisherPrice_ID


3 comments

  1. Wah waktu di buka, baby Narend langsung deketin mainan ini :) trus bagian atasnya di pukul2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong. Narend kan termasuk tipe the small world explorer aka ingin serba tauu ^_^

      Delete
  2. Tiap anak emang unik ya. Anakku tiga-tiganya punya tipe yang berbeda :D

    ReplyDelete