Siapa sih orang-orang yang beresiko dengan Gusi Berdarah ?

Kalau mendengar kata "Gusi Berdarah", apa yang ada di benak kamu ? 


Gusi Berdarah - Doc : Google

Pastinya rasa tidak nyaman, perih dan darah :( Hiiii serem yah, pastinya tidak ada orang yang mau memiki masalah gusi berdarahnya kan ?

Saya pribadi pernah mengalami gusi berdarah dan pastinya tidak enak sama sekali :(

Di artikel saya sebelumnya, "Pernahkah kamu melihat ada darah waktu menyikat gigi ?" ada yang bertanya "Lin, menurut kamu, siapa sih, orang-orang yang beresiko mengalami gusi berdarah ?", pertanyaan itu adalah pertanyaan dasar yang simple namun sulit untuk saya jawab, karena saya memang bukan dokter gigi :) Alhamdulillah saya punya dokter gigi langganan yang praktek dirumah di daerah Jakarta Barat, namanya drg. Robert (beliau adalah dokter andalan keluarga kami). Langsung saja saya bertanya kepada drg. Robert :)


Dok, teman saya ada yang bertanya, siapa aja sih orang-orang yang punya resiko tinggi mengalami masalah gusi berdarah ?

Say No to Smokers - Doc : merdeka.com

Ada beberapa orang yang rentang terhadap gusi berdarah, seperti perokok aktif, wanita hamil sampai penederita diabetes. Namun orang yang paling rentan adalah perokok aktif, kenapa ? karena para perokok menghisap tembakau, dimana asap tembakau itu masuk ke dalam paru-paru yang bisa menghambat sistem pernafasan sehingga aliran darah menjadi terganggu, nah otomatis suplai oksigen ke otak pun terganggu, namun akibat yang paling significan adalah kemungkinan infeksi pada gusi, nah itu yang menyebabkan perokok rentan paling rentan terhadap gusi berdarah.

Alhamdulillah suami saya bukan perokok dok :) Btw waktu saya hamil dulu, beresiko juga dong, padahal saya kan bukan perokok dok, kok bisa ?


Wanita Hamil - Doc : tipsibuhamil.com

Lin, ibu hamil gak perlu menjadi perokok untuk mempunyai masalah soal gusi berdarah :) untuk kasus ibu hamil tidak ada hubungan sama sekali dengan rokok (kecuali bagi ibu hamil yang merokok yah), saat hamil, hormon lebih cenderung tidak stabil, terutama untuk bulan pertama sampai ketiga, wanita hamil pada umumnya mengalami mual-mual bahkan terkadang sampai ada yang muntah, hal ini membuat mayoritas wanita hamil malas untuk menggosok gigi, dan kasus yang paling sering adalah gusi bengkak dan akhirnya gampang berdarah. 

Wah saya sedang program hamil nih dok, nanti kalau saya hamil, apa saja yang harus saya lakukan untuk merawat gigi ?

Wah sedang program hamil yah lin :) Tolong nanti waktu hamil, kesehatan gigi dijaga yah lin, jangan sampai gusinya berdarah apalagi sampai berlubang, karena bisa terjadi anemia karena itu biasanya dokter kandungan menyarankan waktu hamil untuk mengkonsumsi kalsium. Nah untuk kamu saya kasih tips-tips nih lin, biasanya pasien kan bayar, tapi untuk kamu gratis :)

1. Karena mudah mual, gunakan pasta gigi yang mengandung rasa mint, agar mengurangi rasa mint dan membuat mulut terasa segar :)
2. Jika saat mual, kamu sampai muntah, segerakan untuk berkumur, supaya tidak ada asam lambung yang tertinggal di mulut.
3. Kurangi makanan yang rasanya terlalu asam dan manis, pokoknya hindari makanan yang membuat mual, apalagi pedas.

Tadi dokter menyebutkan soal diabetes, Almarhum ayah saya sebelum meninggal mengidap diabetes, bisa di ceritakan soal penderita diabetes dok ?


Diabetes - Doc : merdeka.com

Oya, papa kamu dulu kena diabet yah, apalagi almarhum juga suka minum minuman bersoda kan. Untuk penderita diabetes juga rentan terhadap gusi berdarah karena ada peningkatan glukosa sehingga membuat bakteri berkumpul dalam mulut dan berkembang biak, hal ini akan berakibat fatal bagi penderita diabetes, karena hal ini menyebabkan kerusakan sel darah putih yang menjadi ujung tombak pelindung tubuh kita lin. Jika sudah kejadian, biasanya dimulai dari sakit sariawan, penyakit ini diakibatkan infeksi jamur dalam mulut  dan lidah, lalu dilanjutkan pembengkakan gusi atau bahasa ilmiahnya Gingivitis, kalau dibiarkan berakibat kerusakan pada tulang penyangga gigi dan menyebabkan gigi bisa lepas loh.

Terus untuk saya dok, apa yang bisa saya lakukan untuk menghindari gusi berdarah ?

Pastinya gunakan sikat gigi yang sesuai untuk kondisi gigi kamu lin, saat ini kan ada beberapa pilihan sikat gigi seperti  Soft, Medium dan Hard. Kalau saya lihat untuk kamu sikat gigi yang pas adalah soft, karena gigi yang tidak rata, saran saya kalau giginya mau terlihat cantik, gunakan kawat gigi untuk merapikan yah :) terus yang terpenting adalah pasta gigi yang bisa memberikan sehari-hari untuk masalah gusi terutama yang mengandung Sodium Flouride dan garam mineral.

Wah thanks to drg. Robert, saya jadi makin mengerti bagaimana menghadapi masalah gusi berdarah :) setelah mendengar penjelasannya, saya memang butuh pasta gigi yang mengandung Sodium Flouride dan garam mineral, alhamdulillah pasta gigi yang saat ini saya gunakan sudah mengakomodir kebutuhan itu, pasta gigi itu adalah Parodontax.

Setelah hari ke-7 mencoba Parodontax bagaimana lin ?

Di hari pertama, saat mencoba pasta gigi ini, saya melihat bahwa saat menggosok gigi tidak terlalu banyak busa di mulut saya (beda dengan pasta gigi lain yang busanya memenuhi mulut saya), dan saat saya mencoba rasanya aneh sekali, jujur saja tidak enak, karena ada rasa asin di mulut saya beda sekali dengan pasta gigi lain yang biasanya berasa mint. Di hari 3-4 saya sempat mau putus asa dan menghentikan aktivitas ini, namun saya yakin bahwa pasta gigi Parodontax bisa mengatasi masalah gusi berdarahku, dan aku bertekad untuk melanjutkannya. Dan alhamdulillah di hari ke-7 ini, masalah gusi berdarahku sudah berkurang :)



Walau di hari ke-7 ini gusi saya masih berdarah, demi gusi berdarah saya, saya akan tetap mencoba untuk melanjutkan Parodontax 14 Day Challenge :)

2 comments