Jakarta, Heart of ASEAN

Enjoy Jakarta - Doc : sirait.com

Tak terasa hari ini adalah hari ke-10 untuk tantangan blog #10daysforASEAN, mulai hari ke-1 sampai hari ke-9 kita membahas seluruh negara-negara ASEAN. Untuk hari ke-10 ini adalah hari istimewa, kenapa tidak, karena kali ini kita membahas tanah air tercinta Indonesia :)

Di ASEAN siapa sih yang tidak kenal Jakarta (lebay mode on), gimana enggak kenal, Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia tercinta kita ini adalah tempat keberadaan markas besar 10 negara besar di Asia Tenggara, tepatnya sebagai kantor ASEAN Secretary yang berada di Jl. Sisingamangaraja 70A Jaksel, bagi anda yang belum tau dimana kantor ASEAN, gak asikkk, besok coba ke TKP deh gan untuk liat kantor ASEAN seperti apa :) bagi yang penasaran, liat foto penampakannya dibawah.

Markas Besar ASEAN - Doc : wikipedia.org
Indonesia dipercaya oleh negara-negara ASEAN lain sebagai markas besar adalah sebagai bentuk kepercayaan bahwa Indonesia bisa menjadi jembatan aka penghubung semua negara ASEAN atau bahasa kerennya "Diplomatic City of ASEAN". Penasaran kok bisa yah Jakarta yang menjadi markas besar ASEAN ?

Jakarta as Diplomatic City of ASEAN

Oya, sebelum bertempat di Jl. Sisingamangaraja, pada Februari 1976, Sekretariat ASEAN masih berada di Departemen Luar Negeri loh, baru tahun 1981 dipindahkan dan diresmikan oleh pak Harto (yang saat itu menjabat sebagai presiden) ke tempat yang sekarang kita kenal sebagai ASEAN HQ.

Alasan kenapa dipilihnya Jakarta dipercaya sebagai Diplomatic City of ASEAN kemungkinan besar karena :

- Sekitar 70% uang di Indonesia beredar di Jakarta, dan tercatat bahwa BEI telah mencapai USD 510 miliar atau nomor 2 tertinggi di ASEAN (setelah Bursa Efek Tokyo).

- Jumlah penduduk terbesar antara negara ASEAN lainnya, yaitu sekitar 237 juta jiwa (survai tahun 2011).

- Penggagas AFTA (ASEAN Free Trade Area).

Jakarta, sebagai pusat ekonomi di Indonesia memang tidak main-main, dengan penduduk 10 juta jiwa (survei tahun 2011) yang termasuk terpadat di dunia dan termasuk peringkat 13 untuk kota terpadat di dunia. Tidak hanya itu tahun 2011, Jakarta masuk peringkat 17 dari 200 kota besar di dunia, padahal tahun 2007 peringkat 171, jauh meninggalkan Kuala Lumpur, Beijing dan Bangkok.

Jakarta and ASEAN

- Tau dong yang namanya Taman Suropati di Menteng, disana ada beberapa patung modern karya artis-artis ASEAN loh, dimana sekarang Taman Suropati punya sebutan baru yaitu Taman Persahabatan Seniman ASEAN. Keren kan :)

- Kalau anda tau dimana Sekretariat ASEAN, anda bisa datang ke ARC alias ASEAN Secretariat Resource Centre dimana disini tersedia banyak dokumentasi tentang ASEAN, mulai dari buku, koran, sampai video yang berhubungan dengan ASEAN, dan semua yang ada di ASEAN.org sumbernya dari ARC ini.

- Buat anda yang mau tau tentang kebudayaan negara-negara ASEAN, gak perlu datengin satu persatu, cuma kunjungi ASEAN Gallery. Disana anda bisa melihat presentasi foto, barang-barang dari semua negara ASEAN, cuma di Indonesia yang bisa begitu :)

Out Of Topics a.k.a. OOT

Gimana ASEAN menarik yah :) anda bisa berpartisipasi sebagai warga negara Indonesia yang mendukung program-program ASEAN, atau anda bisa menjadi salah satu orang yang bekerja keras secara langsung di ASEAN. Mana yang anda pilih ? Kalau panggilan jiwa anda adalah ASEAN, mungkin anda bisa langsung bergabung dengan komunitas ASEAN, mulai dari level Technical Officer, Senior Officer sampai Executive Director :) Mau??? coba klik disini, nanti akan ada lowongan yang tersedia bagi anda, mudah-mudahan ada yang pas untuk anda.


Jakarta, Heart of ASEAN

Dengan semua kelebihan yang dijabarkan diatas, menurut saya memang pantas, jika Jakarta dipilih sebagai MABES alias Markas Besar dari ASEAN. Walaupun saya yakin di tahun 1976 dan 1981, tidak banyak pilihan tempat :) Kita sebagai warga Jakarta harus bangga akan hal ini, yuk mulai nge-tweet dengan hashtag #JakartaIsHeartOfASEAN :)




2 comments

  1. saya cukup tertarik dengan komunitas ASEAN 2015, tapi takut juga wkwk

    ReplyDelete
  2. dulu pas SMP, sy sering bgt lewat markas besar ASEAN itu :D

    ReplyDelete