Bersihkan Karang Gigimu sebelum terlambat

Karang Gigi - Doc : majalahdibalikwanita.blogspot.com

Karang Gigi apaan tuh ?

Saya yakin, bahwa teman-teman bisa menjelaskan apa itu Karang Gigi, bahkan setiap tahun pasti ada ritual untuk membersihkan karang gigi seperti saya :) "Lalu kenapa bertanya tentang Karang Gigi diatas lin?" karena yang bertanya itu adalah keponakan suami saya. Yup, yang bertanya adalah Tiwi, anak dari saudara suami saya, kebetulan Tiwi main ke rumah, saat ibunya mampir ke rumah, pas kebetulan saya dirumah, saya ketemu sama Tiwi :)

Singkat cerita, kemarin di sekolahnya ada checkup gigi gratis, dan sang dokter menjelaskan pentingnya membersihkan karang gigi, karena jika tidak dibersihkan nanti bisa ompong :)

Setelah mendengar cerita dari Tiwi, saya jadi ngeri alias serem, benar gak sih cuma gara-gara karang gigi, gigi kita bisa ompong. Akhirnya saya lagi-lagi menemui dokter keluarga saya, yaitu drg. Robert :)

Dok, Karang Gigi itu apa sih ?

Lin, karang gigi itu yah lapisan keras yang berwarna kuning yang berada sekeliling gigi. Simplenya, karang gigi itu terbentuk dari sisa makanan yang tidak dibersihkan secara benar saat kita menggosok gigi dan lama kelamaan menumpuk menjadi karang gigi. Jadi kalau kamu melihat di cermin ada lapisan warna kuning di gigi, nah itu tuh karang gigi.

Saya dengar dari keponakan saya, kalau karang gigi tidak dibersihkan, bisa membuat gigi ompong ya dok ?

Iya betul lin, tau gak kenapa? karena kalau kamu membiarkan karang gigi tanpa dibersihkan, maka karang gigi akan merambat ke gigi yang lain, dan akhirnya akan menyebabkan gigi goyang dan mudah lepas, karena karang gigi yang menumpuk bisa menyebabkan gigi terkikis.

Terus kalau mau membersihkan Karang Gigi harus ke dokter dong ? :)

Pada umumnya, untuk membersihkan karang gigi harus ke dokter gigi, karena karang gigi hanya bisa di hancurkan dengan alat yang namanya scaller, nah cuma dokter gigi yang punya alat seperti itu lin :)

Ada tips supaya karang gigi saya gak terlalu banyak dok ?

Gampang kok caranya lin, gini nih caranya :)

1. Sikat gigi 2x sehari secara rutin. 

Kita seikat gigi pagi dan malam, dan jangan malas loh, bangun tidur sebelum beraktivitas, sikat gigi, dan malam sebelum tidur, sikat gigi lagi. Namun kalau mau, seperti saya lin, tiap hari saya sikat gigi 3x, nah setelah makan siang, saya membersihkan gigi juga agar sisa makanan dari makan siang tidak terlalu malam mengendap di gigi.

2. Gunakan cengkeh untuk membersihkan gigi.

Caranya simple kok, siapin aja 5-7 cengkeh, blender aja, terus hasil blendernya digunakan untuk menggosok karang gigi, tapi jangan sampai di minum/makan yah cengkehnya :)

3. Makan apel 

Usahakan minimal 2-3 hari sekali makan apel, tapi jangan di kupas kulitnya yah, kalau saya biasa mengkonsumsi apel Grany Smith karena manfaat dan kandungan gizinya bagus untuk gigi :)

Tapi sebelum kamu ompong, sebelumnya gusi kamu akan berdarah karena karang gigi yang menumpuk, dan kalau sudah kena gusi berdarah maka dokter akan meminta kamu untuk menyembuhkan gusi berdarah terlebih dahulu sebelum.

Asal terjadinya Karang Gigi

Setiap org mempunyai derajat keasaman (pH) air liur yg berbeda2. So, terbentuknya karang gigi jg tdk sama utk setiap orang Bahkan ada lho yg gak punya karang gigi sama sekali :) Pertanyaannya, kondisi mulut & gigi yg spt apa yg berpotensial timbulnya karang gigi? Org2 yg memiliki pH tinggi >7, keadaan air liurnya adalah basa. 

Akibatnya mereka lebih mudah mengalami karang gigi. Semua makanan yang dikunyah tersebut bersifat asam. Karang gigi timbul karena pembentukan 'garam' yang disebabkan oleh bertemunya air liur yang bersifat basa dengan sisa2 makanan yg bersifat asam. Itulah yang dinamakan karang gigi. Biasanya karang gigi diawali dengan proses penimbunan plak. Plak itu adalah sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Akibat zat yang disebut glucan yang lama-kelamaan mengeras menjadi karang.

Karang gigi paling sering timbuldi area yang berdekatan dengan muara kelenjar air liur, yaitu di daerah gigi depan bawah, di dekat muara kelenjar submandibular, dan di area geraham atas kiri dan kanan karena berdekatan pula dengan muara kelenjar parotis.

Karang gigi umumnya menempel pada daerah leher (cervical) gigi. Biasanya diawali dengan terbentuknya karang di bagian permukaan dalam (lingual) gigi dan kemudian menjalar ke bagian depan (labial) gigi.

2 comments

  1. membersihkan karang gigi membuat percaya diri juga :)

    ReplyDelete
  2. Aku trauma bersihkan karang gigi, gigi atas bawah berdarah terus

    ReplyDelete