Why Blogging is Fun?


Banyak orang yang menganggap bahwa blogging atau ngeblog itu hanya sekedar menulis, umumnya blog hanya sebagai diary, tempat curhatan, dan sebagainya. Bahkan banyak yang menganggap bahwa kalau bisa menulis di blogspot, wordpress pasti bisa menjadi seorang blogger. Kamu setuju dengan pendapat itu?

Sebelum ngeblog dulu aku sempat punya diary juga yang terdiri dari beberapa edisi ^^ Yess....ternyata sejak SMP aku sudah menyukai yang namanya tulis menulis. Dulu medianya adalah menulis di buku diary. Tapi karena jaman semakin berkembang, aku mulai menulis atau ngeblog di media internet di tahun 2008 (jaman aku kuliah). Dulu sih awalnya cuma buat sebagai bahan tempat curhatan, dokumentasi dari aktivitasku aja. Dan platform yang pertama kali yang kukenal saat itu dan masih kupakai sampai sekarang adalah blogspot. Tapi, sempat vakum juga beberapa tahun dan akhirnya aku aktif kembali ngeblog di tahun 2012 lalu.

Nah, karena aku sudah mulai aktif di dunia ngeblog lagi, akhirnya aku jadi mengenal platform lain diluar dari blogspot. Ada tumblr, wordpress, dan sebagainya. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Ohya, dunia blogging ini ternyata sama aja loh kayak dunia kita kuliah. Istilahnya dibagi per jurusan :) Dulunya bagiku ngeblog mah semua saja aja ya. Namanya juga tulis menulis :) Dibagi per kategori. Ada travel blogger, food blogger, beauty blogger, fashion blogger, reviewer, personal blog, dan sebagainya. Lalu food blogger juga dibagi per sub kategori lagi. Misalnya, ada yang suka dunia masak memasak, buat tutorialnya berikut dengan resepnya, dari awal pembuatan sampai dengan tersaji dengan indah. Lalu ada juga yang suka berkuliner ria dan berkelanan mencari makanan-makanan asyik dan seru, alias mencoba makanan-makanan baru, seperti aku ini ^^

Banyak loh kalo mau disebutkan satu-satu :) Tapi yah intinya adalah 1, menulis :)

So, apa sih yang membuat orang tertarik akan dunianya dalam ngeblog?

Simple as that. Sesuai hobby, seperti aku, aku suka jalan-jalan dan makan-makan, pastinya tulisan dan foto-foto yang ada erat kaitannya dengan dunia makan dan jalan-jalan.
Ngeblog itu gak sekedar menulis aja. Tapi, merangkum semua aktivitas kita. Apa yang menjadi pengalaman kita, kita tulis dalam sebuah blog, lalu dibaca with a thousand people in the world, that would be interesting :)

Sharing is Fun

Semakin banyak kita sharing apa yang menjadi pengalaman dan semua ide yang di pikiran kita dalam bentuk tulisan, itu semua akan menjadi tabungan kita di kemudian hari. Informasi yang mungkin dibutuhkan bagi orang lain.

Memperdalam Ilmu Blogging, mungkinkah ?

Tidak ada yang tidak mungkin, banyak cara untuk mendapatkan cara-cara nge-blog yang baik, seperti membaca buku, browsing di internet, kalau aku, lebih suka ikutan kopdar offline komunitas blogger, salah satunya ikutan Blogger Workshop by Female Daily kemarin tgl 20 Sept 2014 di ArtOtel (seberang Sarinah Thamrin), disini aku belajar banyak, dan pelajaran utama yang aku ambil disini. To Blog is to connect, create, share and inspire :)

Mejeng di Banner Blogger Workshop :) - Doc : Pribadi

Mau jadi Travel Blogger tapi gak punya DSLR

Suamiku yang ikut workshop "Travel Photography Made Simple" bersama Mba Raiyani Muharramah (www.raiyani.net) mengatakan bahwa mba Riani menegaskan "Untuk menghasilkan foto yang bagus tidak tergantung akan kamera DSLR loh, dengan smartphone pun juga bisa menghasilkan foto yang bagus dan berkualitas tinggi :) kuncinya adalah pada angle foto". Usahakan kita berlatih untuk menggunakan smartphone dengan mem-foto obyek dari berbagai angle dan yang terpenting kita mengusai software dan tools yang ada di smartphone, seperti ISO, Focus, AV sampai aplikasi bawaan smartphone kita.

Namun foto saja tidak cukup loh, mba Raiyani menceritakan bahwa untuk mendapatkan foto orang yang bagus, beliau harus ngobrol dengan orang yang mau di foto bahkan sampai 1-2 jam untuk mendapatkan foto orang suku pedalaman tersenyum :) dan yang terpenting adalah kemampuan kita untuk mengolah kata-kata, jadi orang lain yang belum pernah datang ke sebuah lokasi, bisa diwakilkan oleh kata-kata yang kita tulis di blog.

Blogging is Fun

Ngeblog bagiku itu bukan cuma sekedar menulis. Tapi ternyata lebih daripada itu. Aku bisa lebih mengetahui perbandingan produk satu dengan yang lainnya. Semua panca inderaku terbuka. Apa yang kurasa, bisa kutuangkan semua di dalam blog. Seandainya aku tidak menjadi blogger, yah mungkin aku gak akan mau mencoba produk lain sebagai perbandingan.
Karena sebagai blogger, kejujuran adalah hal yang paling utama. Kamu wajib mencoba produknya terlebih dahulu, lalu kamu bisa membuat review atau testimoni dari produk tersebut. Karena blogger itu berbeda dengan seorang jurnalistik. Blogger itu menulis apa adanya.

Selain itu, aku juga jadi banyak belajar. Dengan makin sering ngeblog, otomatis membuatku rajin untuk 'blogwalking' atau istilahnya jalan-jalan ke blog oranglain dan meninggalkan jejak disana. Awalnya sih kupikir buang-buang waktu ya. Tapi selain menjadi backlink kita, kita juga bisa belajar dari mereka lho. Belajar semuanya, mulai dari penyusunan kata-katanya, atau mungkin ada informasi yang belum kita ketahui, dan sebagainya.

Menjadi blogger menjadi kita lebih kaya ilmu. Sebelum kita posting, biasanya kita mencari referensi dulu di google (internet) kan? Otomatis kita sedikit lebih tahu bukan? :)

Menjadi blogger itu SERU! Kenapa ku bilang seru? Yesss... aku jadi banyak kenalan dan referral ketika aku menjadi blogger. Aku jadi banyak belajar. Yang paling seru adalah ketika aku blogwalking ke beauty blogger. Waah,,, rasanya aku menjadi kaya ilmu deh :) Dan ketemu komunitas baru, orang baru dan kenalan baru itu menurutku seru!

So, semua orang bisa kok menjadi seorang blogger. 1 kunci yang harus dipegang cuma TO BE HONEST and NO COPY PASTE pastinya. Saat kita punya ide, gak usah dipikirkan terlebih dulu bahasa kita atau susunan kata kita seperti apa. Mengalirlah seperti air. Setelah selesai baru bisa dikoreksi ulang. Apa yang kamu pikirkan, rasakan, dan lihat boleh kamu tuangkan dalam personal blogmu. Pastinya bebas yang membuat pembaca atau follower blogmu nyaman membacanya ya :)

Gimana setuju gak, Blogging is Fun ? :)

1 comment