Masa Depan ASEAN, Masa Depan Dunia

ASEAN 2015 - Doc : www.muic.mahidol.ac.th
 
Kalau bicara masa depan, pasti teman-teman berfikir tentang bagaimana kita mempersiapkan semua hal, mulai dari pendidikan sampai dana. Kalau masa depan negara, pernah kebayang gak harus mempersiapkan apa ? Bingung yah, yuk kita bahas :)

Ayo, ada yang tau gak bulan April lalu ada acara apa di Brunai ?

Buat anda para ASEAN Blogger pasti pada tahu semua :) Iya, ada KTT ASEAN ke-22 dengan tema "Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan" dengan pokok perundingan pembangunan badan persatuan ASEAN, dengan 3 pilar utama, yaitu

1. ASEAN Political-Security Community
Para negara ASEAN bekerja sama untuk mengamankan ke-10 negara ASEAN, dan tidak akan membiarkan teroris, pembajak dan narkoba masuk ke ASEAN.

2. ASEAN Economic Community
Dengan bergabung dan membuka industri antar negara ASEAN, maka ekonomi para negara ASEAN akan terangkat, selain itu kita juga bisa bekerja dimanapun di negara ASEAN yang kita mau.

3. ASEAN Socio-Culture
Yang terpenting adalah manusia, dimana sebagai negara ASEAN kita menciptakan lingkungan yang bersih, membantu saat terjadi bencana alam, dan yang terpenting belajar satu sama lain. 

Mungkin gak yah tema "Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan"dilakukan ?

Sebelum menjawab itu, lebih enak sepertinya nonton video dibawah :)


Gimana udah nonton videonya? Kalau belum nonton dulu, bagi yang udah nonton gambaran tema tentang menyatukan rakyat memungkinkan kan :) 

Memang ASEAN yang terdiri dari 10 negara ini kalau disatukan pasti susah sekali, karena tiap negara punya kepentingan sampai kebudayaan yang berbeda-beda. Kuncinya adalah pada 3 pilar utama yang akan dibentuk tahun 2015 yaitu Politik, Ekonomi dan Sosial Budaya. Tanpa 3 pilar tersebut ASEAN tidak akan bisa bersatu dan kuat.

Selain 3 pilar utama itu, jangan pernah lupakan Motto ASEAN

Motto ASEAN yaitu "One Vision, One Identity, One Community", itulah kunci pendukung selain 3 pilar utama. Sekarang kita bahas satu persatu mengapa kunci pendukung selain 3 pilar harus ada ? supaya gampang di mengerti kita hubungkan dengan cara kita berorganisasi ya.

"One Vision"
Kalau kita ber-organisasi, pasti sebelumnya kita menentukan visi dan misi kita apa, karena semua yang akan kita lakukan berpatokan pada visi yang kita susun. Setiap orang walaupun punya kepentingan masing-masing di organisasi, semuanya harus punya 1 visi yang sama, sehingga organisasi bisa berjalan dengan baik tanpa masalah. Pernah kebayang gak kalau organisasi yang anda ikuti sekarang memiliki visi yang berbeda-beda? Wah pastinya tiap orang punya kepentingan dan urusan masing-masing dan bukannya mengurusi organisasi tapi malah memecah organisasi. Dengan 1 visi ASEAN yang terdiri dari 10 negara tidak akan terpecah, karena dalam ASEAN kita akan memiliki visi yang sama.

"One Identity"
Dalam berorganisasi kita pasti memiliki identitas kan, misalnya KEB atau Kumpulan Emak Blogger yang saya ikuti, identitasnya sudah jelas sekali, yaitu kumpulan emak-emak yang doyan ngeBLOG ngumpul jadi 1. Gak mungkin kan kalau member KEB ada bapak-bapaknya :) identitasnya pasti akan berubah jadi KBB alias Kumpulan Bapak Blogger hahaha. Di ASEAN juga sama, walaupun sebagai negara kita memiliki identitas yang berbeda-beda, karena 10 negara itu bergabung dengan ASEAN, maka setiap negara secara tidak langsung akan memiliki identitas sebagai salah satu negara ASEAN. Jadi kalau ada orang yang bertanya "Persamaannya Indonesia, Malaysia dan Singapura apa?" Jawabannya bukan negara di Asia Tenggara, namun karena identitasnya satu maka bisa dibilang "Mereka adalah negara ASEAN", keren kan :)

"One Community"
Saya ingat pernah diajak mantan pacar yang sekarang jadi suami untuk ikut kopdar anak-anak motor Tiger, namanya HTML atau Honda Tiger Mailing List dimana semua orang-orang yang memiliki motor Honda Tiger, ngumpul ngeriung dalam 1 komunitas. Yang kata suami saya, HTML adalah komunitas motor terbesar di Indonesia :) Suami saya juga pernah bilang selain HTML juga ada klub/komunitas lain, misalnya TJT (Tiger Jakarta Timur), TTM (Tiger Tapi Mesra), semuanya memiliki motor Tiger, namun sudah berbeda komunitas. Hal ini tidak berbeda jauh dengan ASEAN, kita yang sudah bergabung dengan ASEAN, ke-10 negara itu sudah menjadi 1 yaitu Komunitas ASEAN :)

Dengan 3 pilar utama yang saat ini sedang dibangun dan dirancang, lalu dukungan 3 kunci yang berasal dari motto ASEAN, harapan ASEAN "Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan" saya yakin bisa terwujud.


No comments