MyTelkomsel Aplikasi Yang Sesuai Dengan Kebutuhanku


Me and MyTelkomsel :)
 
Aplikasi khusus Operator, tidak semua punya loh, beberapa operator membuat aplikasi khusus untuk memberitahukan sisa paket internet, tapi gak bisa isi ulang, ada lagi bisa isi ulang, tapi karena passwordnya diketahui sama teman, pulsa malah diambil teman, adalagi mau cek pulsa ribet banget caranya. Pernah gak ngalamin hal seperti itu? Sebagai Mompreneur dan Blogger, aku sering gonta-ganti kartu operator untuk mendapatkan akses internet termurah dan tercepat, selain itu pastinya juga mencoba aplikasi khusus operatoru itu sendiri, nah untuk pengguna Telkomsel, ada aplikasi yang meminimalisasi masalah diatas, yang namanya MyTelkomsel, pernah dengar atau pernah coba? :)


Jaman sekarang orang punya gadget lebih dari 1 adalah hal yang biasa, bukan masalah punya uang banyak, namun karena tuntutan kebutuhan. Apa kalian salah satunya? *Hayooo ngaku...* :) Aku yakin, bisa dibilang 99% yang baca tulisan ini, pastinya punya gadget lebih dari 1 :) Kalau aku pribadi, gadget yang kita miliki harus sesuai dengan kebutuhan, buat aku, satu gadget untuk kepentingan umum, satu gadget untuk bisnis, dan satu gadget lagi untuk Social Media, nah loh ada 3 gadget :) Nah apalagi kalau kamu freak akan gadget (baca: sering gonta-ganti gadget) sering juga gonta ganti kartu, penasaran nyobain koneksi internet yang paling OKEH yang mana. Dan tidak jarang juga hal ini menyebabkan orang sering lupa akan nomornya sendiri (salah satunya aku yang sering beli kartu perdana, jadi sering banget lupa nomor). Kalau udah lupa, gimana mau isi ulang pulsa? :D

Sebagai salah seorang Mompreneur yang bergerak dalam bisnis online, dan salah satu dari Fashion Blogger yang mengelola Blog Fashion. Pastinya membutuhkan koneksi internet yang mumpuni, gak lucu kan ada yang pesen baju, tapi gak bisa direspon cuma gara-gara gak ada sinyal. Hidup dan matiku bergantung sama yang namanya gadget dan internet :) *lebay mode on* Jaman sekarang kalau gak ada akses internet kok kayaknya gak cihuy banget deh ya. Mau ngeksis di socmed juga butuh internet. Walaupun aku punya gadget lebih dari satu *catet*, bukan berarti koneksinya okeh semua :) Pasti ada aja gituh yang blank spot hiks.. apalagi kalau cuaca lagi gak bersahabat *hujan deras*, pasti sinyal juga gak bersahabat dehh :(

Mungkin kalau dibilang freak gadget, aku terhitung freak provider kali ya, qiqiqi... Karena aku termasuk orang yang suka mencoba-coba bermacam-macam provider. Tapi karena domisiliku di daerah Bekasi, jadinya tidak semua provider bisa fast loading *ngebut* di daerahku.

Nah, kemarin saat aku berencana ingin membeli pulsa si salah satu counter pulsa langganan di dekat rumahku, iseng punya iseng aku bertanya dengan si penjualnya (namanya Agus)

Oline : Mas, di daerah ini Internet yang Okehh apaan sih?

Agus : Mba, udah nyobain Sm*** **en?

Oline : Udah mas, kemarin waktu hujan, koneksinya parah, buat buka Twitter aja gak bisa

Agus : Kalau yang baru itu mba B**T, udah nyoba?
Oline : Udah juga mas, koneksi di rumah parah, blank spot mulu, nyesel banget beli gak kepake sama sekali :(
Agus : Oh gitu, kalau gitu nyobain GSM aja mba, mau?
Oline : Boleh mas, ada rekomendasi yang bisa dipakai di Bekasi sama Bogor? Kebetulan minggu depan mau ke Bogor

Agus : Wah susah itu mba, gak semua operator GSM mumpuni didaerah, tapi ini aja mba, Telkomsel, ini mah udah pasti mumpuni di luar kota :)

Oline : Boleh mas, liat dong kartunya apa aja?


Setelah itu, mas Agus memberikan kartu Telkomsel untuk dipilih, bingung sih, bingung milih nomor hehehe, setelah mendapatkan nomor kesukaan, aku membayar 5rb untuk kartu perdana dengan isi pulsa 3rb, plus isi ulang 25rb. Kata mas Agus, Telkomsel lagi meluncurkan aplikasi MyTelkomsel. Katanya sih banyak keuntungannya. Masa sih? Karena penasaran langsung deh aku mencobanya. Let's check it out!

Gak sabar sampai rumah, langsung buka paket perdananya, waktu melihat kartu perdana yang aku beli, dibagian bawah, aku melihat tulisan "MyTelkomsel", tapi tenang aja, apapun kartu kamu mau Telkomsel yang warna Merah ataupun Simpati Loop, tetap bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel kok :) Nah saat memasukkan kartu ke gadget, langsung deh mulai registrasi kartu :)
Karena baru pulsa masih 3rb perak, aku download aplikasi MyTelkomsel dengan WIFI Modem TelkomFlash aku, gak terasa, wuzz cepet banget, mungkin karena ukurannya cuma 3MB :) Oya, jika kamu menggunakan operator selain Telkomsel, maka aplikasi ini tidak bisa membaca informasi di kartu kamu yah, walaupun kamu berhasil melakukan download dan install aplikasi. Aku melakukan download via PlayStore, disini terlihat bahwa aplikasi MyTelkomsel sudah didownload lebih dari 500.000 dan sudah ada 11.596 LIKE, WOW keren :)

Ohya, sebelum masuk ke aplikasi ini, kamu harus mempunyai ursername and password. Untuk username, otomatis adalah nomor provider yang kamu gunakan tersebut. Sedangkan untuk password, sedikit agak-agak extra tenaga ya, karena kamu harus menghubungi *323# guna untuk mendapatkan password. Disini istilahnya adalah token. Token digunakan setiap kali kamu masuk ke aplikasi MyTelkomsel. Seperti halnya klikbca. Yah, emang sedikit agak effort sih untuk masuk aplikasi ini, karena kamu harus login maksimal 10 menit. Karena kalau lebih dari 10 menit aplikasi ini akan expired dan kembali lagi kamu harus login.

Nah, nanti password yang akan digunakan pada MyTelkomsel ini akan dikirimkan melalui message (SMS). Dan akan expired otomatis selama 1 jam. Nanti kamu akan menerima SMS seperti dibawah
"Token anda adalah xxx Token ini tidak berlaku setela digunakan untuk transaksi atau jika tidak digunakan dalam waktu 1 jam"

Password ini selalu berubah karena aplikasi ini otomatis memuat segala data-data kita friends. Jadi, demi keamanannya, MyTelkomsel menciptakan kemudahan dan keamanan untuk si penggunanya. Setelah kamu berhasil masuk ke dalam aplikasinya, kamu akan menemukan tampilan yang seperti ini

Tampilan MyTelkomsel milik ku

Naaaah, ini yang aku maksudkan bagaimana MyTelkomsel sangat mengerti kebutuhan saya. Saking banyaknya gadget dan nomor provider yang aku gunakan pastinya lupa akan nomor provider sendiri. MyTelkomsel ngerti gw banget deh :) Apalagi aku yang sering pelupa. Saat masuk ke aplikasinya, langsung tampil tuh nomor beserta sisa pulsa kita berapa. Jadi gak perlu repot-repot langsung all in 1 :)

Nah, makanya aplikasi ini dilengkapi dengan PIN token yang sewaktu-waktu berubah demi kenyamanan si penggunanya.
Aku sarankan sih, sebelum membuka aplikasinya, langsung aja klik *323# then call untuk mendapatkan PIN TOKEN-nya. Karena mempermudah kelancaran masuk ke dalam aplikasi MyTelkomsel ini. Ohya, jangan lupa saat sudah masuk ke dalam aplikasinya,klik saja yang ada kolom 'Remember me' atau 'Ingat Saya'. Jadi kamu gak perlu ngetik berkali-kali nomor handphone yang kamu gunakan tersebut.

2. Menu Feature (Isi Pulsa)

Di aplikasi MyTelkomsel ini bisa juga langsung melakukan pengisian pulsa friends.

- Pilih menu feature pada bagian bawah
- Lalu pilih Top Up menu yang paling atas
- Masukkan kode voucher yang telah digosok
- Setelah kode voucher dimasukkan akan ada notifikasi bahwa permintaan sedang diproses

Ohya, setelah ada notifikasi yang dikirimkan melalui SMS, dan pulsa sudah berhasil masuk, sebaiknya log out saja dulu dari aplikasi ini. Untuk top up balance pulsa yang telah di reload. Aku mencoba reload pulsa sebesar 25ribu rupiah. Dan setelah berhasil di top up tampilannya seperti ini :

Horeee.. pulsanya sudah berhasil di TopUp :)
Ohya friends, kemarin sewaktu aku coba-coba masuk ke aplikasi ini setelah top up berkali-kali sampai stress sendiri kok gak berhasil-berhasil masuk yah? *feel stressed* Padahal aku masukkan kode vouchernya bener kok? Aku sempat utak atik sendiri, dan mencari tahu penyebabnya apa. Berkali-kali juga aku meminta kode PIN ke *323# tapi PIN yang dikirimkan masih tetap sama. (Ternyata PIN TOKEN yang belum digunakan, akan tetap sama PINnya bila kita belum menggunakannya. Alias PIN TOKEN ini hanya bisa sekali pakai). Jadi ya aku minta PIN baru berkali-kali yowiss pasti gagal maning gagal maning yo rek :))
And you know what, ternyata aplikasi ini bisa dijalankan jika ada akses internet ya :) Kalau tidak ada ya tidak akan bisa masuk ke dalam aplikasinya :) Tak kira karena aku salah memasukkan kode PIN, tak tahunya memang tidak ada akses internet hehee... :)

"Token you entered is incorrect. Please try again a few minutes"

3. Menu Feature (Transfer Pulsa)

Di MyTelkomsel ini pada menu feature (fitur) yang memuat transfer pulsa, quota dan sebagainya. Baru kali aku dengar ini ada aplikasi yang bisa transfer quota :) Nah kali ini aku ingin melakukan transfer pulsa. Kebetulan suamiku memang pengguna provider Telkomsel sejak dulu kala, and sekarang lagi sekarat pulsa. Paling sebel deh, dia slaluuu aja lupa isi pulsa, tapi masa aktifnya masih panjang. Yah udah deh aku sekalian aja tes transfer pulsa.

- Masuk ke menu feature
- Masuk ke transfer balance
- Masukkan nomor tujuan yang ingin ditransfer pulsanya
- Tinggal pilih jumlah nominal yang diinginkan

4. Menu Feature (Other Feature Apps)

Ohya, selain bisa untuk transfer pulsa and quota, aplikasi MyTelkomsel ada fitur lain yang menarik loh. Untuk yang sering travelling keluar negeri bisa menggunakan fitur roaming. Buat yang ingin mengetahui info tentang haji bisa menggunakan fitur ibadah.
Sssttt... bukan itu ajaa! Tapi di aplikasi MyTelkomsel ini ada fitur UseeTV loh. Aku adalah pengguna setia dari UseeTV. Serunya di aplikasi ini sudah terintegrasi dengan USeeTV dan Skype. Wah bakalan makin sering mengakses aplikasi ini deh :)

Buat kamu yang mau tau lebih banyak tentang MyTelkomsel, coba tengok video Youtube dibawah, dijamin kamu akan makin cinta dengan MyTelkomsel :)

Untuk aku, aplikasi MyTelkomsel, tidak sekedar aplikasi untuk cek pulsa, beli paket internet, cek nomor atau isi pulsa, tapi sebuah aplikasi all in one yang sesuai dengan kebutuhan aku :) Terima kasih Telkomsel.

2 comments

  1. Hahahaha. Iya, kudu pake koneksi, Mba. Andai kek game yg udah diinstall gitu, tinggal pake.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa... sampe pusing aku coba berkali kenapa gak bisa2. Kirain eror. Ealaah gak taunya no koneksi internet qeqeqe :))

      Delete