Sakit Gigi atau Sakit Gusi?


Mulut 
Semua sudah tau ya, adalah pintu gerbang semua makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut. Makanan ada yang sekedar lewat langsung ditelan, ada juga yang harus melalui proses pengunyahan. Tapi kita harus ingat, makanan apapun yang tertinggal dalam mulut itu gak baik lho. Sisa makanan akan diproses saat bertemu dengan air liur yang akhirnya menimbulkan plak. Nah, sisa makanan akan diproses saat bertemu dengan air liur yang akhirnya menimbulkan plak dan juga tempat tinggalnya bakteri. (Hiiiy, sereeem bangeet kaan....) Dengan menggosok gigi setiap hari membantu mengurangi terbentuknya lubang. Tapi menggosok gigi saja itu gak cukup untuk memelihara gigi & gusi supaya tetap sehat.

Yuk simak info aku mengenai gigi berlubang..

Gigi Berlubang 
disebabkan oleh produk asam yang berasal dari bakteri asam yang berasal dr dalam mulut. Nah, salah satu bentuk penanggulangan adalah dengan mengontrol pola makan karbohidrat dan mengurangi timbulnya plak pada permukaan gigi. Perawatan gigi dengan sikat gigi 2-3 kali sehari itu belum cukup lho. 

Teruus, apalagi?

Kehilangan gigi dewasa bukan hanya disebabkan gigi berlubang, tapi juga penyakit gusi. Jaringan gusi menutup dan melindungi tulang penyangga gigi. Gusi adalah menjadi dasar & pendukung dari saraf dan pembuluh darah di dalamnya. Jika gusi tidak dipelihara seperti bagian lain dalam tubuh, maka akan terinfeksi atau mengalami gangguan. Gigi bisa tanggal walaupun tidak berlubang atau terasa sakit >> ompong deh :) 

Nah, menurut Health Education Authority 1989, kesehatan gigi bisa dijaga dengan menyikat gigi. Kesehatan gigi bisa dicapai dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida. Hindari juga kebiasaan terlalu sering makan manis, lengket & merangsang, Lalu rajin juga memeriksakan ke dokter gigi 6 bulan sekali ya. 

Sekarang perkembangan gigi semakin baik lho. Tindakan pencegahan lain harus dilakukan untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Karena gigi dan gusi yang sehat & juga bersih akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Percaya gak? :) 

Pembersihan gusi dari kerak serta tumpukan darah yang menggumpal mampu mengurangi penyakit di luar mulut.

Nah, mulai dari sekarang aku jadi rajin sikat gigi secara teratur. Tentunya dengan pasta gigi yang mengandung flouride. Nah salah satunya pasta gigi Parodontax yang mengandung Sodium Flouride dan garam mineral.

No comments