Cerita Kehamilanku : Control 15 weeks 3 days

Hari ini waktunya saya control dokter untuk kehamilan saya yang memasuki bulan ke 4. Excited rasanya. 

Hari itu tepat hari Rabu, 4 September 2013.
Seperti biasa, saya booked nomor dokter dari pagi hari. Maklum, dokter obgyn saya termasuk dokter yang favorit. Kudu di booked dari jauh-jauh hari. Kalau mau dapat nomor di hari yang sama bisa booked by phone atau datang langsung. Yang booked by phone mendapat nomor ganjil. Sedangkan yang booked datang langsung, mendapat nomor genap. Susternya menyarankan, jika ingin mendapat nomor awal, datanglah pagi-pagi sekali sekitar jam 7an. Nah, karena saya ingin mendapat nomor pertama, alias genap, jadi saya putuskan untuk datang langsung saja. 

Gubraakk... suami saya bangunnya kesiangaan...(eaaa perkara baru dehh...). Urusan ambil nomor antrian saya serahkan kepada suami saya. maklum, karena jarak dari rumah saya (Jatiasih) ke Rumah Sakit Mitra Bekasi Barat lumayan jauh. Jarak tempuh 30 menit, jadi saya putuskan untuk suami saya saja yang mengambil nomor antrian, lalu pulang lagi. Karena biasanya dipanggilnya sekitar pukul 10 keatas. 
Suami saya baru datang pukul 08.30 tiba disana, dapat nomor antrian 22 dehhh hikss :( Bisa-bisa dipanggilnya sekitar jam 12 keatas deh...

Akhirnya saya memutuskan tiba di Rumah Sakit pukul 10.00. Karena jam praktek dokter dimulai pada pukul 9 pagi. Suasana nampak ruameee banget. Banyak antrian, banyak anak-anak..berisik, hadeeuh riweuh deh kalau control pagi-pagiiiii.. Bareng sama control dokter anak soalnya. (Dalam hatiku : Duuh... ini pasar apa rumah sakit sihhh..). Seperti biasa saya dicek tensi darah dan berat badan. Tensi darah saya 110/70 dan berat badan saya 61 kg. Sama seperti bulan lalu, tidak mengalami perubahan.

Jam menunjukkan pukul 11 siang. Hmm... kebetulan dokter saya sedang ada penanganan pasien. Terpaksa saya dan suami menunggu dehh sekitar 45 menit. Saya bertanya kepada suster yang jaga, bahwa dokternya sedang ada penanganan bedah cessar. Sambil menunggu, seperti biasa, bumil laper, suami saya yang baik hati membelikan cemilan bacang ayam (kesukaan saya di Rumah Sakit ini) untuk cemilan saya hehe...(Harga bacangnya naik! jadi 10rebu.. yang tadinya 8rebu ..mana gak dikasih cabe lagi... saya kan paling gak bisa kalo gak makan pake sambel atau cabe.. akhirnya nyolong aje deeehh.. ambil diem-diem hikss..) >> penting nihh dibahas :D

Jam menunjukkan pukul 12 siang. Dokter sudah kembali dari peraduannya... upss.. maksudnya penanganan pasien :D .. Tadinya saya ingin istirahat turun mencari makan siang terlebih dahulu, tapi suami saya memutuskan menunggu saja. Karena biasanya nomor 20an akan dipanggil sekitar pukul 12an.
Akhirnya saya dipanggil nomor antrian pukul 12.30.

Di Ruang Dokter
Dokter bertanya seperti biasa, "Ada kabar baik apa nih Bu Caroline selama 3 bulan ini?" :) 
dengan excited saya bercerita keluhan saya, dan juga apa yang saya rasakan selama ini. Bahwa saya mengalami mual-mual hebat, tidur terus, malas, jerawat dimana-mana, payudara membengkak, banyak pulau-pulau hitam di badan saya :D... Dokternya hanya mengangguk-angguk saja pertanda "Ohyaaa...memang sama tanda-anda hamil seperti pada umumnya" :)

Kemudian saya di USG. Wuihh alhamdulilah bayi kami aktif dan sehat. Kata dokternya "Bu, ini bayinya gerak-gerak, salto-salto terus nih.. aktif bangeeet..:)" Saya dan suami senyum bahagia mendengar kabar ini. 
Lalu saat kami ingin mengetahui jenis kelaminnya, dokternya bilang, "Wahhh..belum bisa Bu, ini bayinya muter-muter salto terus daritadi. Gak tau kayaknya lagi main bola.." :p
Hmm... yasudah kalau begitu.. bulan depan kami baru bisa mengetahui jenis kelaminnya :)

Sebelum kami keluar, seperti biasa saya diberikan resep obat asam folat kembali, tapi kali ini yang mengandung zat besinya. Baru saya mau bilang, kenapa selama sebulan ini saya jadi pemalas dan pelor, ternyata dokternya udah tahu bahwa memang akan mengalami gejala ngantuk terus.. (yaealaaa.. dokter obgyn gituu looh..) :D

Nasehat dokter kali ini, hmmm... gak macem-macem sih.. Seperti biasa, sama seperti bulan sebelumnya. Karena memasuki bulan ke 4, akan merasakan puncak kenikmatan dalam kehamilan.
- makan sayuran dan buah setiap hari (tanpa absen)
- diperbolehkan makan apa saja, tidak ada pantangan apa-apa. Makanlah apa yang disuka
- boleh minum susu UHT, gak harus susu untuk ibu hamil. Tapi tidak disarankan untuk minum susu kental manis, karena waspada kadar gula yang terkandung di dalamnya
- minum es tidak membuat bayi bertambah besar. Itu hanya mitos
- jangan khawatir soal jerawat, maklumi saja, karena kan sedang hamil. Nanti juga saat masuk 9 bulan akan rontok semua (Iyaa deh percaya aja sama dokter) :)
- kembali lagi untuk control dokter bulan depan, dan bulan depan saatnya untuk suntik Tetanus

Dan pesan dokter yang terakhir, perbanyaklah berdoa, karena beliau tahu sekali riwayat kehamilanku sebelumnya :)

Biaya control
Biaya administrasi Rp. 140000
Biaya Obat           Rp.   98000
Total control         Rp. 238000

Alhamdulilah.. saya dan suami pulang dengan perasaan lega bahwa bayi kami sehat wal'afiat. Doakan bayi kami sehat senantiasa sampai lahiran ya :)



2 comments

  1. wow, lebih murah di Mitra yak? Aku USG bayar sendiri, dokter biayanya sendiri pula :|.

    btw, mak, kalo di hermina juga kek gitu kalo kontrol hari sabtu. cuma, agak mendingan sih. karena praktek poli anak arahnya ke kanan dari pintu masuk dan poli ibu (kandungan) ke arah kiri dan kanan-kiri tsb gag nembus. ya kegaduhan anak2nya bisa diminimalisir walaupun kadang mereka bersliweran sama emakbapaknya untuk jajan di kantin yg ada di daerah poli kandungan.
    tapi kadang seminar tentang perkembangan anak di daerah poli kandungan.

    di kantin hermina juga ada bacang, padet banget. aku lupa berapa harganya, tapi keknya gag sampe 10rb deh. aku lebih suka something-roll (semacam risol, tp bukan risol).

    ini bukan promosi loh. cuma info doang. hehehe.
    oiya di galaxy kaga ada NICUnya. kalo ada masalah, kudu dirujuk ke Hermina Bekasi.

    tentang jerawat, eh iya, bener, setelah lahiran, ilang semua tuh.

    baca ini, jadi semangat update blog lagi di wp ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mak. Ternyata lebih murah di mitra ya. Tapii apa karena di hermina galaxy? Hermina bekasi mungkin lebih murah gak tuh?

      Dulubsih dokterku ini praktek setiap hari senin-sabtu (malem). Cuma, krn skrg dia merasa capek, praktek ampe tengah malem (kadang2), namanya juga udah ibu2, jadinya ya pindah ke pagii. Dan itu rameee bgt di mitraa. Gak nyaman :(

      NICU itu apa mak? Ruang ICU? Iya, kata temenku berarti bener dong yah.. hermina bekasi emang lebih lengkap disana..

      Hihii.. soal jajanan penting bgt dibahas. Krn kan tiap2 RS pasti beda2 (baik harga maupun makanannya) hahaaa..

      Ayoo mak.. diupdate lg wp nya, biar tuker2an info ^^

      Delete