Apa Pertimbanganmu Untuk Berbelanja Online?



Masyarakat Indonesia ternyata mengandalkan belanja online sebagai pilihan yang cerdas karena memudahkan mereka untuk menghemat uang dan waktu. Ternyata betul juga ya, contohnya gak jauh-jauh, yaitu saya sendiri penikmat belanja online alias window shopping :) Apalagi buat yang mempunyai baby baru berusia 3 bulan, rasanya ya repot aja gitu buat bepergian meninggalkan anak kita untuk sekedar berbelanja, yang menurut kita kadang suka gak penting tapi penting di saat dibutuhkan *halaah*

Lebih dari setengah atau 60% responden berbelanja online itu supaya memperoleh tawaran diskon atau promosi. Sementara hampir setengah dari mereka atau 49% melihat bahwa belanja online menawarkan harga yang lebih murah ketimbang toko-toko yang ada di mal atau departemen store. Sedangkan sekitar 39% responden mengatakan bahwa dengan belanja online mereka dapat memperoleh banyak informasi ketika ingin membuat keputusan karena memungkinkan mereka untuk melakukan perbandingan.

Saat ini belanja online sudah menjadi bagian dari gaya hidup kaum urban lho friends. Bahkan mereka bisa berbelanja lebih dari lima kategori produk online.

Ohya, sering gak kalau kita datang ke toko offline katakanlah di Departemen Store, sering ditawari macem-macem? Padahal kita hanya mencari satu item barang saja? Yang tadinya mau menghemat, malah mengakibatkan bon belanjaan kita jadi membengkak :)) 
Gak mau saya sebutkan disini Departemen Store apa. Yang pasti yang suka ada menjamur di berbagai mall itu loh :) Baru juga pegang barangnya, pasti ditawari dipersilakan untuk mencoba, sizenya macem-macem, sampai ditawari diskon. Terus kita dikintilin alias dibuntutin terus. Gerah gak? Kalau saya sih sebel juga, sebel banget malahan :))
Naah, bagi sebagian orang mengatakan lebih nyaman berbelanja online karena kemudahannya untuk menelusuri pilihan tanpa ada paksaan untuk dibeli :)

Tapi, ada juga yang tidak suka berbelanja online. Karena terkadang barang yang dipesan tidak sesuai dengan barang yang dikirim. Bisa rusak ataupun salah. Ataupun barang bisa tidak sampai kepada si pengirim.

Menurut survey yang dilakukan oleh Google Indonesia, produk yang sering dicari oleh konsumen di gerai online adalah berbagai produk fesyen (pakaian) lho :) Ini membuktikan bahwa masih terbilang cukup tinggi untuk angka tingkat kepercayaan orang terhadap pelaku online. Selain fesyen, pembelian gadget dan elektronik juga termasuk kategori produk yang diminati.

Pertumbuhan online shooping menjadi luar biasa menurut saya salah satunya adalah ditunjang dari kemudahan akses internet. Bayangkan pada waktu jaman dulu, akses internet masih terbilang mahal dan rata-rata orang belum semua memiliki gadget yang mumpuni. Tapi coba lihat sekarang, jika ke pusat-pusat pertokoan, di mall, pasti akan sering kita jumpai banyak orang yang sambil ber-gadget ria. :)

Selain itu, menurut menurut survey Google Indonesia, orang berbelanja online didasari faktor menghindari kemacetan. Kondisi Jalan di Jakarta sudah cukup padat. Akibatnya orang lebih memilih berbelanja lewat online dan membayar ongkos kirim untuk menghemat waktu. Menurut saya tarif ongkos kirim dengan waktu so-so lah ya.

Nah, melihat kenyataan diatas, sebagai konsumen online, apakah pertimbanganmu untuk berbelanja online? Ada pendapat lain? Share ke saya ya :)



No comments