Kapok Belanja Buku Online di BukaBuku.com

Saat mengetahui mba Trinity akan meluncurkan buku terbarunya The Naked Traveller 1 year round the world trip buku pertama dan kedua, semangat saya untuk membeli langsung membuncah! Apalagi sekarang saya lagi doyan-doyannya belanja online termasuk buku dan baju ini. Apalagi ditambah bila memesan buku Trinity Traveller ini secara PO, akan mendapatkan buku ber-edisi tanda tangan mba Trinity. Asikk kan? :)

Sudah hampir seminggu saya berencana ingin membeli buku The Naked Traveller juga yang edisi Anthology, pentingnya imunisasi, buku MPASI dan buku backpacking jepang (untuk suamiku). Sudah hampir 3 minggu kita wara wiri rajin ke toko buku Gramedia MM cuma untuk membaca spoilernya. Alias kami baca buku disana. Sambil ngumpulin buku-buku apa yang akan dibeli secara online. Kami sengaja tidak membelinya langsung di Gramedia. Tapi kami lebih memilih belanja di online saja.
Kenapa saya keukeuh pengen banget belanja online?

1. Harga lebih murah

Dulu sih saya gak pernah tau keasyikan dan kelebihan belanja buku online itu apa. Saya perhatikan para teman-teman saya yang maniak baca terutama para bloggerpun semua lebih senang belanja online. Hohoo ternyata harga yang mereka tawarkan memang lebih murah. Biasanya di toko-toko online menawarkan diskon 15-25% loh.

2. Dapat pembatas buku

Simple sih kedengarannya. Tapi buat saya yang selalu pending-pending bacanya, dapat pembatas buku itu sesuatu bingits! Kalo gak dapet pembatas buku, biasanya saya gunakan kartu nama saya. Yaah itung-itung kalo ada yang pinjam langsung kembali lagi ke saya karena ada kartu namanya :)

3. Suka dapat edisi ber-tandatangan

Iyaaa. Saya suka beli buku yang ber-edisi tanda tangan si penulis.

Dan kali ini toko online yang saya pilih adalah BukaBuku.com.

Sebelumnya sih saya belum pernah membeli buku apapun dari toko ini. Sebelumnya saya pernah beli buku di bukubukularis.com aja. Saya jadi kurang tau kredibilitas si toko ini bagaimana. Yahh lillahi taala ajalah saya pikir.

Akhirnya tanggal 6 September saya putuskan untuk membeli buku-buku yang saya pilih secara online melalui Bukabuku ini. Berikut buku-buku yang saya pesan :

1. Backpacking jepang
2. The Naked Traveller 1 year round the world trip edisi 1
3. The Naked Traveller 1 year round the world trip edisi 2
4. Sehat dan lezat menu MPASI
5. The Naked Traveller Anthology

Saya memesan 5 buah buku. Lalu saya langsung melakukan pembayaran sejumlah yang tertera pada chart tersebut. Saya pun sudah menerima email konfirmasi (email notifikasi) dari bagian finance mereka, di tanggal yang sama, 6 september 2014, bahwa pembayaran saya sudah diterima. Oh, tenanglah pikir saya dalam hati. Yang penting pembayaran sudah diterima oleh mereka.

Lalu email kedua datang, yaitu memberitahukan bahwa orderan saya sedang diproses. 

4 hari kemudian...tepatnya 11 September 2014

Tanpa kabar pengiriman, no email lanjutan, saya-pun bertanya-tanya dalam hati, jangan-jangan orderan saya gak dikirim :( jangan-jangan mereka gak follow up. Dan segudang pemikiran negatif lainnya. Langsung saja saya bertanya mention via twitter ke mereka, kenapa sampai detik ini orderan saya dicuekin tanpa kabar. 

Selain via twitter, saya mencoba untuk menelpon ke nomor telepon yang tertera pada website mereka. Ada 3 nomor telepon disana. Daaan tidak satupun yang ON CALL! Alias mailbox semua. Spanning gak nih kepala??? Saya semakin panik. Masalahnya, saya butuh buku MPASI-nya, karena saya butuh panduan untuk membuat makanan Baby Narend. Dan itu jumlah orderan saya gak sedikit lho jumlahnya. Kalau tau pesanan bukunya bakalan lama saya gak bakalan pesan online di bukabuku dehhh..

Setelah 2x mention via twitter, akhirnya tweet saya dibalas seperti ini :
   
 "bisa bantu email ke support@bukabuku.com kk untuk info lainnya dan apabila ingin buku yg ready dikirim terlebih dahulu"

Hah? Saya bingung doong. Kok tiba-tiba mereka menjawab seperti itu? Berarti selama ini ada buku yang kosong dong? Kenapa mereka gak ada konfirmasi apa-apa ke saya ya? Sms kek. Email kek. Kagak ada blass!

Akhirnya kepala saya makin panas. Saya mention lagi :

"Lhaa.. terus gimana kalau belum ready? Kenapa saya tidak dikabari? Udah hampir seminggu begini. Sebagian yang lain jadi gak dikirim gitu ya?"

Mereka menjawab seperti ini :

"maaf kk, masih ada buku yang sedang kami usahakan ke pihak suplier dan untuk buku TNT nya belum ready di gudang kami"


Tanggal 11 September 2014, saya kirim email ke mereka, bahwa saya minta di refund saja dana saya semuanya. Saya memutuskan untuk di cancel saja proses orderannya. Daripada ujung-ujungnya bermasalah. Yaah dari awal saya kirim email siih saya 100% yakin gak akan dikembalikan. Dari awal kirim email, saya sudah bersikap legowo ajalah. Kalau dana saya gak dikembalikan, simple aja, mereka gak kan bisa maju kalau habit mereka seperti ini ke customer. Suatu saat mereka juga akan mendapat balasannya. Simple aja saya mikirnya kayak gitu.

Karena email saya tidak dibalas, saya kirim email lagi pada tanggal 12 september 2014 ke mereka. Isinya sama. Saya minta dana saya di refund saja semuanya.

Lalu di tanggal tersebut, saya mendapat balasan seperti ini : 


Lalu tanggal 13 September 2014, saya menerima email bahwa order saya akan segera dikirim. Lhaaa makin bingung lagi dong saya? Saya belum ada konfirmasi akan menunggu bukunya lengkap semua atau dikirim sebagian. Ini kok tiba-tiba inisiatif dikirim? Hmm.. yasudahlah pikir saya. 

Tanggal 15 September 2014, orderan buku saya sudah tiba di rumah. Waaa senangnya. Bukan bukunya yang saya tunggu-tunggu. Saya cuma takut buku saya tidak sama sekali dikirim. Pokoknya saya bersyukur ajalah. 

Lalu saya buka paketnya.


Waahh senangnya buku The Naked Traveller semuanya beredisi tandatangan. Padahal sebelumnya si bukabuku ini gak ada konfirmasi apa-apa tentang buku beredisi tandatangan ini.

Waiiit... wait... saya langsung cross check dengan list orderan saya di account saya di bukabuku.com. walaaah, ternyata ada 1 buku yang gak diproses :( agghhhh sebel banget!

Tanggal 16 September 2014, saya kirim email ke mereka untuk minta di refund kelebihan dana yang ada di mereka.

Tanggal 17 September mereka baru menjawabnya seperti ini :

Dear Caroline Adenan,

Terima kasih atas email anda.
Kami informasikan data rekening bank anda telah kami hubungkan kebagian Finance kami.
Status order dalam antrian, kami usahakan di percepat.
Refund dana order sekitar 1 minggu, mohon ditunggu.

--
Terima kasih.

Hadeeeh terpaksa saya harus menunggu 1 minggu ke depan dehh :(

Tanggal 24 September 2014, saya cek rekening suami saya belum ada dana refund sama sekali! Astagaaaa dragooon! Kenapa belum ada?! Duh bikin saya geram deh. Ribet bangett siiii berhubungan sama si toko satu ini :(
Dana sebesar itu aja saya harus menunggu dan menunggu 1 minggu lamanya. Kayak jutaan aja nominalnya!
Mending kalo nomor telepon mereka bisa ditelpon. Lhaa ini kagak :(

Akhirnya saya kirim email. Saya tanya mana dana refundnya dan minta dana refundnya diproses hari ini juga.

Tanggal 25 september 2014, mereka kirim email bahwa mereka sudah memproses dana refundnya dan sudah mengirimkannya kembali ke rekening suami saya. Tapiiii saya check tidak ada! Duhh ribet deh :(

Akhirnya saya kirim email kembali ke mereka. Duh, saya gak tau lagi deh harus gimana. Saya cuma bisa menunggu :(

Tanggal 26 September 2014, kembali saya mengecek klik bca. Alhamdulillaah dana refundnya sudah ditransfer. Dengan nominal yang sesuai.

Nominalnya siih gak seberapa. Tapiii prosesnya itu ribet banget! Dan total hampir sebulan saya berurusan dengan toko bukabuku ini. Hanya untuk beli 5 buah buku.

So, testimoni saya untuk toko buku online satu ini, KAPOK! SUEERR dehh...

Lain kali sebelum membeli saya harus melihat kredibilitas sebuah toko terlebih dahulu nampaknya. Gak semua toko online itu bisa dipegang penuh kepercayaannya. Sayapun pelaku penjual online. Tapi saya sangat  menjunjung tinggi waktu dan effort customer. Minimal kita browsing-browsing dulu testimoni dari para customer. Kita bisa lihat keativannya via social media. Bagaimana dia memperlakukan customer. Dan sebagainya.

Mungkin ada baiknya, jika butuh buku yang urgent, dipikirkan kembali jika ingin membeli via online. Walaupun harga lebih murah, tapi belum tentu hati kita nyaman. Lebih baik mahal sedikit ketimbang hati kita selalu diliputi kekhawatiran bukan?+

Semoga menjadi waspada dan pembelajaran untuk kita semua. Dan semoga semua para seller toko buku online tidak seperti ini. Cukup sekali saja saya membeli buku via online di bukabuku.com ini.

Diantara teman-teman mungkin ada yang mengalami hal yang serupa mungkin? Share ke saya yaaa.... :)


95 comments

  1. Beberapa hari belakangan, temen-temen se-circle aku di bookaholic juga mengeluhkan hal yang sama, Mak. Ga cuma di bukabuku, tapi juga di bukubukularis dan terutama yg bikin heboh kemarin, tokobuku SCOOP.
    Ada yang sampe sekarang (kurleb 2 minggu) tetep ga dikirim juga. Aku ga tau sih, tadinya kupikir juga pada ready stock itu toko2 buku. Ternyata ga semua ready stock. Toko online kok gitu ya :( jadi bikin jelek toko2 online lain aja kan :( Kalau memang ga ready stock mustinya kan ditulis di keterangan ya. Semacam ini kan sama aja ngibulin pelanggan. Sebulan terbuang percuma.
    Mak, ga di cc in ini ke akun bukabuku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeeh ternyata sama ajaa yak semuanya :(
      Kredibilitas toko online yang baik2 kan jadi ikutan jelek ya :(
      Belum mak. Sengaja. Masih sabar. Aku masih menunggu dana refundnya kembali dulu baru tak cc-in ke mereka :)

      Delete
  2. Semoga segera refund ya Mbak Oline ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di refund kok mak Evi. Alhamdulillah finally :) *lap keringet*

      Delete
  3. Mak Oline...pernah juga ngalami kek gitu, beli barang gak seberapa nunggunya lama prosesnya ribet ....seperti inilah yang mengurangi kepercayaan calon pembeli pada olshop, pdhl gak semua begitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal2 seperti ini seharusnya gak terjadi ya. Toko buku online lainnya jd kena imbasnya. Aku jd agak2 worried and trauma kalo belanja buku online...

      Delete
  4. wah, kalau gitu saya juga harus berhati-hati nih saat belanja online buku dan lainnya, takutnya dapat seller yang mengecewakan.. :(

    ReplyDelete
  5. Dulu aku langganan beli di bukabuku. Terus udah ga karena buku yang ga ready stock ga ada keterangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh sempet langganan juga ya di bukabuku? Naah, itu dia. Mereka yg gak ready stock gak update di keterangan disitunya. Jadilah kitanya bertanya2 terus kan...

      Delete
    2. Aku lagi nunggu pengiriman dari buka buku untuk pengiriman luar negeri. Janji proses sampai order datang maximal dua minggu..ini udah satu bulan baru mulai dikirimkan :(

      Delete
  6. refund saya juga tidak di kembalikan oleh Bukabuku.com dari tanggal 9 oktober sampai 3november 2014 ini...

    saya sempat post kaskus karena kebetulan saya bukan blogger
    http://www.kaskus.co.id/post/54570bf932e2e6ba578b4568#post54570bf932e2e6ba578b4568

    ReplyDelete
  7. Saya juga mesen buku di bukabuku. Saya mesen dari minggu kemaren dan sampai sekarang belum ada yang sampai. Saya udah tanya ke twitter dan email belum ada balasannya

    ReplyDelete
  8. Aku order dari 27 Okt 2014 senilai 187.750 juga belum ada yang sampai 1 pun... padahal ada 1 buku buat bundaku di ulang tahunnya... eh ini malah kelewat jauh... >_< menurut kalian enaknya ini di refund atau bagaimana ya... karena tidak ada kejelasan hingga saat ini >_<

    ReplyDelete
  9. Wuahhh.. Telat dah baca postingan ttg si bukabuku ini.. Udh terlanjur pesan dan ternyata buku ga ada. Minta refund tp udh 2 minggu blom masuk jg duitnya .. *sediihhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di contact terus mba ke bukabuku nya. Coba telp ke nomor tertera. Akupun sampe berkali2 telp ke nomor itu, tapi gak diangkat2. Akhirnya setelah aku rewel di twitter, barulah mereka meresponsnya. Semoga cepat selesai ya permasalahannya.
      Terima kasih sudah mampir...

      Delete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. mba kalau toko buku online yang bagus apa ya????
    saya jadi ragu mau beli buku online.....

    ReplyDelete
  12. haduh mbak, sama nih ceritanya.. saya juga kapok beli di bukabuku, padahal ngeliat situsnya kayaknya profesional banget taunya lambat banget kerjanya.

    kasus saya juga sama, pesen buku tapi trnyata stock kosong, tapi gak ngabarin. setelah seminggu lebih saya tanyain, itupun responnya lama. akhirnya order buku saya ganti dengan yang ready stock (soalnya mikir kalo refund pasti lama lagi) eeeh, buku yang ready stock pun lama juga datangnya. di total-total, dari proses order sampe barang datang +/- 3 minggu, padahal buku yang saya order cuma 2 >_<

    sangat tidak rekomen deh belanja di toko ini, walaupun bukan masuk kategori penipu. tapi kinerja nya lama bangeeet.

    rekomen di bukukita.com, saya pernah order tapi bukunya kosong, langsung di infoin. trus pas saya minta refund, uangnya langsung di refund siang itu juga. rekomen juga di tokobuku.getscoop.com sering diskon setiap harinyaa..

    mudah-mudahan berguna info nya untuk yang suka beli buku online. maklum deh, kalo beli buku on the spot di toko buku terdekat suka mahal dan jarang ada diskon.

    happy reading all!

    ReplyDelete
  13. makasih reviewnya kak... sudah saya duga kalau mereka gak supply sendiri

    ReplyDelete
  14. Saya juga mengalami hal serupa. Sistem Bukabuku yang lama sangat bagus 1 minggu pasti sampai bukunya (krn sebelumnya sudah ditanya apakah mau tunggu buku yg tidak ada atau yg ada dikirim dulu) dan bisa COD. Yang kali ini (pakai sistem baru - katanya) saya belum mendapatkan buku yang saya pesan dan sudah saya bayar. Komunikasi juga nggak bagus. Saya order pada Harbolnas kemarin, jadi kalau dihitung-hitung sudah kl 10 hari. Kalau nanti buku datang saya tinggal nunggu refundnya. Saya sempet ngetweet ke @Bukabuku tadi pagi : Hati2 dg planggan, jgn smpai dikecewakan krn akan berakibat fatal utk perusahaan segede apapun. Pelayanan adlh yg utama.

    ReplyDelete
  15. q juga pernah kayak g2 kak,,udah transfer,.,ternyata bukux g ada dan refundx lama bgt,,sktr 2bln.
    bener2 bikin kapok blnja dsitu.

    ReplyDelete
  16. halo mba,, salam kenal.
    kalau sy liat di postingan mba, disitu jelas terlihat kalau stok buku backpacking Jepang memang kosong (di bold merah), tapi memang lebih baik lagi kalau secara siste, stok buku yg tidak ada, tdk bisa dibeli oleh customer ya.. Mereka jg tidak konfirm ulang pesanannya.
    Selama ini saya belanja buku online di kutukutubuku.com dan sudah beberapa kali transaksi belum pernah mengecewakan sih.. Mereka akan kasih kabar segera jika buku kosong, atau buku belum ada di gudang mereka. Semoga bisa jadi rekomendasi.

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang betul stock backpacking jepang kosong, namun dari pihak BukaBuku nya gak ada konfirmasi kosong pada saat sebelum pembayaran. Kalau ada mah saya gak bakalan langsung transfer sejumlah itu. Terima kasih atas rekomendasinya ya mba.

      Delete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. Ooh kok jadi gitu ya bukabuku padahal dulu, sekitar thn 2007 ok bgt lho service nya.. tapi skrg krn udah lama bgt gak belanja buku, jadi gak tau perkembangannya.. semoga bukabuku me review service nya lg aja.. krn dulu seinget saya ada keterangannya tu di masing2 buku mana yg ready, mana yang kosong, mana yg pre order.. bgtuuhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih baru kali ini punya pengalaman (buruk) dengan bukabuku ini. Ya. Semoga aja ke depannya mereka bisa memperbaiki kualitas service mereka menjadi lebih baik lagi. terima kasih atas kunjungannya ya mba.

      Delete
  19. kalo tokobuku.getscoop.com bagus gak pelayanannya?.. mau beli buku dari ini web tapi masih ragu terus soalnya mbak. belum pernah belanja di ini olshop soalnya. thanks

    ReplyDelete
  20. hadehhhh,,, sama persis dgn pngalaman saya waktu blnja di bukabuku.com,,
    samaaaaa sama persis. #jempol kebawah buat bukabuku.com

    ReplyDelete
  21. Saya pernah juga kyk gini, tapi di olshop kecil, dan ternyta usut punya usut, yh punya olshop emg tukang tipu. Bukan maslh uangnnya yg diseselin, tapi buku dan kecewanya itu hlo. Dan sampai sekarang uang saya tidak kembali. Tapi untung di olshop langganan saya yg 1 nya benar2 dapat dipercaya. bhkan saya pernah nitip buku sampai berbulan2 dan masih ada *thx to ce olivia tokobukusukabaca. Moga gak ada lagi kasus2 beginian yg ngecewain para customer dan merusak credibiliras olshop yg lainnya

    ReplyDelete
  22. Saya juga pernah kaya mba oline. Belanja di bukabuku lama banget proses ngurusnya, dan yg paling nyebelin gk diinfoin kalo ada buku yg stoknya kosong. Kapok deh, belanja cuman 1x.
    Sekarang kalo beli buku di bukukita.com. Emang harganya lebih mahal, tapi pelayanan oke banget. Udah beberapa kali beli disini, dan semuanya memuaskan. Kalo refund krn buku kosong, biasanya dikirim uang tunai langsung bareng sama kiriman bukunya.

    ReplyDelete
  23. Wah aku belanja di bukabuku.com malah seneng bangetttttt. Jumat 20 maret transfer, konfirmasi pembayaran, kirim pake jne oke. Senin udah sampe:)
    Pelayanannya via email cepet banget! Dapet pembatas buku jugaa

    ReplyDelete
  24. Turut prihatin mba Oline, baru baca postingan ini nih. Semoga kejadian seperti ini nggak terulang lagi ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. semogaa...Terima kasih mba Lisa.

      Delete
  25. Bener emang gak recommed banget deh beli buku dibukabuku.com pelayanannya lambat & cs kurang care ma customernya pesanan buku saya udah hampir 2 minggu belum juga dateng,
    alasannya suppliernya lagi stock opname & barangnya emang gak ready digudang mereka, gak ada kejelasan kapan barangnya akan ready kesannya mereka hanya menunggu dan gak ada actionnya, pelayanannya payahh, jera baru sekali beli disitu
    kemarin pesennya barengan sama yang di bukukita.com bukunya duluan sampai dan mereka kasih kejelasan kapan bukunya akan dikirim

    ReplyDelete
  26. Hi Mbak, terima kasih karena telah menuliskan pengalaman Anda di sini. Saya menyesal sekali tidak mencari tahu terlebih dahulu mengenai situs bukabuku.com sebelum mencoba membeli. Saya mencoba membeli sebuah buku pada 6 April dimana pada website tertera keterangan bahwa stok tersedia. Namun baru pada 10 April disebutkan bahwa stok tidak ada. Saya diberikan dua opsi saat itu: menunggu hingga stok ada atau refund. Saya memilih opsi refund karena saya berhasil mendapatkan buku serupa dari toko buku online yang lain. Satu hal yang membuat saya kapok adalah saat refund mereka tidak mengembalikan uang saya secara penuh, namun dipotong ongkos kirim. Saya protes ke bagian finance dengan alasan: barang tidak ada, thus tidak pernah ada jasa yang membutuhkan ongkos kirim, kenapa dananya tidak dikembalikan? Mereka beralasan bahwa sistemnya tidak mencatat ada ongkos kirim. Ini kan pernyataan tolol. Buat apa membuat halaman konfirmasi pembayaran kalau tidak bisa melacak berapa besar dana yang saya transfer dan rinciannya apa saja? Saat saya desak lagi mereka menjawab bahwa dananya kurang dari Rp 10.000,- jadi tidak bisa ditransfer. Lha, trus maunya apa dong? Mereka memberikan opsi menyimpan dana saya sebagai deposit untuk next purchase. Saya tolak dengan argumen akhir, "Saya tidak berniat memesan lagi karena saya menganggap proses di online store Anda lebih ribet dibandingkan online store yang lain. Apalagi sistem pencatatan transaksinya yang aneh; saya transfer berapa, yang direfund berapa. Sistem Anda terlihat pintar menghitung berapa yang harus saya transfer namun tidak sepintar itu ketika menghitung berapa yang harus pihak Anda refund."
    Akhirnya saya bilang: sumbangin aja uang saya ke masjid. Saya tidak tahu apakah ini dilakukan atau tidak. Just, saya tidak akan pernah beli apapun lagi dari bukabuku.com

    ReplyDelete
  27. Mbak, enaknya kalo beli buku di mana ya
    masalahnya saya lagi nyari buku "The Economy Today" dari Bradley di Amerika.
    Please, help me :(

    ReplyDelete
  28. Dari dulu saya sering pesan buku di BukaBuku.COM, lancar2 aja. Tapi belakangan ini pengirimannya lama, dan terakhir malah pending lama sekali. BukaBuku.COM di bawah manajemen yang dulu lebih bagus pelayanannya ketimbang sekarang. Dulu kalau ada sebagian buku ready dan sebagian masih nunggu stok dari gudang, maka yang sudah ready dikirim duluan. Dan ongkirnya cukup 1 kali. Tapi sekarang, buku yang ready harus nunggu buku2 lain yang pending. Kesannya pelit banget sama ongkir....

    ReplyDelete
  29. emang kampret bukabukudotcrot mah lah, jangan mau lagi beli disana. entah berapa juta antrian refund yang mereka proses. dana saya yang nyangkut di mereka belum di refund sampe sekarang. layanan busuk, buku pesanan kosong tapi gak pernah ngasih kabar sedikitpun, harus ditanya baru dikasih tau kosong kan kampret.

    ReplyDelete
  30. Untung sempet baca ini testimoni :) gk jd beli di toko sana deh

    ReplyDelete
  31. Wahhhhhhh, barusan transfer ke bukabuku.com nih mba :( mudah2an lancar dehhh.
    Oh ya mba, kalo di kutukutubuku.com udah pernah mba? gimana? apa ribet kaya bukabuku.com juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gapapa mba. Semoga aja ada perbaikan pelayanan dari bukabuku ini.
      kalau kutukutubuku aku belum pernah coba. kayaknya sih recomend.

      Delete
  32. Thanks for the info all. Gak jadi deh beli buku di bukabuku.

    ReplyDelete
  33. Huaah awalnya saya sempet tertarik dengan bukabuku karena harga yang ditawarkan lebih murah dibanding toko buku online lain, ternyata banyak compainnya ya.
    baiknya sih pesan buku online di gramedia onlin, book and beyond online dan tempat fave saya Bukukita, nggak bermakasud promosi, tapi karena selama ini saya bener2 merasa puas dengan sistemnya bukukita. dan buat yang bingung mau beli buku online dimana baiknya beli di tempat2 tersebut aja.

    ReplyDelete
  34. Berbeda dari pengalaman teman-teman yang lain. Baru-baru ini saya memesan buku di bukabuku.com dan alhamdulillah semuanya lancar bahkan mereka memberitahukan pada saya mengenai kekosongan buku yang saya pesan, apakah ingin menunggu atau menggantinya dengan buku yang lain.
    Dan respon mereka pun cepat dalam membalas email yang saya kirimkan.

    ReplyDelete
  35. Mbak kalau bukubukularis.com recommended gaaa

    ReplyDelete
  36. Mbak biasanya di bagian bawah judul buku di website tersebut ada kok tulisan apakah buku tersedia atau tidak atau perlu menunggu. Bahkan kalau dicari, ada juga keterangan kenapa perlu menunggu waktu lama karena ada beberapa buku yang masih di stock supplier.

    Saya sudah berlangganan di bukabuku.com dan lancar alhamdulillah sampai saat ini dari sejak tahun 2011.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sis..
      alhamdulillah belum pernah kecewa sma Bukabuku.com
      udah langganan dari 2012-an klo ga salah :)

      Delete
    2. iya, tulisan stock di supplier. tapi ngambil di supplier naujubilah lamanya. Saya harus nunggu 2 minggu untuk ngambil di supplier dan harus menunggu lagi untuk sampai dirumah.

      Delete
  37. mgkn lebih baik COD lebih Fair...

    ReplyDelete
  38. mba ikut nimbrung ya, aku juga udah kemakan nih, kirain terpercaya, yang katanya 3-6 hari kerja buku sampai, udah hampir 5 hari buku nya belum ready aja, nelfon berkali-kali ke cs nya cuma dijawab 'iya bu, masih diusahakan ke suppliernya' emang sejauh apa sih gudang suppliernya, bukannya kalo toko online besar seperti itu harus udah persiapan ya, jangan sampai customer menunggu terlalu lama.
    Dan aku masih harus menunggu sampai selasa depan, pas aku tanya bisa dibatalin apa gak, dijawabnya cuma 'ditunggu saja ya' ah asem, tau gitu aku baca dulu review yg beli di bukabuku.com

    ReplyDelete
  39. alhamdulillah saya pesan novel di situs bukabuka aman-aman saja, namun barang datang tidak sesuai target karena stok buku yang masih kosong, tetapi saya sudah diberi pemberitahuan terlebih dahulu melalui email dan saya memilih untuk menunggu, dan akhirnya novel yang saya pesan sampai 3 hari berikutnya

    ReplyDelete
  40. Halo mbak, barusan baca post di blog ini aku baru inget juga.. Dulu aku pernah beli buku TNT di bukabuku, edisi ke 2 & 3. Dan emang lama banget Mbak nyampenya.. Sebulan lebih dan gak ada konfirmasi apa-apa ke aku, cuma waktu itu emang aku masih SMA dan belum terlalu ngerti soal ginian, tapi akhirnya sampe juga. Aku setuju bgt sama statement Mbak yg lebih baik belanja di toko buku langsung daripada nunggu selama itu :"

    Btw nice review Mbak :)

    ReplyDelete
  41. Saya pernah belanja online di bukabuku.com bulan lalu dan tidak mengalami kendala yang berarti. Di website mereka sudah tertera keterangan bahwa buku yang saya pesan harus diambil di gudang supplier, yang berarti butuh waktu lebih lama untuk diproses. Mereka juga memberikan pilihan untuk dikirim sebagian khusus buku yang sudah ready stock. Selain itu, mereka juga memberikan estimasi tanggal pengiriman dan tanggal sampai ke tujuan (kurang lebih 2 minggu sejak tanggal pemesanan) sehingga saya tidak merasa perlu konfirmasi lebih lanjut.
    Sejauh ini saya merasa puas dengan pelayanan bukabuku.com dan saya telah memesan batch kedua kemarin. :)

    ReplyDelete
  42. Saya pernah 2 kali beli di bukabuku.com. pertama waktu sy msh di rumah sy (di tangerang) dan kedua di tempat sy bekerja (sy perantau di salah satu bagian pulau flores, NTT). Pertama kali sy memesan lancar mba dan sy suka. Untuk yg kedua, memang agak tersendat karena dari 3 buku yg sy pesan, 2 buku termasuk susah dicari. Tetapi mereka memberi tahu sy kalo buku yg sy pesan belum ada dan msh dicari. Memang walaupun mencarinya sampai lewat tenggat waktu yg ditentukan, mereka memberitahu sy walau tidak sesering mungkin. Dan ketika salah satu buku tidak ada, mereka menentukan opsi untuk tetap menunggu atau refund, sy melakukan refund dan termasuk cepat dikembalikannya.jd pendapat sy adalah:
    Belanja online memang harus bersabar apalagi beli buku online. Karena memang gak semua buku ready stock di gudangnya dan mereka harus cari di suppliernya. Dan yg memesan buku online disana pun bukan hanya kita saja. Memang sedikit kesal jika buku yg sampai lewat dari batas waktu yg ditentukan. Tapi kembali lg, mereka seperti itu pasti karena ada sesuatu. :)

    Dan sy setuju dgn Anonymous yg bilang "Mbak biasanya di bagian bawah judul buku di website tersebut ada kok tulisan apakah buku tersedia atau tidak atau perlu menunggu. Bahkan kalau dicari, ada juga keterangan kenapa perlu menunggu waktu lama karena ada beberapa buku yang masih di stock supplier."

    ReplyDelete
  43. not recommended sebagai toko online

    ReplyDelete
  44. Aduhhh ampun deh aman bukabuku, pesenan saya belum sampe2 sampe skrg, saya pesen 3 macam, 2 macam ready, trus diket kl ga dikonfirmasi tgl 16 des barang tetap dikirim, kenyataan sampe hari ini gak da status dikirim di web, bisa stress pesen barang begini, malah cs jawabnya diusahakan, dan parahnya saya sudah trsfer dari tgl 1 DESEMBER 2015, sampe skrg gak da kejelasan barang tersebut.. Ampun dah bikin kapok belanja online gara2 bukabuku !

    ReplyDelete
  45. Sama.. saya juga ngalamin.. dari selesai transaksi sampe rencana dikirim saja hampir 1 minggu, kok aneh yah? berarti mereka tidak punya stok, dan barang/buku yang ditawarkan masih milik penerbit.. Makanya dari pesanan 17 buku, 12 cancel karena tidak ada bukunya dan yg terkirim hanya 5 buku.
    Waktu pengiriman dari mulai pesan sampe buku tiba sekitar 20 hari, dan tentu saja ada dana yg harus di refund lumayan sih bagi saya 500 ribuan.. Nah ini yg bikin harap2 cemas.. mudah2an saja uangnya bisa kembali berkumpul dengan saya... hehehe...
    Gara2 ngejar diskon 20% nih... repot urusannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau toko buku online memang bukunya ada di penerbit. Untuk dana refund coba aja terus hubungi mereka lagi.

      Delete
  46. Wahhh.sYa telat baca....udh terlanjur pesen buku nih....

    ReplyDelete
  47. Ya ilahi... Aku baru aja beli di sini,mudah2an gak kayak kalian, mudah2an buku ku sampeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tidak mengalami seperti yang aku alami ya...

      Delete
  48. Bukannya ada pilihan COD ya? Saya rasa itu lebih aman. Saya dan teman saya beberapa kali blanja d situ, alhamdulillah lancar-lancar aja. Prosesnya slalu di update dan ada keterangan ready apa ada d suplier d setiap bawah buku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya kamu tidak membaca cerita saya dari awal. Saat saya order memang ada keterangan ready atau gaknya. Tapi itu diinform setela saya melakukan pembayaran. Kalau aja diinform sebelum saya melakukan pembayaran saya gak bakal orderlah.
      Dan kalau si bukabuku ini bisa dihubungi sepertinya saya gak masalah. Mungkin kamu termasuk orang yang beruntung gak ada masalah dengan toko online ini. Dan saya kebagian kejadian yang tidak mengenakkan.

      Delete
  49. Saya sdh berlangganan beli buku di bukabuku.com kurang lebih 4 tahun. permasalahan di atas memang kadang2 terjadi. Tapi saat ini mereka selalu memberikan konfirmasi saat buku tdk tersedia / melebihi tenggat waktu dan memberikan pilihan kepada kita apakah masih mau sabar menunggu / mengganti buku atau membatalkan pesanan. Pilihan pembayaran saya adalah selalu COD dan tinggal di Jakarta.

    ReplyDelete
  50. thanks for testimony'nya ... saya lagi mau beli di situs ini, lah kok banyak komplain... munduuuuuur

    ReplyDelete
  51. Saya barusan kena!
    WAAAA!
    Ngeselin banget.
    Saya beli 3 buku dan 1 judul buku masih tertulis 'PROSES' padahal sudah seminggu.
    Kemudian saya email cs-nya dan bilang, maaf sampai saat ini buku belum ready. Dibatalkan/ditunggu/diganti. Karena sudah lama menunggu (1 minggu lebih), akhirnya saya minta untuk dibatalkan semua orderan. Tapi ternyata hanya 1 judul buku tsb yang dibatalkan dan 2 buku dikirim.
    KAN JADI RUGI! Beli buku banyak dengan harapan, ongkir yang ditanggung tidak banyak. Apalagi saya ada di Batu, ongkirnya 26 ribu per kg!
    Akhirnya saya komplain, saya tidak puas saya tidak puas saya tidak puas.
    Menulis di kolom testimoni juga percuma, hanya testimoni bagus yang ditampilkan. NYESEL BELI DISITU.

    ReplyDelete
  52. jadi bagusnya beli buku online dimana ya kak?

    ReplyDelete
  53. Wah telat baca, duit saya nyangkut udh ampir 2 minggu ga direfund. Selama ini pake bukukita.com, kutubuku.com ga masalah. Baru sekali ini pake bukabuku com, kok kacau ya? Setelah googling "bukabuku refund" lhadalah, banyak bener komplennya

    ReplyDelete
  54. Yg paling parah beli buku disana ada seratus halaman lebih yang ilang..

    ReplyDelete
  55. Mending refund, saya beli disana seratus halaman lebih hilang.. Telpon malah disarankan kirim ulang ke penerbitnya langsung biar cepet katanya.. Heum..

    ReplyDelete
  56. Saya juga mengalami hal yg sama. Saya sedang memperjuangkan hak refund saya mbak. Doakan ya

    ReplyDelete
  57. saya biasa kalau beli buku di bukabuku.com selalu pakai sistem COD soalnya jaga-jaga tkt ada buku yang di tulis ready stock tapi gak ready.

    ReplyDelete
  58. saya belanja di pengen buku.net.. gini jg kejadiannya.. pesan 4 buku yg nyampe 3 dg alasan gak ready.. itupun nyampenya sebln lbh.. sisa uang gak dikembalikan.. pdhl kl ada niat baik sisa uang kan bs diselipin di paket yg dikirim kan? tp saya capek hubunginya lg.. jd belanja nya jatohnya mahal.. kapok deh..

    ReplyDelete
  59. Yah, telat baca review Mbak. Sekitar 2 minggu yg lalu, saya dan teman-teman saya order buku dari bukabuku. Awalny masih percaya karena salah satu dri kami pernah membeli buku di sana dan katanya bukubuku di sana murah dan terpercaya. Dari situ, saya dan teman-teamn saya berinisiatif memesan buku di dana karena buku yg kita cari-cari stoknya selalu habis di toko buku. Setelah membaca review Mbak, saya takut kalau hal serupa terjadi pada saya dan teman-teman saya. Masalahnya teman saya sudah mengirim uang yg tertera pada slip dan juga emailnya. Kami memesan 11 buku yang dikirim dalam 4 kali waktu pengiriman yg berbeda-beda dan sudah ditransfer sekitar SATUJUTA! Yaampun, Mbak. Jujur saya takut hal serupa terjadi pada kami, bahkan lebih parah.

    ReplyDelete
  60. emang sih aku juga pengalaman beli buku di bukabuku.com pengirimannya agak lama jadi males huhu untung waktu itu aku pake sistem COD jadi gak begitu dag dig dug karena uangnya masih di aku sebenernya ada +- nya sih ya belanja di toko buku online kayak gituuu enaknya lumayan murah gak enaknya nungguinnya lumutan wkwk

    Tapi sekarang aku masih suka belanja disana intinya pesannya jauh-jauh hari dan pake sistem COD. Kalo semingguan belom dateng dimaklumin deeh tapi kalo udah mau 2 minggu baru ditanyakan

    ReplyDelete
  61. Wah mbak...untung saya baca postingan ini. Tadinya mau order ke bukabuku...tapi kok feeling saya agak gmn gitu. Saya tanya2 dulu di WA adminnya tentang hal-hal yang mau saya tanyakan seputar pembelian buku di situ. Eeeeh jawabannya muter2 ga jelas. Ga jadi deh beli di situ. Ke tokbuk onlen lain aja jadinya.

    ReplyDelete
  62. saya juga lagi beli buku di bukabuku, mbak. Bener2 lama prosesnya. Satu minggu saya tunggu. Oke lah. Tapi masalahnya bukan itu. Di orderan saya tertera tulisan bahwa pesanan saya tiba di tempat hari rabu atau kamis lalu. Tapi hingga hari ini (jumat), belom ada kabar dari mereka. Saya pun coba ngirim email ke sana. Sampai sekarang saya masih nunggu balesannya. Kalaupun emang buku saya gak dikirim saya sih gak rugi. Toh saya belom keluar uang sepeser pun, karna saya menggunakan metode cod.
    Bener2 emang tuh toko buku online yang satu itu. Bikin customer makan ati.

    ReplyDelete
  63. Halo ka, salam kenal :) tapi dipostingan awal kan kaka bilang tertarik beli karna akan mendapat buku edisi bertanda tangan kalau ikut sistem PO
    Kalau sistem PO kan memang lama ka? #cmiiw
    tp kalau bukunya ready kaka pernah alami hal serupa? saya mau beli buku online tp bingung mau beli dimana :") ada saran mungkin :") terimakasih :D

    ReplyDelete
  64. saya juga sedang mengalami hal yg sama.. dari 8 buku yg saya pesan, hanya satu buku yang ready.. dan saya memesannya di bagi dalam 2 orderan.. sampai hari ini untuk kedua kalinya email dari bukabuku menginformasikan bahwa 7 buku tsb masih di upayakan ke supplier.. :(

    ReplyDelete
  65. Waah,sama bgtt nih. Aku jg bru2 ini pesen 5 buku dan trnyata yg ready cm 2. Udh nunggu smpe hampir 2 minggu yg ready masih 2 aja. Knp g diinfoin dr sblum pesen sih klo buku2 tsb g ready. Masalahnya ongkir k tpt ku ini 47rbu klo cm pesen 2 dan satunya komik kan sayang bgtt. Kecewa bgtt lah sm bukabuku ini.

    ReplyDelete
  66. Oh ya,, semoga aku beruntung....

    ReplyDelete
  67. Pengalamannya persis seperti yang saat ini saya alami. Berawal dari ikutan P.O buku Ikka Natasa dimana saya sudah dapat jatah 1 buku namun saat hendak konfirmasi pembayaran malah ternyata stoknya sudah habis alias hilang, entah apa penyebabnya. Karena terlanjur gagal P.O akhirnya saya memutuskan untuk membeli buku lain yang kebetulan sedang diskon, jumlahnya saat itu sekitar 7 buah buku yang saya pesan. Lanjut transfer dan konfirmasi pembayaran. Hampir seminggu lebih ternyata baru ada email kalau buku tersebut kosong semua, akhirnya saya memilih dana saya dikembalikan saja. Hampir dua minggu saya sudah 4 x kirim email mengenai kejelasan kapan dana saya akan dikembalikan dan 1 x mention lewat twitter. Hingga kini dana saya belum dikembalikan, sudah hampir 1 bulan lamanya, benar-benar kapok belanja di situ. Jumlah uangnya sih tidak seberapa namun keprofesionalan dari toko buku tersebut patut dipertanyakan apalagi oleh para pelanggannya.

    ReplyDelete
  68. Korban baru di bukabuku :) Beli 10 buku untuk saya dan titipan teman-teman. Buku tidak ada dan minta refund. Janji paling lama 14 hari, tapi sampai sekarang sudah 26 hari belum transfer. Tidak tahu sampai kapan tunggunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah pesan buku dan bayar tapi kirimannya tdk dikirim maksudnya?

      Coba hubungi via email lagi. Dgn menyertakan nomor pesanan.
      Semoga masalahnya cepat solved ya.

      Delete
  69. Saya pernah order 2 kali do bukabuku.com yang pertama alhamdulillaah lancar plus ttd penulis.. karna pengalaman itu sy order lagi, dan order kedua ini yang mengecewakan.. Status ready di web, tp yah gitu ternyata stok kosong, sampai akhirnya proses refund, refund request 29 April, sampai 5 Juni sy baru ingat buat cek refund sudah apa belum, sy cek email blm ada email refund, jadi sy tanya csnya, tgl 8 Juni dapat email kalau mereka telah melakukan refund (wedew kalau ga ditanya ga-refund kali yah).. eh ternyata saya cek histori rekening ga ada refund tersebut, email lagi saya ke cs-nya, balasannya seputar silahkan cek kembali saldo dan sedang ditanyakan ke bag.terkait, saya minta bukti transfer ga dikasih2. Sampai akhirnya 17 Juli sy cek lagi, belum ada respon, sy email lagi dan jawabannya : refund telah dilakukan 8 Juni, hadeuh cs-nya tidak baca histori emailnya :((.. langkah pamungkas telpon cs-nya, lgsg to the point sudah hampir 2,5bulan refund belum selesai, kalau sudah refund tgl 8 Juni kirim bukti no referensi, kalau belum kapan refundnya. Alhamdulillah setelah ditelpon langsung ada email dr cs bukabuku isinya refund date 8 Juni 2016 dengan bukti transfer tertanggal 19 Juli 2016, ya.. ya.. ya..

    Btw saya juga punya pengalaman buruk dengan gramediaonline, mirip2 kasusnya, di web ready tapi ternyata kosong, proses refund hampir 2bln juga..
    Sekarang rada mikir klo beli buku online :D

    ReplyDelete
  70. Sama mbaaa, aku pernah dan persis sama kayak mba, aku kapok deh belanja di bukabuku.com :(

    ReplyDelete
  71. Wah, kenapa saya baru cari tahu pas udah kena ya. Saya 3 minggu di delay2 trus krn katanya out of stock. Mana saya blanja byk disitu.

    ReplyDelete
  72. telat googling ..... gmn klnjutan ini?

    ReplyDelete
  73. saya juga pernah mengalami seperti ini. sekitar tahun 2013 lah.

    sebenernya, kalau menurut saya. toko online bukabuku.com bukan penipu, tapi lebih ke arah pelayanannya yang harus diperbaiki..

    dulu saya pesan buku sampe 2 bulan loh. tapi nyampe sih barangnya. ada juga yang diganti karena stoknya ga ada, padahal tuh buku di tampilin di website.

    saya pikir bukabuka.com perlu melakukan pendataan terhadap stok buku, lalu stok buku itu di tampilkan di website. jadi calon pembeli bisa tau bahwa buku yang dia beli masih tersedia / tidak stoknya.

    ReplyDelete
  74. hai kak, perna beli di parcelbuku??

    ReplyDelete
  75. Aduh, baru transfer tadi pgi...
    Semoga terselamat kan ;(

    ReplyDelete
  76. Saya mau ikutan sharing baru belanja dibukabuku,com. Padahal udah pakai sistem COD tapi Buku yang saya dapatkan seperti buku bekas karena keadaan buku yang dekil tanpa bungkusan plastik dan yang lebih mengecewakan adalah kondisi beberapa lembar halaman buku yang sudah hampir terlepas. saya sudah komplain ke pihak bukabuku.com. Saya disuruh retur ke penerbitnya. Kebayang dong gimana ribetnya proses retur belum lagi menunggu kiriman penggantian bukunya. Ya sudahlah saya legowo aja dan ambil hikmahnya gak mau belanja lagi di bukabuku.com karena mereka ternyata lepas tangan gak bertanggung jawab bahkan kata maaf pun gak ada loh dari pihak bukabuku.com. Kapok.

    ReplyDelete