Blogger Gathering : Memilih mainan yang cocok untuk buah hati bersama ELC Indonesia

Dulu sebelum punya anak, saya pikir semua mainan (baik yang dijual di mall, di pinggir jalan, atau dimanapun) itu sama aja. Ternyata setelah saya mengenal Mothercare dan mainan di ELC, dan sejak saya punya Baby Narend, wah ternyata beda ya, mainan anak itu tidak hanya menyenangkan untuk anak, namun juga harus punya unsur edukatifnya lho. Bukan cuma hanya sekedar bermain saja.

Sejak Baby Narend lahir, sudah saya perkenalkan dengan mainan edukatif dari ELC. Sekarang usianya sudah menanjak 7 bulan. Itu artinya usia bayi yang ingin memasuki tahap belajar berjalan dan merangkak. Dan ELC menyediakan permainan untuk semua tahap perkembangan bayi.

Beruntung beberapa waktu lalu, saya mendapat undangan dari ELC Indonesia untuk menghadiri gathering sekaligus perayaan ulang tahun ELC yang ke-40 tahun. Berlokasi di Cloude Lounge & Living Room, The Plaza 46th floor. Gedungnya bersebelahan persis dengan Plaza Indonesia. Beruntung saya sangat familiar dengan gedung Plaza Indonesia, jadi tidak perlu waktu lama untuk menemukan venue acara ini. 


Perjalanan ke The Plaza

Saat itu saya parkir di gedung eX plaza. Akses menuju ke lokasi memang sedikit agak tricky. Saya harus menuju ke lantai 1 terlebih dahulu, lalu saya menuju ke satu lift yang menghubungkan ke gedung The Plaza. Karena gedung eX dengan The Plaza is connecting (saling berhubungan), intinya sih kalau dari lobby utama, kamu berjalan ke The Plaza butuh waktu 10 menit.

Saat tiba di gedung The Plaza, saya agak-agak norak deh, pasalnya udah lama banget gak ke gedung perkantoran kayak gini, yah namanya juga udah gak pernah ngerasain jadi karyawan lagi, jadinya saat memasuki scanning area, saya salah masuk. Hihii... lalu seorang receptionis membantu saya mengarahkan menuju 1 lift yang mengantarkan saya ke lantai 46. 

Fyuhh.. akhirnya sampai juga ke lokasi :)

Dari rumah sih sengaja spare waktu 2 jam sebelumnya supaya tiba disana 30 menit sebelum acara. Tapi apa boleh buat saya tiba di lokasi malah justru acara akan segera dimulai *hikss* ngos-ngosan deehh..gara-gara kelamaan cari parkir dan lokasi acaranya.

Dapet Goody bag ?
Setelah sampai di lokasi, saya menuju ke meja registrasi. Setiap undangan yang hadir, mendapat 1 buah boneka Teddy Bear special edition yang cantik, serta press release. Oya, untuk Teddy Bearnya dibuat khusus loh, bulu bonekanya tidak mudah rontok, jadi aman diberi ke baby :)

Narsis Mode on

Sebelum mulai acara, saya disuruh mampir ke booth ELC dan berfoto ria disana. Ada boneka Teddy Bear yang suuuuuper gedeee banget disini. Wuaah.... rasanya saya pengen tidur sambil meluk Teddy Bear-nya! Hihii... bulunya lembut banget! :) pengen saya culik aja rasanya boneka ini untuk si Baby Narend di rumah :)) tapi kayaknya gak mungkin, pasti butuh 2 orang buat bawa :)

Foto-foto dulu yaa.. - Doc : Pribadi
Ohya, mereka menyuruh saya berfoto ria, bukan hanya sebagai kenang-kenangan, ataupun narsis, tapi mereka juga mengadakan kontes foto di instagram saat itu. So, saya pastikan semua orang pasti pengen ikutan berlomba-lomba untuk bernasis ria bersama :)

Okee. Selesai berfoto di booth mereka, sebelum masuk ke dalam ruangan, saya sempat menikmati interior designnya dulu disana. Dan tentunya berfoto-foto ria dulu ya untuk kenang-kenangan. Yeaa...kapan lagi saya bisa mampir ke lokasi yang seromantis ini. Cloud Lounge & Living Room memang pas dinikmati bersama pasangan. Atau sekedar hang out bersama kerabat dekat. Suasananya remang-remang :)

Love the environement :) - Doc : Pribadi
Its Showtime

Terdengar sayup-sayup sang MC, untuk membuka acaranya. Yaah gara-gara saya terlena dengan interior disana plus kelamaan photo session, saya jadi telat masuk :)) Sang MC membuka acara dengan memaparkan perkenalan seputar ELC serta perjalanannya selama 40 tahun terakhir.

Dari tadi nyebut-nyebut ELC. ELC itu apa sih? ELC adalah kepanjangan dari Early Learning Centre. Salah satu brand yang menyediakan mainan edukatif untuk anak-anak. Mainan yang mengutamakan tumbuh kembang anak.

Tanpa berlama-lama, acara selanjutnya dilanjutkan dengan sharing dari Dr. Markus. Dr. Markus membawakan materi tentang "Peran Bermain untuk Meningkatkan Perkembangan dan Kecerdasan Anak".

Menurut beliau "Bermain adalah merupakan sarana belajar, dan menambah pengalaman bagi si anak". Aspek perkembangan terkait bermain yaitu mencakup sensor motorik kasar dan halus, kognitif dan bahasa, sosial dan kepribadian serta bermain berguna untuk meningkatkan ketajaman panca indera.

Menurut Dr. Markus "Mainan bukanlah hanya sekedar untuk bermain. Tapi mainan anak juga harus disesuaikan dengan umur dan tahap perkembangan si anak". Kriteria alat permainan haruslah tidak berbahaya, terbuat dari bahan bermutu, sebuah mainan haruslah menarik dan menyenangkan, memiliki nilai belajar, sederhana (tidak rumit), dan harga yang pantas. Hehee.. iyaa, memang mainan edukatif itu ternyata sebading juga sama harganya :)

Dr. Markus bilang, bahwa mainan di ELC itu bentuknya ada yang bermacam-macam permukannya, ada yang kasar, dan juga ada yang halus. Semua itu ada tujuannya. Sejak bayi mulai diperkenalkan benda-benda yang mempunyai tekstur (permukaan) yang berbeda-beda. Agar ia bisa belajar dan merasakan tekstur dan bentuk yang berbeda dengan tangannya. dan Dr. Markus merekomendasikan beberapa macam alat permainan untuk tumbuh kembang anak.

Blossom Farm Wooly Lamb Chime (Source : ELC)

Bugs Squacker
Sejak berusia 4 bulan, bayi mulai menggunakan jari-jari tangan dan menggunakan kedua tangan untuk bermain. Sudah bisa membuka dan mengepal jari-jari tangannya. Oleh karena itu penting sekali diperkenalkan mainan dengan ukuran yang berbeda-beda. Dr. Markus merekomendasikan untuk mainan ELC Bugs Squaker sangat cocok untuk melatih sensoriknya untuk bisa membuka dan menutup telapak tangannya dengan benar. Posisi ibu jari ada di samping, bukan di dalam kepalan tangan.

ELC Bugs Squeaker (Source : ELC)

Sensory Stacking Rings

Untuk bayi yang berusia 6 bulan keatas bisa mulai diperkenalkan mainan Sensory Stacking RingsWaah.. baby Narend pas nih kalau beli ini :)

Setiap ring mempunyai tekstur yang berbeda-beda. Juga ukurannya berbeda-beda. Warnanyapun berbeda-beda. Mainan ini bertujuan melatih motorik dan sensoriknya untuk supaya si bayi bisa menyusun ring tersebut dari yang berukuran besar hingga ke kecil.

Sensory Stacking Rings, berguna untuk melatih jari-jari tangan, melatih konsentrasi, mengenal dan melatih memori warna, urutan besar hingga ke kecil serta berbagi peran bermain bersama.

dr. Markus menjelaskan tentang Stacking Rings - Doc : Pribadi
Sensory Stacking Rings (Source : ELC)


Shape Sorting Bus

Nah, alat permainan ini sekilas seperti mobil-mobilan biasa ya. Tapi, coba deh perhatikan, mainan ini, terdapat lubang-lubang di bagian atas bus tersebut. Lubang-lubang tersebut mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Menyesuaikan bentuk kotak yang bisa dimasukkan. Alat permainan ini untuk bayi yang berusia diatas 6 bulan. Untuk harga alat permainan ini IDR 359000. Saya juga menyukai alat permainan ini, karena sangat melatih motorik si anak.  

Alat permainan ini bertujuan untuk : 
  • Membantu belajar merangkak : Si bayi otomatis dalam posisi setengah duduk untuk dapat memainkan alat permainan ini. Dia akan merangkak untuk dapat memasukkan kotak-kotak sesuai dengan ukuran lubangnya di bagian atas.
  • Koordinasi mata-tangan : Untuk masuk dan mendorong mainan, memasukkan kotak ke dalam bus tersebut.
  • Melatih jari tangan : tiap kotak mempunyai bentuk yang berbeda-beda. 
  • Mengenal bentuk benda sesuai dengan tempatnya
  • Konsep benda hilang dan ada kembali (Object Permanence) : Alat permainan ini sangat penting untuk bayi. Guna untuk melatih si bayi untuk bisa mandiri. Jadi jika si ibunya pergi sebentar, atau bahkan pergi kerja seharian sekalipun, dia tidak akan merasa ditinggal atau sendiri. Karena dia sudah tahu, oh ibunya akan pulang, atau ibunya akan kembali lagi kok. Sama seperti konsep alat permainan ini. Bila ia sudah memasukkan kotak ke dalam lubang yang ada pada bus tersebut, dia tahu bahwa kotak yang ia masukkan itu ada di dalam bus. Dia tahu letaknya dimana. Jadi ia bisa menemukan dan mengambilnya kembali sendiri.
  • Melatih akurasi - presisi : Karena bentuk lubangnya berbeda-beda, bisa melatih kemampuan motoriknya untuk dapat memasukkan kotak sesuai dengan bentuk lubangnya.
  • Berbagi peran main bersama.

ELC Shape Sorting Bus - Red (Source : ELC)

Lights and Sound Walker
Para dokter dan ahli sekarang sudah tidak menyarankan untuk bayi yang baru belajar jalan untuk menggunakan baby walker. Dan ELC merekomendasikan Lights and Sound Walker ini. Alat permainan ini bisa membantu si anak belajar berjalan, mendorong, melatih jari tangan, memasukan lalu memutar. Harganya juga sebanding nih, IDR 959000.
ELC Lights and Sound Walker
Light and Sound Funky Footprint

Alat permainan ini untuk anak yang berusia diatas 12 bulan. Funky Footprint melatih koordinasi mata dan kaki saat berjalan, melatih keseimbangan, melompat dan melangkah, melatih memori dan konsentrasi, serta bisa mengenal angka. Footprint ini bisa menyala-nyala. Harganya IDR 489000. Lumayan ya :)

Light and Sound Funky Footprint (Source : ELC)

Learn to Dress Lily

Sekilas alat permainan ini seperti boneka biasa ya. Tapi alat permainan ini banyak kegunaannya lho. Bisa melatih ketrampilan jari tangan untuk kemandirian, dengan buka-tutup tali sepatu/kancing/seleting. Bisa melatih koordinasi mata dan tangan. Mengenal berpakaian lengkap. Serta melatih imajinasi dan bercerita. Tentunya alat ini cuma bisa digunakan untuk anak perempuan ya :) Dan untuk anak yang berusia lebih dari 18 bulan.

Learn to Dress Lily (Source : ELC)
HappyLand

Di ELC jenis HappyLand ada bermacam-macam. Ada yang HappyLand Police Station, HappyLand Store and Play, HappyLand Around the World, Happy Land Doctors Surgery, dan sebagainya. HappyLand dibagi per kategori atau hobby si anak. Harganya berkisar IDR 200000 - 500000. Saya suka mainan ini di ELC. Karena dikelompokkan menurut minat si anak. Alat permainan ini untuk anak yang berusia diatas 18 bulan. Karena di ELC jenisnya ada bermacam-macam, Dr. Markus menjelaskan yang konsep HappyLand Family (Rumah, Keluarga dan Perabotan). Di suatu rumah ada kakeknya, neneknya, orangtuanya, anjingnya, ada mobilnya juga, dan sebagainya.

Konsep alat permainan ini adalah konsep ruang di dalam atau diluar, diatas atau dibawah, pojok, samping, masuk atau keluar. Melatih imajinasi dan bercerita. Mengenal rumah dan perabotan, hewan peliharaan, mobil, orang di dalam rumah. Serta berbagi peran main bersama.

Karena harga alat permainan ini cukup mahal (buat saya sih :)), sekitar IDR 200000 - 500000, jadi saya bisa nabung dari sekarang untuk baby Narend di saat usianya sudah mencukupi :)

HappyLand Family and Store (Source : ELC)

HappyLand Store and Play (Source : ELC)
Sand and Water Table

Alat permainan ini untuk anak berusia diatas 18 bulan sampai dengan 8 tahun. Menggunakan media pasir, membuat gunung, lubang, melihat efek dari menjatuhkan pasir ke corong. Peralatan yang dipakai adalah serokan, sekop, dan garukan. Alat permainan ini bertujuan supaya si anak bisa berimajinasi dan bercerita. Serunya alat permainan ini bila dimainkan bersama teman-teman yang sebaya. Harga alat permainan ini range IDR 500000 - 900000.

Sand and Water Table (Source : ELC)

Magnetic Play Centre

Alat permainan ini untuk anak yang berusia 3 - 6 tahun. Alat ini melatih kognitifnya, belajar mengenal magnet, menempel, melepaskan benda. Lalu bagaimanan belajar mengenal huruf, angka, simbol dan hitungan. Belajar baca, tulis, gambar. Belajar konsep benar dan salah, hapus jika ada yang salah dan ganti dengan yang benar. Di ELC alat permainan ini senilai IDR 400ribuan.

Magnetic Play Centre (Source : ELC)

Key-boom-board

Alat permainan ini cocok dimainkan untuk anak yang berusia 3-6 tahun. Belajar mengenal musik, variasi irama, nada, juga mendengar suara lagu. Melatih jari-jari tangan. Koordinasi mata, telinga, dan tangan saat bermain dan bernyanyi. Alat permainan ini senilai sekitar IDR 1 jutaan.

Key-Boom-Board (Source : ELC)
Sebelum mengakhiri presentasinya, Dr. Markus berpesan bahwa "semakin banyak variasi mainan akan meningkatkan perkembangan, pengalaman serta kecerdasan anak". Variasi mainan yang melibatkan peran oranglain akan meningkatkan interaksi sosial dan kerjasama yang harmonis sebagai dasar untuk hidup bermasyarakat yang baik.

Jadi sejak kecil anak harus mulai diajarkan berbagi peran dengan sesama, bahwa di dunia ini bukanlah hanya dia sendiri. Harus bisa berinteraksi dengan orang lain selain keluarganya. Dan juga bagaimana harus berprilaku yang baik di sosialnya.

Setelah menghadiri acara seminar dan blogger gathering from ELC ini, saya jadi semakin paham, bahwa alat permainan yang baik itu sangat penting untuk tumbuh kembang anak lho ya. Mulai sekarang saya jadi rajin-rajin ke ELC hunting alat permainan yang cocok dengan Baby Narend. Emang sih harganya gak murah. 1 piece alat permainan saja bisa minimal IDR 99ribu, lumayan khan? :) Makanya saya seneng banget kalau ELC atau mothercare lagi musim sale. Saya selalu melisting barang-barang atau alat permainan yang akan dibeli 1 hari sebelumnya.

Jujur saya senang sekali setiap kali ke ELC. Kebetulan ELC store lokasinya tidak jauh dari rumah kami, yaitu ELC di Bekasi yaitu ada di Summarecon Mal Bekasi (SMB). Beruntung sekali ELC ada disana. Dan setiap kali saya ke ELC, saya pasti mengajak Baby Narend. Supaya dia bisa memilih dan melihat langsung alat permainan yang akan kami belikan untuknya.

Hampir setiap minggu saya selalu hangout on the weekend bareng keluarga dan selalu menyempatkan diri ke ELC. Yah, kali-kali aja ELC mengadakan diskon kan? :)

Pertama kali saya belikan Baby Narend alat-alat permainan yang ada di ELC, dia langsung suka lho! :) Dia sangat suka dengan bunyi-bunyi seperti plastik. Tangan dan mulutnya selalu gak pernah lepas sama mainan dari ELC. hihii lucuu deh :) Saya semakin jatuh cinta dengan alat permainan di ELC :)

Saya mengenal ELC sudah sejak dulu, sebelum saya hamil. Saat saya sering mengunjungi mothercare. Tapi saya masih beranggapan, "Ngapain saya beliin mainan buat anak saya nanti yang mahal-mahal? Toh semua mainan kan sama aja kan? Ujung-ujungnya juga dibanting-banting dan rusak juga kan? Qeqeqe..Haeee ternyata salaah! Alat permainan yang edukatif menunjang ketrampilan si anak.

Saya jadi jatuh hati kepada ELC karena beberapa bulan lalu saya juga pernah datang ke acara seminar ELC yang dibawakan oleh Dr. Markus. Beliau berpesan bahwa anak atau bayi itu saat bermain, tangan kiri dan kanannya harus 'disibukkan'. Disibukkan dengan mainan. Kanan dan kiri harus bermain. Untuk melatih keseimbangannya.

Beberapa hari kemudian saya coba belikan alat permainan untuk Baby Narend di ELC. Ceritanya saya ingin membuktikan sendiri. Saat itu Baby Narend berusia 5 bulan. Apakah benar yang dikatakan Dr. Markus? Sekarang Baby Narend sudah berusia 7 bulan. Dan selama 2 bulan ini saya perhatikan, perkembangannya cukup pesat untuk anak seusianya. Alhamdulillah :) Saya kurang tahu pasti, apakah karena memang dari Baby Narendnya sendiri, ataukah memang karena faktor dari alat permainan itu sendiri? Yang pasti, saya yakini, alat permainan yang baik pastinya akan menunjang tumbuh kembang anak.

Akhir kata, saya ingin mengucapkan Happy Birthday for ELC! Maju terus dan Keep Up The Good Work. Teruslah berinovasi untuk menyediakan alat permainan untuk kecerdasan anak.

No comments