Nonton Aksi Seru Daihatsu SirionSlalom di Final Slalom College BATTLE 2013

Hari Minggu lalu, tepatnya tanggal 12 Mei 2013 bertempat di Plaza Parkir Timur, Gelora Bung Karno (GBK) Zona D diadakan Grand Final dari Daihatsu Sirion Slalom College Battle 2013. Kegiatan tahunan yang di adakan oleh PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) ini sudah menginjak tahun ke-5, acara ini digunakan sebagai ajang untuk mahasiswa (non professional driver) menyalurkan hobi slalom ria dan sekaligus sebagai sosialisasi kepada para mahasiswa bagaimana melakukan Safety Riding yang baik.

Tidak tanggung-tanggung Daihatsu Sirion Slalom College Battle ini berhadiah uang tunai lebih dari 20jt :) Proses pendaftaran sudah dimulai pada 26 April 2013 lalu di Univ Multimedia Nusantara, dan dilanjutkan di Untar dan UI.

Sebagai informasi, proses seleksi akhir yang diadakan di JI Expo Kemayoran pada 5 Mei 2013 ini menjaring sekitar 160 orang mahasiswa (dari target 100 orang, menurut pak Rio selaku Head of Domestic Marketing ADM).

Dari seleksi tersebut terpilih 40 orang dengan waktu terbaik yang berkesempatan untuk unjuk gigi ber-slalom pada 11 Mei 2013 (heat 1) dan pada akhirnya tersaring 10 orang yang mampu memaksimalkan All New Daihatsu Sirion melewati rute slalom yang tricky pada acara Grand Final Battle pada 12 Mei 2013 (heat 2).


Bagaimana serunya acara disana? Yuk kita runut satu persatu :) keseruan dimulai dari pintu gerbang GBK, kita sudah disambut oleh antrian kendaraan yang padat cenderung tidak bergerak, bahkan sampai karcis parkir pun habis, hal ini dikarenakan adanya acara Otobursa Tumplek Bleg 2013 yang tahun ini menginjak seri ke-14. Seluruh parkiran mobil dan motor sudah tidak tersisa bagi anda yang datang lebih dari jam 11, tahun depan bagi yang mau datang ke GBK dan mau dapat parkir, saya sarankan untuk datang sebelum jam 9, dan mengambil arah Pejompongan agar tidak terkena imbas Car Free Day.

(Kiri : Petugas parkir kehabisan tiket parkir, Kanan : Akses mobil cenderung padat tidak bergerak) - Doc : Pribadi

Sampai di gerbang Zona D, tim dari Blog Detik menyambut saya untuk registrasi :) disana para blogger diberi tiket masuk, kaos, topi dan 1 lembar kertas sekilas tentang acara ini. Waktu tak terasa telah menginjak jam makan siang, informasi tim Blog Detik ada registrasi ulang di tenda Blog Detik untuk mendapatkan name tag. Saat masuk kesana, terasa suasana yang nyaman, tenda ber-AC, kursi yang empuk dan ruangan yang luas plus makan siang :) Blog Detik memang telah memikirkan segalanya untuk Blogger, sesuai motonya "Building Your Personal Brand".

(Kiri Atas : Pendaftaran awal saat masuk Zona D, Kanan Atas : Narsis di depan Banner BlogDetik, Kiri Bawah : Daftar ulang untuk dapat name tag, Kanan Bawah : Blogger tersenyum mendengar guyonan mas Karel) - Doc : Pribadi

Acara di tenda Blog Detik sekitar jam 12:15 dipandu oleh mas @karelanderson, suasana sangat hidup dan penuh guyon, terlihat banyak blogger yang ketawa ketiwi akan guyonan khas mas karel, selanjutnya dilanjutkan dengan perkenalan dari tim Blog Detik, lalu penjelasan peraturan mengenai lomba live tweet dan blog review (oya lomba live tweet dengan hashtag #sirionslalom ini berhadiah total 3jt dan lomba live tweet ini diumumkan hari itu juga jam 5 sore, pemenangnya adalah juara 1 @itshengkie, juara 2 @catatansicucuth dan juara 3 @aniRingo). Setelah itu mas karel menjelaskan bahwa ada 15 orang blogger beruntung yang berkesempatan memacu adrenalin untuk duduk disamping para profesional slalom mengendarai Daihatsu Sirion. Cuaca panas karena desingan knalpot Daihatsu Sirion akhirnya dingin diguyur hujan deras sekitar 30 menitan, aktivitas dilapangan balap berhenti sejenak. Masih didalam tenda, tak disangka kami kedatangan mas David Setiawan selaku Domestic Marketing ADM, beliau menginformasikan mengenai bagaimana blogger bisa merasakan slalom bersama driver profesional, mulai dari faktor keselamatan, prosedur sampai asuransi, oya name tag yang diberikan oleh Blog Detik memberikan kita hak untuk mengakses Pit Stop Daihatsu dan bisa foto-foto di areal lomba :)

(Kiri : mba Melly, mas Fayas, mas Marwan, mba Achi, mas Karel) - Doc : pribadi, (Kanan : mas David Setiawan) - Doc : BlogDetik)

Setelah dijelaskan oleh mas David, sekitar jam 12:45 dan dalam suasana hujan rintik-rintik, 15 orang blogger terpilih digiring dari tenda Blog Detik ke tenda Panitia Slalom, disana mereka di briefing ulang mengenai tujuan dan mekanisme saat nanti duduk di samping para profesional slalom driver (slalom tandem). Tim Slalom berharap para blogger bisa merasakan pengalaman berbeda (deg-degan) saat ber-slalom ria dengan para driver profesional (oya, ada 2 orang blogger yang mengundurkan diri dikarenakan satu dan lain hal sehingga digantikan oleh 2 blogger yang lain loh). Oya, di briefing ini diinformasikan, slalom adalah kompetisi olahraga dimana penilaiannya berdasarkan kecepatan dari start sampai finish serta tidak melanggar rute slalom yang ditetapkan oleh panitia, jadi intinya kita harus bisa berbelok-belok tanpa mengenai halangan :)

(Kiri : Briefing blogger di tenda tim Slalom, Kanan : Wajah tegang para blogger sebelum ber-slalom) - Doc : Pribadi

Sebelum mulai slalom, ke-15 blogger di ajak untuk berjalan kaki sesuai dengan rute yang akan di tempuh saat ber-slalom (hal ini biasanya dilakukan oleh para driver profesional untuk menghafalkan rute dan mengetahui trik lintasan serta kondisi aspal yang akan mereka lewati). Kami para blogger berjalan kaki sesuai rute slalom, membutuhkan waktu sekitar 3-4 menit, namun jika nanti naik Daihatsu Sirion, hanya sekitar 40 detik saja. Rute slalom cukup tricky terutama untuk lintasan angka 8 yang selalu ada untuk tiap pertandingan slalom.

(Kiri : Peta rute slalom battle, Kanan : Para blogger berjalan kaki sesuai rute slalom) - Doc : BlogDetik

Tiba saatnya 15 blogger terpilih untuk adu nyali duduk disamping para profesional slalom driver (slalom tandem), jam menunjukkan 13:35 dan cuaca masih sedikit gerimis, lintasan terlihat masih basah dan ada sedikit genangan di pinggir lintasan. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh para blogger, mereka bukannya tegang menunggu giliran slalom, namun mereka tampak senang dan antusias, bahkan beberapa blogger sengaja mengabadikan dirinya sendiri di kursi penumpang (narsis) dan ada juga yang mem-videokan pengalaman ber-slalom didalam Daihatsu Sirion. Alhamdulillah acara slalom bersama 15 orang blogger selesai tanpa ada masalah (Dalam kesempatan ini para blogger diwajibkan menggunakan helm dan seat-belt dengan benar sesuai briefing sebelumnya. Hal ini adalah salah satu point dari Daihatsu memperkenalkan safety riding kepada mahasiswa dan masyarakat).

(Para blogger senang dan antusias saat duduk berdampingan dengan para profesional slalom driver) - Doc : BlogDetik

Setelah blogger selesai ber-slalom ria dengan 4 orang profesional slalom driver (Amandio, Dika CH, Nindya Swastika dan Stuart Colin), acara dilanjutkan sesi foto-foto bersama blogger kembali, banyak blogger narsis yang mau berfoto dengan para driver itu, namun yang paling banyak adalah blogger wanita (termasuk saya) yang mau berfoto dengan Stuart Colin :)

(Kiri : Blogger bersama Prof Slalom Driver) - Doc : BlogDetik, (Kanan : Foto bersama fans) - Doc : Pribadi

Tak terasa waktu sudah menunjukkan jam 14:25, cuaca sudah cerah dan lintasan sudah dikeringkan saat slalom bersama para blogger, sekarang waktunya untuk memulai heat 2 bersama 10 orang mahasiswa yang terjaring dari heat 1, dibawah adalah nama para mahasiswa yang terpilih berdasarkan waktu tercepat saat slalom kemarin.


Slalom Battle dibuka oleh penampilan Ben Satrio Hutomo. Saat memasuki mobil, si Ben terlihat sangat serius dan penuh konsentrasi, namun tidak lupa untuk melemparkan senyuman ke wartawan yang akan mengabadikan moment-moment slalom :) alhasil Ben membubuhi waktu 39.392 detik, awal yang sangat baik, dimana rata-rata slalom'er (driver slalom) membutuhkan waktu 40 detik. Berikutnya giliran Aldy Novalino untuk memacu Daihatsu Sirion, sayangnya waktunya masih lebih lama sedikit dari Ben yaitu 39.434 hanya selisih 0.042 detik namun tetap saja, Ben lebih cepat. Selanjutnya adalah Febri, sayangnya kesempatan ini tidak di manfaatkan Febri dengan baik, saat hendak drifting, mobilnya mati, dan hampir menabrak pembatas, dan saat mau menggunakan gigi mundur dia agak grogi jadi membuang waktu sekitar 10 detik, dan akhirnya catatan waktunya lebih dari 1 menit. Suasana makin memanas saat William memasuki Daihatsu Sirion warna silver, namun saat mau memulai, dia protes bahwa dia maunya dipanggil Williaem bukannya William :) dan benar sekali, William mencatat waktu tercepat dari 5 pembalap slalom sebelumnya yaitu 38.483 detik atau selisih 0.909 detik dari si Ben. Slalom Battle di tutup oleh penampilan dari Reindy Riupassa, bagi yang belum tahu, Reindy saat heat 1 mencatat waktu tercepat (No 1) yaitu 30.7 detik :) waktu Reindy mulai untuk slalom, dia lagi-lagi memperlihatkan teknik left foot braking agar memudahkan mobil untuk sliding saat slalom, dan akhirnya Reindy finish dengan catatan waktu 38.594 detik atau selisih sekitar 0.111 detik dari William, dan terlihat William mengepalkan tangannya keatas sebagai tanda bahwa dia adalah juara pertama dari Final Slalom Collage Battle 2013 yang diadakan oleh PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).


Setelah selesai, para blogger langsung narsis kembali, semua mau foto bersama William, Amandio dan tentunya Stuart Colin :) tidak hanya itu, datang pula media televisi yang meliput acara ini yaitu Metro TV dan TV One :)

(Kiri : William di interview tim Metro TV, Kanan : pak Rio Sanggau di interview tim TV One) - Doc : Pribadi

Usai sesi foto dan interview, para pemenang dan profesional slalom driver naik diatas Daihatsu Sirion sambil berputar-putar di lintasan :) sambil memberikan lambaian tangan victory lap :)


Saya kira acaranya sudah selesai, tapi ternyata tidak, acara makin menarik, karena profesional slalom driver yaitu Amandio, Dika CH, Nindya dan Stuart Collin akan melakukan freestyle slalom :) trik pertama yang mereka lakukan adalah Tandem Slalom, dimana ada 2 mobil yang melaju dengan lintasan dan kecepatan yang sama, yang kesannya kejar-kejaran :)


Selanjutnya mereka memperlihatkan Triple Slalom, dimana ada 3 mobil yang melaju pada lintasan yang sama dan melakukan trik yang sama, namun tidak sampai menabrak mobil yang lain :)


Trik terakhir adalah 3 IN 1, dimana ada 4 mobil dalam 1 lintasan, lalu salah 1 mobil berhenti di tengah-tengah, dan 3 mobil yang lain melalukan drifting terus menerus dan menjadikan mobil yang berhenti itu sebagai porosnya, jadi ingat film Fast Furious : Tokyo Drift saat Han melakukan drift seperti ini :)


Acara freestyle slalom ditutup dengan tepuk tangan dari seluruh pengunjung, saat para driver membuka pintu mobil waktu kendaraan masih melaju dan melambaikan tangan :)


Selain acara slalom, di Zona D juga ada booth "Pit Stop Challenge" (lomba memasang ban mobil, saya mencatat waktu agak lama sekitar 1 menit 40 detik, beda dengan suami saya yang mampu memasang ban dalam waktu 1 menit) dan juga ada panggung hiburan (DJ dan Akustik Band), pokoknya seru banget :)

(Kiri : Blogger mencoba pit stop challenge, Tengah : Saya narsis sambil coba ganti ban, Kanan : Akustik Band) - Doc : Pribadi

Untuk pengunjung umum, acara ini mungkin sudah selesai, namun bagi blogger dan wartawan masih belum selesai, sekitar jam 16:30 pihak Daihatsu mengadakan Pers Conference di tenda Blog Detik. Pers Conference ini di hadiri oleh mas Amandio dan pak Rio.

Selama turnamen ini, mas Amandio bertindak sebagai intruktur yang memberikan coaching kepada para mahasiswa bagaimana melakukan slalom dan berkendara yang baik dan aman karena cukup sulit untuk melakukan slalom bagi pemula apalagi keterbatasan pengetahuan mengenai pengaturan rem tangan dan feeling saat drifting, selain itu mas Amandio memberitahukan bahwa selama turnamen ini, mobil Daihatsu Sirion yang digunakan masih standar sesuai dengan peraturan nasional untuk turnamen slalom, selain itu menurut mas Amandio, kombinasi antara Sirion dan ban GT Radial yang digunakan saat slalom sangat matching karena memiliki grip yang baik jadi lebih mudah mengendalikan mobil saat drifting :)

Sedangkan dari pak Rio, beliau menjelaskan bahwa Slalom College Battle ini adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh Astra Daihatsu, dimana pada setiap eventnya, memiliki tujuan menemukan bibit baru yang berpotensi menjadi profesional slalom'er dan mensosialisasikan akan pentingnya safety riding. Daihatsu memilih Sirion sebagai mobil yang tepat untuk slalom karena mesin 1300cc 4-silinder DOHC VVT-i dikombinasikan dengan Electronic Fuel Injection menjadikan Daihatsu Sirion sebagai kendaraan compact, irit bertenaga yang mudah melakukan manuver di perkotaan :)

(Kiri : Amandio - Prof Slalom Driver, Tengah : Rio Sanggau - Domestic Marketing Div Head ADM, Kanan : MC) - Doc : Pribadi

Acara tidak selesai sampai disini, karena jam 5 tepat, ada acara penganugrahan hadiah untuk juara 1, 2 dan 3 :) Juara 1 diserahkan oleh pak Rio Sanggau selaku Domestic Marketing Div Head ADM, lalu juara 2 diserahkan oleh Dika CH (profesional slalom driver) dan juara 3 diserahkan oleh Amandio (profesional slalom driver). Selain itu jam 5 tepat, langsung diumumkan pemenang lomba live tweet yang diikuti oleh para blogger yang mengikuti acara ini dari awal sampai akhir (sayangnya saya tidak menang di live tweet ini, masalah sinyal menjadi kendala saat meng-upload gambar walaupun saya sudah menggunakan sinyal 3G dan 3 provider yang berbeda). Oya, selain lomba live tweet, Blog Detik juga mengadakan lomba blog review berhadiah 5jt :) bagi yang penasaran klik aja disini.

(Dari paling kiri : Dika CH, Rio Sanggau, Reidy, William, Nindya, Ben Satrio, Amandio, Stuart Collin) - Doc : Pribadi
Secara umum acara Slalom College Battle ini sangat menarik dan menegangkan, selain sebagai ajang penyaluran bakat dan hobi untuk mahasiswa yang suka dengan slalom, juga sebagai ajang sosialisasi safety riding. Bagi para blogger, ini merupakan pengalaman yang mendebarkan karena diberikan kesempatan untuk merasakan langsung ber-slalom dengan para profesional :) Jika di undang kembali, tahun depan saya pasti akan datang untuk meliput acara ini kembali. Terima kasih PT. Astra Daihatsu Motor :) saya tunggu kegiatan selanjutnya.


Daihatsu Sirion adalah kendaraan yang tepat untuk berkendara didalam kota yang membutuhkan tingkat manuverbilitas tinggi karena didukung oleh desain body yang compact, sangat sesuai dengan kondisi lalu lintas Jakarta yang padat. Sesuai dengan slogan-nya "Sahabat Muda", I love Daihatsu Sirion :)


1 comment