Nasi Kuning Cakalang di Festival Kuliner Bekasi

Sebelumnya sih, saya sudah pernah mencoba kuliner yang berbahan dasar ikan cakalang yang diolah bersama nasi goreng dan mie goreng. Tapi ternyata ikan cakalang juga bisa dinikmati dalam tampilan yang berbeda. Contohnya nasi kuning ikan cakalang ini :)

Sebelumnya, saya juga sudah pernah mencoba nasi kuning ikan cakalang Oma Dora ini yaitu pada saat event kuliner di Festival Kuliner Serpong 2014 bulan Agustus 2014 lalu. Saat itu suami yang membawakan nasi kuning cakalang ini sebagai oleh-oleh sepulang kantor. Tapi karena sudah tidak panas lagi, jadinya yah saya makan tidak terlalu nikmat. Dan rasanya biasa aja menurut saya. 

Dan malam ini, saya coba memesan nasi kuning cakalang kembali. Penasaran juga sama rasanya. Apakah masih sama dengan rasa yang pernah saya coba waktu lalu.


Waktu saya mengunjungi boothnya, wah ternyata si penjualnya masih sama lho :)

Cerita sedikit mengenai si penjual. Mereka ternyata asli dari Sulawesi. Agak curious juga, kenapa dinamakan 'Oma Dora'? Nama tersebut ternyata diambil dari nama si pemilik, yaitu nama ibunya. 

1 porsi nasi kuning cakalang isinya agak beda dengan nasi kuning jawa pada umumnya. Yaitu terdiri dari nasi kuning, irisan kentang goreng tipis, soun goreng, ikan cakalang yang sudah dihancurkan halus, serta taburan bawang goreng. Rasa kombinasi yang pas, nasi kuning yang tidak terlalu gurih, dimakan bersama ikan cakalang yang too salty menurut saya. Jangan lupa, dinikmati dengan sedikit colekan sambel ya. Untuk menambah cita rasa selera makan.

Wah ternyata enak juga ikan cakalang dinikmati dengan nasi kuning :) 
Oya, tapi jangan sampai menikmatinya dalam keadaan dingin ya, rasa ikan cakalangnya menurut saya agak amis kalau sudah dingin.

Untuk 1 porsi nasi kuning cakalang yaitu IDR 25000.

Yang paling saya suka yaitu sambel merahnya. Rasanya cukup pedas. Sangat pas dengan lidah saya. 

Wah, ternyata tiap daerah punya kuliner 'nasi kuning' dengan olahan yang berbeda dan khas ya :)

No comments