Be Smart People with #TeknologiHijau

Berbicara teknologi memang tidak ada habisnya. Seiring dengan perkembangan zaman, kita menjadi semakin 'melek' teknologi. Baik dari inovasi gadget, mobil maupun elektronik lainnya. Tak dipungkiri perkembangan teknologi sangat menunjang aktivitas kita. Bukan hanya itu, zaman sekarang perkembangan teknologi juga dituntut untuk bisa ramah lingkungan, 'Go Green' atau Gerakan Hijau. Nah, saat ini inovasi yang satu-satunya dikeluarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor yaitu berusaha untuk menghadirkan mobil-mobil yang ramah lingkungan. 

Lalu, apa sih yang dinamakan teknologi hijau? Dan apa sih manfaatnya untuk kita? yukk kita bahas

Teknologi Hijau

Menurut Wikipedia, teknologi hijau yaitu penggunaan bahan baku yang tersedia di alam kemudian diolah menjadi pemanfaatan kehidupan manusia dalam bidang sosial, ekonomi dan alam sekitar. Termasuk pembangunan bahan bakar alternatif atau sumber tenaga yang boleh diperbahurui. 


Berikut ini ada salah satu kisah sukses nyata dari Indonesia yang pernah memanfaatkan teknologi hijau di Amerika Serikat, sehingga dapat mengurangi efek rumah kaca yaitu Sonita Lontoh. 

Kisah Eksekutif Teknologi Hijau

Teknologi Hijau yang ramah lingkungan merupakan salah satu upaya untuk mengurangi peningkatan Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer yang diyakini telah mempengaruhi iklim bumi kita. Demi generasi penerus untuk menyelamatkan bumi kita sangatlah diharapkan segala upaya untuk mengurangi emisi-emisi GRK dari segi industri maupun transportasi.

Salah satunya adalah mobil Daihatsu ini. Menurut dunia otomotif, Daihatsu mempunyai 3 (tiga) jurus ramah lingkungan, yaitu :

Bagan Teknologi Hijau Daihatsu

1. "Eco-Idle"
Eco-Idle adalah suatu teknologi yang mampu mengatur dan mematikan secara otomatis. Dalam keadaan macet, mesin akan 'idle" atau mati secara otomatis, dan tentunya akan sangat menghemat bahan bakar bukan? Lali ditambah lagi sistem i-EGR mampu menghasilkan pembakaran sempurna dan mengurangi pengeluaran CO2 (karbondioksida)



2. penggunaan mesin dua silinder turbocharged dengan teknologi active ignition system yang bisa menghemat bahan bakar sebesar 30 persen



3. Perusahaan akan membuat sumber energi baru melalui penggunaan bahan bakar cair Hidrazin Hidrat untuk aki mobil. Hidrazin Hidrat adalah pencampuran air dan hidrogen.


Kini saatnya kita berpikiran cerdas untuk dapat memilih hidup hemat namun ramah lingkungan. Daihatsu menjawab semua kebutuhan kita. Menciptakan transportasi yang canggih juga ramah lingkungan. Sumber dayanya pun diambil langsung dari alam. Tujuan Daihatsu menciptakan mobil ini adalah semata-mata untuk kenyamanan para pengendara dan tentunya untuk penghematan. Bahan pembuatan kendaraan inipun memakai sumber daya alam yang lebih sedikit, tidak mengandung logam mulia, sehingga harganya-pun lebih ekonomis.

Salah satu mobil yang pengembangannya sampai tahap tiga adalah Daihatsu Cube. Cube adalah minibus berbentuk kotak yang didatangkan langsung dari Negeri Sakura, Jepang. 









No comments