Beauty and Fashion Workshop with Ayahbunda and Wella Part I

Setiap perempuan, pasti ingin tampil kece. Setiap perempuan pasti ingin tampil cantik. Betul kan? Kebetulan minggu lalu saya berkesempatan untuk hadir di acara yang asik dan menarik, yaitu Beauty and Fashion Workshop. 2 materi yang sesuai dengan passion saya, yang tidak mungkin saya lewatkan begitu saja. Apalagi materi ini berhubungan dengan kondisi saya yang habis melahirkan, yaitu disini akan dipaparkan bagaimana tampil cantik setelah melahirkan? Mengambil lokasi di Gedung Femina Kuningan, nampaknya bukan hal yang sulit menemukan lokasinya, secara setiap hari akses saya dan suami beraktivitas adalah melewati daerah setiabudi building dan kuningan ini :) Ini pertama kalinya saya menginjakkan kaki ke gedung femina ini. Sebelumnya, seumur hidup saya, cuma bisa berangan-angan, kapan ya saya bisa masuk ke gedung itu? Yeaah, nothing's special siik sama gedung femina ini. Gedung majalah biasa. Cuma kan saya adalah pembaca setia majalah femina. Sekarang ayahbunda's readers nih *maklum emak-emak* butuh asupan nutrisi tentang anak dan parenting. Jadinya ya agak-agak curious sama yang namanya majalah dan penerbit. Hihii.. dan pada hari ini akhirnya kesampaian juga.

Mau tau gak, kenapa saya excited sama acara workshop ini? Karena saya ingin tau, dan saya ingin belajar, bagaimana sih make up daily yang benar dan enak dipandang mata? Menurut make up artist ya. Selama ini saya bisa make up karena learning by doing, ditambah belajar via youtube, akhirnya jadi terbiasa. Apalagi nara sumber workshop kali ini adalah Make Up Artist by Mas Pipin, Hair Stylish by Michael Helmy dan Fashion Designer muda by Gloria Agatha.

Nah, makin penasaran gak sama cerita saya? Yuks, disimak.



Hari ini akan ada workshop make up. Sebelumnya saya tidak diberi tahu bahwa sebaiknya tidak usah menggunakan make up lengkap dari rumah. Nah, saya pagi-pagi udah kece badai aja ini, lengkap bener ber-make up ria. Tapi pas sampai di lokasi, disediakan alat perang aka make up tools, oh my God! Ngapain jugaaa tadi gue make up lengkap? Yang ujung-ujungnya bakalan dihapus lagi. Hikss...Tapi yah sudahlah :)
Eh iya, saya bermake up lengkap begini tau gak berapa menit? Mulai dari bedak sampai eyeliner dan lipstick? Semua dalam waktu 20 menit boo! Iyaa. Saya mengerjakannya diburu-buru waktu. Ada bayi di rumah gak mungkin saya bisa nyaman bermake up ria di rumah. Si Narend udah gak bisa diem. Peralatan make up saya sekarang selalu disita. Apa aja udah masuk mulut :) Daan beginilah hasilnya. Gak jelek-jelek amat kan? Yaah paling tidak lipstick masih tertata dengan benar kaan sesuai posisinya :D

Udah full make up dari rumah, sayang kalo gak diabadikan 'before' nya :D
Ohya, di meja workshop para peserta, disediakan make up tools nya. Mulai dari kaca, tissue, pembersih wajah, alat make up, eye shadow, dan sebagainya.


Ini adalah peralatan perang yang akan dipinjamkan dari wella. Ada catokan rambut, ada hair dryer, hair spray, dan sebagainya.


Ini make up tools yang bisa dibawa pulang, yeayy ^_^
Seluruh make up tools ini persembahan dari Silky Girl. Yang dibawa pulang ini, tools yang wajib kita miliki dan bawa untuk make up sehari-hari. Ini terdiri dari :

1. Bedak compact powder warna medium 03 (semua beautycian yang hadir disini mendapatkan warna yang sama. Katanya warna ini adalah warna kulit orang Asian)
2. Double intense eye liner gel
3. Mascara waterproof
4. Kuas lipstick
5. Kuas eye shadow
6. Pensil alis
7. Kuas untuk bedak dan blush on




Ini hadiah untuk beberapa lomba :)


Di sebelah meja workshop, di sayap kiri para pakar make up artist dan hair do stylish sedang merias para model yang akan menjadi peraga siang ini. Waa seru banget itu rambutnya lagi diapa-apain.




Ini eyeshadow dan blush on yang akan digunakan pada workshop kali ini


Sebelum acara dimulai, acara dibuka oleh CCO dari majalah ayahbunda yaitu mba Tenik Hartono. Pada dasarnya wanita itu selalu ingin tampil cantik. Di jaman modern seperti ini, wanita lebih bisa menempatkan dirinya terhadap sosialnya. Contohnya seperti pagi itu, contoh kecil ya, disuruh pake dress code di acara itu yaitu a touch of red, hayuu aja. Mau biru? Hayuu aja. Dqan semuanya mau tampil cantik dalam balutan busana berwarna merah. Itu artinya, wanita tahu diri, bahwa dia bisa menghargai dirinya sendiri dan keberadaan oranglain dengan tampil cantik. Kalau kita sebagai orangtua tampil cantik, nantinya anak kita juga akan belajar dari  kita.

Sebagai wanita, merawat diri dan mempercantik diri adalah sebuah keharusan. Ini tidak hanya berlaku untuk anak perempuan. Anak mba Tenik adalah laki-laki. Ketika melihat ibunya tampil rapi, wangi, merawat diri, merawat badan, ke salon, dia tahu bahwa perawatan tubuh itu membuat kita bersih, sehat dan dipandang orang juga lebih menyenangkan.

Di acara workshop ini, kita bisa belajar menjadi wanita, ibu yang mempesona dan bisa menjadi role model untuk anak-anak kita. Percaya deh, kita akan merasakannya karena saya tlah membuktikannya.


Selesai kata sambutan dai mba Tenik Hartono, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Wella. Sedikit preview tentang produk Wella, yaitu Wella adalah brand kecantikan yang berpusat pada hair do, atau rambutyang telah berkomitmen penuh menjaga kecantikan para wanita seluruh dunia sejak 133 tahun lalu.Wah, pantes aja waktu saya masih kecil, saya ingat betul, mama saya selalu menyarankan untuk selalu menggunakan produk wella. Mulai dari creambath, hair care, dan sebagainya.
Wella bisa ditemukan di semua negara. Wella selalu mengutamakan inovasi yang selalu dibutuhkan oleh para wanita.
Ohya, workshop kali ini bertemakan merias rambut dan wajah untuk make up daily yah friends. Jadinya yang gak perlu waktu lama buat touch up. Karena kita sebagai ibu rumah tangga pastinya udah cukup repot dengan urusan dapur di pagi hari :) Iiih seruuu deh dengernya, saya jadi excited banget mengikuti acara ini :)


Setelah itu acara dilanjutkan perkenalan Mas Pipin. Beliau adalah Make Up Artist majalah Femina.


Ini adalah model peraganya. Model peraga ini namanya Karlina. Dia seorang ibu menyusui juga lho. Karlina adalah pemenang kontest instagram ibu hamil cantik di kalan menyusui versi Ayahbunda. Ahh kerenlah pokoknya. Jadi, sebelum acara dimulai, Karlina ini menyusui anak bungsunya dulu di ruang ganti. Jadi aktivitas jalan, menyusui juga jalan ya :) Nah, yang bikin saya iri, menyusui tapi badan masih segitu-gitu ajaaa :)) anaknya 2 lagi! *catet nih!* rahasianya apa sih :D


Okee. Acara workshop dimulai. Mas Pipin mulai memberikan step by step bagaimana cara merias wajah make up daily.

1. Kenali tekstur kulit wajah kita terlebih dahulu. Apakah berminyak, normal ataupun keduanya. Supaya jenis make up yang kita pakai bisa sesuai.

2. Sebelum memakai make up, kondisi wajah harus selalu dalam keadaan bersih. Karena habis beraktivitas atau setelah bangun tidur biasanya wajah kita ada sedikit minyaknya. Nah, waktu kita mengaplikasikan foundation akan menggumpal. Karena itu tadi, wajah kita belum bersih seutuhnya. Jadi, wajah kita dibersihkan terlebih dahulu. Bisa menggunakan sabun muka, atau pembersih wajah.
Ohya, wajah yang paling baik adalah kulit wajah setelah mandi. Karena masih fresh dan lembab. Jadi make up lebih mudah menyatu dengan kulit kita.
Make up yang baik adalah make up yang menyatu dengan kulit. Berhasil atau tidaknya make up, tergantung kita merawat kulit wajah saat malam hari. Sebelum tidur, wajah kudu dibersihkan. Setelah itu jangan lupa memakaikan pelembab wajah untuk malam hari. Penting nih, supaya wajah kita terlihat lembab saat kita bangun pada pagi hari.

3. Rapikan alis terlebih dahulu. Jika ada rambut-rambut halus dibawah alis mata, bersihkan dengan mencukur alis menggunakan pisau alis khusus. Caranya adalah, rapikan dari dalam alis menuju keluar.

4. Baru bisa memulai make up

Pakai bandana dulu sebelum wajah dibersihkan
Tahap ber-make up :

1. Bersihkan wajah dengan pembersih wajah sesuai jenis kulit.
2. Bentuk alis dengan rapih.
3. Memakai foundation

Ambil sebagian, sedikit saja secukup saja, lalu taruh di punggung tangan, taruh di 5 titik pada bagian wajah (dahi, pipi kiri, pipi kanan, dagu dan hidung). lalu ratakan dengan menggunakan telapak tangan, supaya lebih cepat meresap. Memakai foundation disarankan untuk tidak menggunakan spons. Karena bisa boros. 
Meratakan foundation hanya ditepuk-tepuk saja, jangan terlalu keras. Sampai rata. Jangan lupa bagian leher dan kuping juga dipakaikan foundation. Supaya tidak belang :)

Cara memilih warna foundation sesuai wajah adalah 1 tone sama dengan warna kulit. Supaya wajah kita tidak terlihat kusam. Kecuali untuk keperluan pesta atau special occasion, kita bisa memakai foundation 1 tone lebih tinggi (lebih terang) diatas kulit wajah kita.

4. Aplikasikan Bedak (bisa compact powder atau loose powder)
Untuk mengaplikasikan bedak, disarankan menggunakan kuas. Supaya lebih merata dan meresap ke kulit. Pakai spons juga boleh.
Aplikasikan pada dahi terlebih dahulu, pipi kiri dan kanan, hidung, jangan lupa di bawah mata juga perlu diperhatikan. 

5. Aplikasikan eye shadow
Dimulai dari pemilihan warna. Warna yang dipilih pertama kali adalah warna yang terang untuk kelopak mata. Aplikasikan secara merata. 
Setelah itu ambil warna yang agak gelap untuk membentuk sudut mata. Dengan memakai kuas sisi yang sebelahnya. 
Setelah sudut mata selesai, ambil warna terang (putih) untuk diaplikasikan pada tulang mata (kesan highlight)

6. Aplikasikan eyeliner
Untuk pemula, disarankan untuk menggunakan jenis pensil. Tapi jika sudah mahir, bisa menggunakan jenis gel atau liquid.
Untuk mengaplikasikan bawah mata, tarik kelopak mata ke bawah, lalu lihat keatas, setelah itu kita bisa mengaplikasikannya.
Untuk pemakaian sehari-hari bisa menggunakan yang jenis stick atau pensil. 
Untuk membuat sudut mata, menggunakan pensil yang ujungnya lancip. Tips membuat sudut mata, jangan ke arah bawah, tapi ditarik keatas supaya terlihat 5 tahun lebih muda :)

7. Aplikasikan lipstik
Jika semua telah selesai, aplikasikan lipstik yang warnanya sesuai dengan kepribadian kita. Kali ini saya memilih warna merah darah. Biar tampil sexy gitu ceritanya :D Akhir-akhir ini saya memang lagi suka sama lipstick yang warnanya merah nyala begini. Karena saya pernah baca di salah satu artikel, lebih baik kita memakai lipstik warna merah nyala seperti ini. Kan bisa tahan lama sampai seharian. Kalau pakai warna yang nude, kita abis makan aja udah ilang. Pucet. Udah kayak gak pake lipstik. Alias kayak orang sakit. Naah, kalau pakai warna merah terang seperti ini, mau beraktivitas apapun kan masih ada tuh warnanya, tinggal touch up dikit deh. Jadi dari segi pemakaian dan waktu jadi lebih hemat :)

Tipsnya : jika ingin menggunakan lipstik warna merah, usahakan 1 bidang saja untuk warna yang ditonjolkan. Seperti make up kali ini saya ingin menonjolkan bagian bibir saja. Jadi saya tidak terlalu fokus di bagian lain. Karena bisa menor deh :) ini mau kondangan apa sehari-hari? :) jadi pemilihan warna lipstik juga kudu diperhatikan. Saya punya 5 warna pilihan lipstick di rumah. Yang tentunya dipakai sesuai occasion yang sedang berlangsung.

Selesai urusan make up, sekarang giliran hair do nya nih. Dibantu dengan Hair do spesialist oleh Michael Helmy. Tentunya dengan produk dari Wella.




Setelah selesai, dan inilah hasilnya, taraaa...Gak beda jauh ya sama beforenya? :D


Untuk penampilan sehari-hari, mas Helmy menyarankan untuk rambut yang setengah ditata dan dijepit ke belakang seperti ini. Caranya, ambil sedikit rambut sisi kiri, lalu pintir-pintir dan jepit dengan menggunakan jepit warna hitam ke belakang rambut. Lakukan hal yang sama ke rambut bagian sisi kanan. Lebih baik rambut ditata rapih seperti ini, daripada rambut dijepit sana, jepit sini, kayaknya gak OKE banget kalau untuk penampilan ke mall ya. Udah kayak mau mandi katanya :D

Setelah selesai ditata rapih, jangan lupa memakai sedikit hair spray, supaya tatanan rambutnya tetap oke.

Eh iya, ini kan untuk yang tidak berhijab ya, di sesi workshop ini mas Michael Helmy juga memberikan tips untuk yang berhijab lho. Selain itu masih ada lanjutannya tentang Fashion Workshop dan tips cantik si kala menyusui. So, nantikan artikel aku berikutnya ya :)





5 comments

  1. waaa... beauty workshop.. aku ndak bs moles2 muka nih. dtunggu artikel berikutnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dicoba mak, moles2 dan bermain2 sama make up, seru loh ^^
      Thanks for coming..

      Delete
  2. ooh ternyata harus dari bagian dahi dulu ya

    ReplyDelete
  3. cantikkkkk...aaakkk ajak2 akuu kalo ada gini lagi :D
    mak itu eyelinernya apaan enak gak...aku kemaren pake maybelline yang gel enak seh cuma kalo ada opsi lain mungkin bisa aku coba..

    ReplyDelete