Enjoy for being a Motherhood!


Penulis : dr. Meta Hanindita
Penerbit : Stilleto Book
Tahun Terbit : 2013
Editor : Herlina P. Dewi
Design Cover : Nisa Imawati Hidayat
Penata Letak : Dadang Kusmana
Isi : 171 halaman
Harga : Rp. 40.000,-

Setiap orang pasti mempunyai hak untuk hidup bahagia. Salah satunya adalah bila dikaruniai seorang anak dan menjadi seorang ibu. Sama seperti di saat hamil, banyak sekali keputusan yang harus diambil. Apakah minum susu hamil atau tidak, melahirkan caesar atau normal dan sebagainya. Sama seperti ibu muda yang pastinya bingung menghadapi berbagai macam masukkan dari semua pihak. Entah dari orangtua, ataupun sahabat yang sudah lebih dulu mengalami menjadi seorang ibu. Nah, setiap orang juga berhak atas keputusan yang diambilnya sendiri.

Dr. Meta, sang penulis dan juga sekaligus adalah dokter anak mengulas pengalaman pribadinya dalam buku ini menjadi a young mommy menjadi suatu cerita yang menarik untuk dibaca setiap saat. Mulai dari penanganan bayi kuning, baby blues syndrome, bagaimana kalau anak kena alergi, manajemen ASIP, dan sebagainya.

Saya adalah seorang ibu muda. Yang haus akan pengetahuan tentang bagaimana cara mengurus bayi, pemberian ASI sampai tentang imunisasi semua lengkap dibahas disini. Buku ini menjadi acuan saya setiap saya mengalami permasalahan dengan bayi saya. Buat saya, pengalaman adalah pelajaran yang paling berharga. So, bagi saya, saya lebih tertarik membaca pengalaman oranglain dibanding dengan membaca teori.

Ohya, buku ini bukan hanya diperuntukkan bagi yang sudah mempunyai bayi saja. Tapi bagi calon a young mommy juga boleh kok membacanya sebagai referensi. Karena saya-pun membeli buku ini sewaktu saya dalam kondisi hamil muda.

Membaca buku ini seakan-akan saya berada di posisi Dr. Meta wanna be. Bagaimana repotnya mengurus bayi yang baru lahir, sementara orangtua punya aturan sendiri yang mungkin tidak sepaham dengan pemikiran kita. Tapi Dr. Meta punya solusinya.

Menjadi ibu adalah sebuah pilihan hidup. Pilihan hidup itu kita yang menentukan. Dan pilihan itu perlu adanya petunjuk arah. Dan buku inilah bisa menjadi 'kompas' kita untuk bisa lebih matang, untuk bisa menjadi seorang ibu yang baik serta bijak bagi anak-anaknya.

Ada satu quote yang paling saya suka yaitu,

"Remember, no one can tell you that you're not a good mother. No one. Motherhood is a heart work and a work with heart NEVER fails"



No comments