Mungkin gak, ada Salon Thailand di Perumahan anda tahun 2015 ?

Fly High Salon di Phuket - Doc : phuketdir.com

Pernah kebayang gak di dekat perumahan kamu berdiri Salon terkenal dari negara lain (supaya membayangkan gampang, anggap aja Salon dari negara Thailand), bahkan untuk memperkenalkan Salon itu, mereka rela untuk memberikan jasa potong rambut secara gratis lalu harga yang mereka berikan bersaing dengan salon lokal dan yang terpenting jasa potong rambut mereka semuanya memiliki sertifikasi internasional jadi tidak diragukan lagi dari sisi kemampuan.

Apakah kamu akan mencoba menggunakan jasa mereka ? 
Apakah mungkin anda menjadi langganan mereka ?
Jika kualitasnya baik, apakah anda akan merekomendasikan kepada teman anda ?
dan yang terpenting, apakah keberadaan Salon Thailand tersebut akan menggeser keberadaan salon lokal langganan anda?

Bagaimana anda menjawab pertanyaan tersebut ? Mungkin anda sulit membayangkan, salon dari Thailand itu apa aja ya ? Fasilitas apa saja yang mereka miliki sampai varian pelayanan salon yang mereka miliki dibanding salon lokal apa saja. Kita mulai untuk mencari salon yang terkenal di Thailand itu apa. OK, dengan berbekal google translate, saya translate kata "salon bangkok"


Lalu hasil translate saya masukkan ke Google Thailand yaitu http://www.google.co.th/ dan hasilnya


Kita mendapatkan salon "Granada The Boutiquw Gallery Salon"


Bayangkan ada salon seperti gambar diatas berdiri deket perumahan anda ? Kalau saya sih pastinya akan mencoba, karena biasanya salon yang baru buka akan memberikan diskon besar atau bahkan paket kecantikan gratis pula :)

Apakah anda akan mencoba menggunakan jasa mereka ?

Karena masih baru, salon-salon Thailand pasti akan memperbanyak promosi dan banjir diskon selama beberapa bulan, karena mereka akan berusaha untuk memperkenalkan produk dan jasa yang akan mereka jual. Jadi dalam waktu 3-6 bulan sejak mereka buka salon, saya yakin mereka akan kebanjiran order tidak hanya karena diskon, tapi lebih ke arah mau mencoba layanan baru terutama layanan salon yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Apakah mungkin anda menjadi langganan mereka ?

Pada dasarnya, setelah mereka buka selama 6-12 bulan, salon-salon Thailand ini akan memberikan layanan lebih dari salon-salon lokal yang ada di tanah air. Mulai dari Package Salon, Ladies Day Special Discount, Recommend a Friends to Get Free Gift, 5 Cut Get 1 Free. Beberapa hal itu akan membuat anda menjadi langganan anda, apalagi jika sampai ditawarkan Kartu Member secara gratis dengan privilege 5% Discount for Every Cut, untuk mengikat kita agar kembali ke salon tersebut.

Apakah anda akan merekomendasikan kepada teman anda ?

Jika setelah mencoba layanan yang baru dengan pengalaman baru, lalu sampai membuat kartu member lanjut dengan kembalinya anda untuk menggunakan layanan mereka lebih dari 3x, saya bisa pastikan bahwa anda akan puas dengan pelayanan mereka dan secara otomatis, hukum "Mouth to Mouth Marketing" akan berbicara, bisa dipastikan anda akan merekomendasikan jasa Salon Thailand ini kepada kerabat anda.

Menurut anda, apa kelebihan salon-salon dari luar negeri dibandingkan dengan salon lokal ?

Salon dari luar negeri yang dibawa ke Indonesia. pasti memiliki beberapa kelebihan yang pastinya berbeda dengan salon lokal, seperti :

1. Aura Salon yang masih baru. Salon tergolong baru, dan akan banyak orang yang penasaran untuk mencoba produk dari Salon Thailand ini dengan asumsi "Wah salon baru, belum pernah nih nyobain Salon Thailand, apa bedanya dengan salon lokal".

2. Sertifikasi Internasional. Dengan tenaga kerja yang bersertifikasi internasional, kita sebagai customer akan merasa aman dan nyaman karena berada ditangan yang tepat.

3. SOP yang jelas. Yup jika salon dari Thailand di bawa ke Indonesia, otomatis semua pekerjaan akan dibuat SOP, karena akan dioperasikan di Indonesia.

Apakah keberadaan Salon Thailand tersebut akan menggeser keberadaan salon lokal langganan anda?

Untuk mencoba, saya yakin banyak orang yang mau melakukan itu, terutama jika gratis :) Untuk mengambil pasar salon lokal, menurut saya bisa selama masih masa promosi, namun lewat masa itu, customer Indonesia akan berfikir 2x untuk menggunakan Salon Thailand, kenapa ?

1. Kendala bahasa. Kita lebih sering menggunakan bahasa Indonesia untuk percakapan, jadi jika karyawan salonnya menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi, customer akan merasa asing dan tidak diperhatikan.

2. Tidak bisa ngobrol. Kalau anda sering ke salon seperti saya, anda pasti ngobrol bareng capsternya :) yah ngobrol mulai dari berita gosip sampai berita, semua dilakukan waktu potong rambut, kalau anda tidak bisa ngobrol dengan capsternya, pasti anda akan berfikir kembali.

3. Harga paketan yang lebih mahal. Biasanya harga yang ditawarkan lebih mahal ketimbang salon lokal, karena produk luar kena pajak ini dan itu.

4. Ketidaknyamanan karena merasa tempat yang lama lebih nyaman. Kalau sudah nyaman di salon lokal langganan, biasanya pelanggan sulit pindah ke lain hati. Walaupun fasilitas yang ditawarkan oleh salon Thailand tersebut lebih baik. Jika sudah ada langganan capster, contohnya saya, saya tidak mau pindah salon langganan. Karena menemukan capster yang cocok itu sulit bagi seorang wanita.

Tahun 2015 tinggal 2 tahun lagi, 2 tahun adalah waktu yang sangat singkat. Persaingan tidak hanya dirasakan oleh perusahaan besar seperti telco sampai consumer goods, namun yang paling merasakan persaingan ini secara langsung adalah para UKM, karena sampai sekarang pemerintah masih belum memperhatikan para UKM kita, jangan sampai UKM kita tergusur oleh UKM dari negara lain. Karena saya yakin negara-negara lain mulai "menyerang" kita melalui produk-produk UKM yang harganya murah dan berkualitas.

Siap atau tidak siap, kita akan segera menghadapi persaingan global, rasa cinta tanah air akan menjadi kunci dari persaingan yang sebentar lagi berada di depan pintu. Dulu ada slogan "Aku Cinta Produk Indonesia", sudah saatnya pemerintah memperkenalkan lagi slogan itu kepada masyarakat Indonesia. Jika anda tidak membeli produk sendiri, yaitu produk Indonesia, siapa lagi yang akan membeli?

Kalau saya, saya pasti akan menggunakan produk Indonesia, AYO BELI PRODUK INDONESIA.










1 comment

  1. Wah, kalau dilihat salon di bangkok gambarnya kayak yang di Facebook di atas, itu udah salon kayak di Mall di sini ya.. Kalau itu ada di sebelah rumah, kayaknya nggak mampu deh saya bayarnya.

    Kecuali diajak dan dibayarin sama Oline. :D

    ReplyDelete