Komunitas ASEAN 2015 di Mata Rakyat

ASEAN, Unity in Diversity - Doc : zinbads123.livejournal.com

ASEAN, apa yang ada di kepala anda waktu mendengar kata itu ? Kalau di rata-rata, mungkin paling banyak menjawab "kumpulan negara di asia tenggara" atau bahkan yang menjawab "Association of Southeast Asian Nations" :) Kalau melihat masa lalu, waktu saya SD sekitar tahun 90an, dulu ASEAN hanya 5 negara loh, didirikan tahun 1967 oleh Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina. Coba kita lihat sekarang, ASEAN sudah menjadi 10 negara, yaitu Indonesia, Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan yang terakhir Vietnam. Sudah mulai banyak yah negara yang bergabung, bahkan Papua Nugini dan Timor Leste juga mau bergabung dengan ASEAN sebagai negara kandidat. Bahkan tidak hanya itu, tau gak istilah APT, APT itu adalah ASEAN Plus Three, yaitu kerjasama dibidang keuangan dari 10 negara ASEAN plus China, Jepang dan Korea :) Buat yang mau tau secara detail tentang negara-negara ASEAN, bisa nonton video dibawah.




Nah sekarang kan sudah tahun 2013, tau gak 2 tahun lagi di ASEAN ada apa ? :) Tahun 2015 akan terbentuk Komunitas ASEAN 2015, dimana tahun 2015 ASEAN akan memiliki misi "One Vision, One Identity, One Community". Lalu untuk mewujudkan hal tersebut, kita butuh 3 pilar, yaitu :

1. ASEAN Political-Security Community
Para negara ASEAN bekerja sama untuk mengamankan ke-10 negara ASEAN, dan tidak akan membiarkan teroris, pembajak dan narkoba masuk ke ASEAN. Mau tau lebih detail, klik disini, atau mau lihat aktivitas berupa video, klik disini.

2. ASEAN Economic Community
Dengan bergabung dan membuka industri antar negara ASEAN, maka ekonomi para negara ASEAN akan terangkat, selain itu kita juga bisa bekerja dimanapun di negara ASEAN yang kita mau. Mau tau lebih detail, klik disini, atau mau lihat aktivitas berupa video, klik disini.

3. ASEAN Socio-Culture
Yang terpenting adalah manusia, dimana sebagai negara ASEAN kita menciptakan lingkungan yang bersih, membantu saat terjadi bencana alam, dan yang terpenting belajar satu sama lain. Mau tau lebih detail, klik disini, atau mau lihat aktivitas berupa video, klik disini.

Bagi yang mau tahu tentang Komunitas ASEAN 2015, yuk nonton video dibawah




Gimana, mau join dengan Komunitas ASEAN 2015 dan Komunitas Blogger ASEAN ? :) Mari kita jadikan mimpi ASEAN menjadi kenyataan dan wujudkan MADE IN ASEAN :)




No comments