Sensasi Baru Kulineran Ala Thai di Sip Ha Thai

Malam itu ceritanya saya mendapat undangan dari tim Open Rice untuk mencoba makanan khas Thailand, namanya adalah Sip Ha Thai. Udah ada yang pernah coba? Atau minimal kenal dengan kuliner yang satu ini? Kalau saya sih ini pengalaman pertama saya kesini. Sebelumnya saya udah pernah kulineran ala Thai.



Malam itu saya tiba di lokasi agak telat 20 menit dari jadwal, yaitu pukul 19.00 WIB. Padahal saya udah ngebut lewat tol dalam kota tuh speed 100kpj terus :) Tapi ya karena berangkatnya telat, persiapan untuk Narend dulu, akhirnya saya baru bisa berangkat jam 17.30. 


Menemukan lokasi resto ini gak sulit kok. Saya yang dari arah Bekasi, cukup lewat akses tol dalam kota - tanjung priok - sunter - ke arah boulevard kelapa gading - melewati mall kelapa gading - lampu merah lurus lagi - sampai ketemu putaran balik kedua, langsung ambil ke kiri, nah disitulah lokasinya. Kira-kira 100m sebelum Bong Kopitiam. Yang tahu daerah Kelapa Gading pasti sudah hafal gambarannya :)

Saat memasuki resto ini, saya disambut oleh seorang pria yang perawakannya sih sekitar umur 30an keatas, cukup matang dan rapih. Nampaknya ini manager storenya nih (pikir saya). Saya langsung ditanya, "Dari Open Ricer ya? (Begitu mereka menyebut dirinya open ricer, berarti sang reviewer makanan dari tim open rice)" Lalu saya menjawab,"Ya betul". Gak lama kemudian beliau langsung menawari saya minuman. Mereka menawarkan 2 pilihan minuman utama, yaitu Thai Iced Tea dan Green Iced Tea. Saya memilih Thai Iced Tea saja. 


Acaranya di lantai 2. Langsung saya menuju keatas. Ohya, interior disini overall menggunakan ornamen kayu, jangan harapkan ada sofa di bawah ya. Buat yang mau sedikit santai, bisa di sofa lantai 2 (atas).


Oke. Saat saya tiba diatas, tim open ricer sudah menyambut saya di atas, langsung saya registrasi dan berkenalan dengan teman-teman lainnya. 

Eh, 5 menit kemudian baru juga duduk, ambil posisi, minuman saya datang. Thai Iced Tea. 

Acara dimulai pukul 19.30 setelah semuanya hadir. Ada juga ternyata yang lebih telat-telat banget dari saya. Qeqeqe... Lalu segera acara dibuka oleh admin Open Ricer (mba Yeni). Mba Yeni langsung mempersilakan sang owner (Pak Kris) untuk menjelaskan secara rinci mengenai Sip Ha Thai.


Lhaa, orang yang tadi menyambut saya ternyata ownernya toohh :))

Sekilas tentang Sip Ha Thai

Ada yang tau gak, arti Sip Ha Thai? Berasal dari bahasa Thai, (Siph Haa, begitu penyebutannya, agak-agak sukit memang hehee.. ), yang berarti lima belas. Yes, ada 15 signature dishes yang disediakan disini. Yaitu :

1. Croquette Ala Thai 
2. Pandan Chicken
3. Po Pia Taud
4. Crispy Fish with Salad
5. Pad Thai Noodles
6. Salted Egg Squid
7. Tom Kha Gai
8. Tom Yam Goong
9. Nasi Putih
10. Meat BBQ Set for 4
11. Sweet Casava
12. Green Thai Milk Tea
13. Thai Ice Tea
14. Mango Sticky Rice

Pak Christoper Ong (Pak Chris,demikian dipanggilnya), lahir dan dibesarkan di Singapore. Jadi disana banyak makanan-makanan yang sejenis Sip Ha Thai ini. Banyak makanan-makanan yang nggak halal. Tapi di Sip Ha Thai ini makanannya halal. Tapi mungkin ada 1 menu yang gak halal. Overall sih menunya terdiri dari sejenis seafood. 

Sambil beliau menjelaskan, menu pertama datang, appetizer, yaitu Crocket Ala Thai. Crocket ini isinya kentang, rasanya gak jauh beda dengan perkedel biasa, cuma crocket ini rasanya pas gak terlalu gurih atau asin. Jadi kalau dimakan agak banyak porsinya gak bikin eneg di lambung :) 1 porsi terdiri dari 2 piece. Cocoklah untuk porsi personal sebelum masuk ke menu utama.


Masuk ke menu berikutnya. Masih appetizer nih :) kali ini menunya adalah Po Pia Taud. Tau ini apa? Yep. Ini sejenis spring roll. Ini serius enak! Dimakannya harus bareng saud thailand ya. Jadi kombinasi antara manis, asam dan gurih jadinya. Isi dari spring roll ini adalah ayam. Tapi sepertinya ada yang kurang, Po Pia ini lebih pas lagi bila dimakan dengan saus mayonaise, karena ada saladnya yang nganggur :)


Masuk ke main course. Menu berikutnya yang datang adalah Tom Yam Goong. Seperti pada menu Thailand umumnya, restoran ini juga menyediakan Tom Yum. Gak lengkap rasanya kalau restoran Thailand gak ada menu yang satu ini. Dan Tom Yum Goong merupakan aalah satu dari 15 menu signature mereka. Rasanya, sedikit asam. Karena saya bukan pecinta makanan yang acidnya kuat, jadi bagi saya ini terlalu asam :) Tapi saya suka udangnya besar-besar. Isi Tom Yum ini adalah jamur kancing, daun ketumbar, udang besar, dan cumi.


Lanjut ke main course berikutnya. Yaitu Tom Kha Gai. Menu ini hampir mirip dengan dengan Tom Yum. Hanya saja menu ini menggunakan kuah santan dan rasanya manis. Saya suka dengan menu ini. Buat yang kurang suka dengan Tom Yum, Tom Kha Gai bisa jadi pilihan. Ohya, isi dari menu ini adalah ayam.


Menu berikutnya adalah Crispy Fish with Salad. Dinamakan with salad, karena ikan gurame yang dimasak dengan balutan potongan mangga muda. Rasa ikan yang gurih dipadu dengan mangga lumayan oke rasanya. 1 porsinya sih pas untuk ukuran personal. Karena tidak terlalu besar. Yang saya suka dengan menu ini adalah ada potongan cabe rawitnya :)


Menu berikutnya adalah Pandan Chicken. Yep, menu yang 1 ini terbilang unik (menurut saya). Ayam yang dibumbui lalu dibakar dengan dibalut dengan daun pandan. Sayangnya saya tidak sempat mencicipi menu yang 1 ini, karena kehabisan*hiks*... Tapi gapapa, menurut teman saya yang merasakan menu ini, ternyata rasanya tidak jauh berbeda seperti ayam goreng mentega.


Menu berikutnya masih seputar main course.Yaitu buat yang suka mie, bisa memilih Pad Thai Noodles. Sebelumnya saya pernah mencoba menu yang 1 ini. Memang kalau untuk mie Thai itu rajanya ya. Mie Thai sangat khas dengan taburan kacang tanah, tauge, dan orak arik telur. Paling pas dinikmati dengan taburan kacang tanahnya, tapi buat yang kurang suka, bisa jadi optional kok, mereka menyajikannya terpisah dari menu ini. Ohya, menu ini rasa mienya sudah sedikit asam ya. Saya sih lebih suka originalnya. Tapi buat yang penyuka rasa asam, bisa ditambahkan lagi perasan jeruk nipis. 


Menu berikutnya, saya jamin kamu bakalan ketagihan. Yep, ini adalah Salted Egg Squid. Cumi yang dibalut dengan tepung dan telur asin. Rasanya sih memang sedikit asin dan gurih, tapi saya jamin kamu pasti ketagihan. Karena rasa gurih tepung dan telur asin yang lumer di mulut, memang benar-benar bikin kita addict. Menu yang satu ini bisa dijadikan side dishes atau juga appetizer.


Lanjut ke menu berikutnya. Masih dengan main course. Yaitu Meat BBQ Set for 4. Ini bukan steak daging biasa, yang disajikan dengan hotplate. Yess.. ini berbeda dan unik. Kamu bisa menikmati sukiyaki dengan kuah kaldu dalam steamboat. 



Tapi hati-hati ya, menu ini tidak halal. Tapi buat kamu yang tetap ingin menikmati menu meatBBQ ini, mereka juga menyediakan menu ayamnya. So, sebelum memesan sebaiknya kamu bertanya dulu.

Oke, selesai dengan main course. Kita tutup dengan dessertnya. Kali ini mereka menyediakan 2 macam dessert, yang dua-duanya sangat bikin nagih. Sayang perut saya sudah terlalu penuh untuk menghabiskan semuanya.



Setelah selesai, kamipun berfoto bersama. Thanks untuk open rice untuk rangkaian kuliner lezat hari ini :)



Sip Ha Thai BBQ & Bistro 
Jl. Boulevard Raya Blok PD 9 No. 1, Kelapa Gading
Jakarta
021 4584 6893









7 comments

  1. wah enak enak nih mak. oya gmn caranya biar bisa dapat undangan makan kayak gini .. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa enak. tapi hati2 ini ada yang gak halal nih disini :)
      Cara dapet undangan? Join di openrice.com aja mak. Rajin update di websitenya :)

      Delete
  2. beuuhhhhhhhhhh bikin ngilerr ajaaaa

    ReplyDelete
  3. Thomyam sama sambal mangga plus ikannya, kalo ada aku pasti kusikat habis sendirian itu :D

    ReplyDelete
  4. Meat bbq nya menggiurkan. Tapi....:(

    ReplyDelete