ASEAN 2015, Menguasai Dunia Lewat Kopi


Vietnamese Coffee (Cà phê) - Doc : http://heavytable.com

KOPI ? Sure

Kopi, 4 huruf yang langsung membuat melek orang-orang yang meminumnya karena ada kafein. Mungkin bisa dibilang saya dan suami termasuk pecinta kopi, karena kami punya ritual yang gak jauh dengan kebanyakan orang yaitu browsing dan ngeBLOG di coffee shop untuk dapetin koneksi internet stabil dan kencang :) karena kami berlokasi di Bekasi, hampir semua lokasi coffee shop di daerah Bekasi sudah kami sabangi, mulai dari coffee shop di Mall seperti Starbucks, Excelso, J-CO, sampai Dunkin Donuts. Tapi juga kopi-kopi diluar mall, seperti Kopi Oey, Coffee Bens, Merdeka Coffee Shop, Eight Coffee Shop, Veot Reot Coffee Shop, San9a Coffee Shop, Kopi TjiapHari.

Coffee the Origins

Tau gak, Kopi itu berasal dari bahasa Arab (qahwah) yang berarti power alias kekuatan, karena pada awalnya (800 SM), oleh bangsa Etiopia tanaman kopi digunakan sebagai makanan berenergi. Kopi mulai populer berkat dipopulerkan umat muslim  melalui penyebaran agama Islam yang pada abad ke-13 menyebar ke Afrika Utara, Mediterania sampai India. Nah tahun 1616, Belanda sebagai negara Eropa pertama yang berhasil membudidayakan, dan pada tahun 1690, kopi diperkenalkan bangsa Belanda ke Indonesia agar dikembangbiakan disini. Sedangkan di Brazil sendiri, industri kopi baru dimulai tahun 1727 berkat jasa Letnan Kolonel Francisco de Melo Palheta yang berhasil mendapatkan buket berisi biji kopi dari istri gubernur Perancis usai jamuan makan malam. Gak kebayang kalau Letnan Kolonel Frans tidak mendapatkan buket yang berisi biji kopi itu, apakah Brazil menjadi produsen kopi terbesar, dan jika Belanda tidak membawa kopi ke Indonesia tahun 1690, apakah Indonesia sekarang bisa menjadi produsen kopi No 3 terbesar di Dunia.
Arabika VS Robusta

Oya, dari banyak jenis kopi yang kita konsumsi setiap hari, tau gak sebenarnya kopi dibagi menjadi 2 macam loh, yaitu :

Robusta VS Arabika - Doc : sarapan.info

1. Kopi Arabika (Coffea Arabika). Kopi yang berasal dari negara asal kopi yaitu Etiopia, bisa dibilang kopi nomor 1 karena rasanya yang enak dan nikmat, sekarang kopi ini yang mayoritas ditanam di Indonesia

2. Kopi Robusta (Coffea Robusta). Kopi ini berasal dari Kongo, disebut kopi kelas 2 karena rasanya yang pahit dan asam serta mengandung kafein dalam jumlah yang lebih banyak dari Arabika.

Nah, gimana cara bedain kopi yang kita minum tiap hari ? Simple aja, kalau rasanya asam dan agak pahit yah kopi Robusta, dan biasanya kopi sachet yang murah-murah menggunakan biji kopi Robusta, sedangkan kalau anda merasakan kopi yang enak, rasanya tidak terlalu pahit, itu berarti kopi Arabika :) Buat yang ingin tau lebih dalam, klik aja kopiunik.com. Kalau saya suka yang mana ? pastinya Arabika.

Di ASEAN 2015, dimana negara-negara ASEAN mulai membuka diri, terutama dengan AFTA (perdagangan bebas), Vietnam dan Indonesia bisa bekerjasama untuk membuat sebuah branding yang mengambil nama ASEAN, misalnya saja ASEAN COFFEE, lalu membranding dan memperkenalkan disemua negara ASEAN, sehingga dikenal diseluruh dunia, karena dengan bekerjasama Vietnam dan Indonesia bisa mengalahkan Brazil, sehingga bisa mengambil posisi 1 produsen kopi, karena dengan menguasai kopi, ASEAN bisa menguasai dunia :) HIDUP ASEAN

No comments