Mobil Daihatsu, Mobil Masa Depan Dunia

Kehidupan kita tidak bisa dilepaskan pada kebutuhan kita akan kendaraan sesuai fungsinya mulai dari sepeda yang kita pakai untuk beraktivitas di dalam komplek dan biasanya jaraknya kurang dari 20 kilomenter, motor yang saat ini menjadi favorit kendaraan di perkotaan karena Jakarta yang selalu macet, mobil yang digunakan untuk dalam kota dan luar kota terutama jika akan berpergian lebih dari 2 orang, kereta sebagai transportasi massal di darat, kapal sebagai transportasi massal di laut sampai pesawat terbang sebagai transportasi massal di udara.

Sayangnya hampir semua kendaraan tersebut (kecuali sepeda) tidak ramah lingkungan, karena menggunakan bahan bakar fosil untuk bergerak. Lalu apakah di dunia ini sudah ada teknologi yang memungkinkan kendaraan bergerak tanpa butuh bahan bakar fosil? Yup, teknologi itu sudah ada, yaitu menggunakan listrik. Saat ini kita sudah mengenal yang namanya sepeda listrik dan motor listrik, bagaimana dengan mobil? Saat ini sudah ada mobil listrik yang mengadaptasi dari teknologi hijau. Saat ini mobil listrik yang paling mendekati kondisi ideal dari konsep teknologi hijau adalah mobil dari pabrikan Daihatsu yang menjadi andalan terutama terdepan dalam konsep teknologi hijau, yang bernama Daihatsu Pico. Kenapa Daihatsu Pico bisa dikatakan sebagai mobil masa depan dunia? Yuk, kita intip teknologi yang dimiliki Daihatsu Pico, sebelumnya yuk tengok foto si Pico yang lucu dan imut ini dibawah


Mobil yang bernama Pico ini diciptakan oleh Daihatsu sebagai mobil dengan ukuran compact yang ramah lingkungan, tentunya desainnya sudah futuristik dan dengan teknologi hijau yang canggih. Teknologi pertama yang di usung adalah Smart Key, saat ini pasti setiap orang memiliki handphone, Hm... OK, tidak semua memiliki Smartphone, namun beberapa tahun lagi, produksi handphone 90% akan di dominasi oleh Smartphone, Daihatsu membaca peluang ini dengan menciptakan Smart Key dengan menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication), jadi saat kita masuk ke dalam mobil kita tidak perlu membawa kunci, namun kita tinggal mendekatkan Smartphone kita ke key detector dan mobil tinggal kita hidupkan dengan Smart Starter :)


Untuk urusan mobil, teknologi hijau menuntut ukuran mobil menjadi compact, apalagi sekarang harga tanah sangat tinggi sehingga terjadi keterbatasan lahan untuk parkir, maka mobil harus bisa masuk rumah even tidak ada garasi, karena ukuran mobil yang kecil tersebut jadi bisa digunakan di dalam gang kecil (kalau di Indonesia mobil seperti ini yang paling dibutuhkan). Selain itu teknologi hijau juga menuntut mobil tidak bising (tidak berisik), karena itulah mobil listrik adalah jawaban untuk solusi kebisingan mobil selama ini :) Jika pada handphone ada istilah smartphone, Pico mungkin satu-satunya mobil di dunia ini yang bisa di sebut friendly car, kenapa? karena di Pico ada fasilitas untuk memberikan salam terutama terima kasih. Seperti gambar dibawah, ada orang yang memberi jalan kepada Pico, pengemudi tinggal memilih tombol "Thanks", maka di bagian belakang mobil akan muncul tulisan "Thanks" :) tulisan ini bisa di custom menjadi apa saja sesuai kebutuhan, tinggal input di dashboard si Pico, menarik? :) Simple dan baru Daihatsu yang memikirkan hal ini.


Bagi pengguna mobil, parkir sudah menjadi hal yang biasa. Namun tidak bagi beberapa orang (terutama lansia), parkir bisa menjadi momok tersendiri bagi mereka, bagaimana tidak, jika seperti gambar dibawah, seorang lansia sedang memarkir kendaraannya, namun karena dia tidak bisa memperkirakan jarak, sehingga mobilnya menabrak toko. Bagaimana dengan Daihatsu Pico? untuk urusan parkir, Daihatsu Pico dibekali teknologi yang dinamakan Auto Brake, teknologi apa ini? Auto Brake adalah salah satu fasilitas dari Daihatsu Pico, dimana mobil bisa berhenti secara otomatis jika sensor mendeteksi bahwa mobil terlalu dekat terhadap sebuah object. Jadi bagi yang kesulitan parkir tentunya sangat membantu :)


Kelebihan mobil compact alias mungil yaitu memungkinkan untuk melewati tempat-tempat yang sulit dilewati oleh mobil pada umumnya. Coba lihat gambar di bawah, saat akan mengirimkan paket, kurir tidak bisa menggunakan truk melewati jalan kecil karena ukuran truk terlalu besar untuk jalanan. Sedangkan Daihatsu Pico bisa dengan mudah melewati tempat tersebut, karena itu Daihatsu mengeluarkan edisi spesial yaitu Daihatsu Pico for Delivery :)


Kecelakaan kendaraan sering terjadi di Indonesia, faktor utamanya adalah faktor kecapean dan ngantuk. Melihat masalah ini Daihatsu Pico memberikan solusi teknologi hijau yaitu fitur Auto Brake yang otomatis akan menghentikan laju mobil jika ada objek di depannya yang terlalu dekat. Lihat seperti gambar dibawah, ada seorang anak yang sedang main bola di jalan raya, hampir tertabrak, alhamdulillah Daihatsu Pico mampu mendeteksi anak tersebut dan berhenti seketika. Dengan fitur ini, Daihatsu mengurangi ratio kecelakaan mobil di seluruh dunia. Daihatsu memang keren :)


Masih dari sisi faktor kecelakaan, faktor lainnya adalah banyak masyarakat Indonesia yang menerima panggilan telepon saat menyetir mobil, jika menggunakan Bluetooth Earphone saat menyetir tidak masalah, namun kebanyakan orang tidak menggunakan Bluetooth Earphone. Untuk mengatasi masalah ini Daihatsu membekali Daihatsu Pico dengan fitur yang bernama On-board Communication, dimana dari dashboard mobil memungkinkan untuk menghubungi orang lain, tidak hanya dengan 1 orang tapi bisa langsung conference call kebeberapa orang. Selain fitur itu Daihatsu Pico juga dilengkapi oleh fitur navigasi. Daihatsu Maps sudah otomatis dibenamkan dalam Screen Dashboard, jadi walaupun tidak mengetahui jalan, semua orang bisa tenang karena ada peta digital di mobil mereka. Semua fitur itu masih dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi terbesar di jepang yang bernama Fujitsu Ten Limited.


Daihatsu Pico memang kendaraan yang paling tepat, tepat untuk keluarga, apalagi untuk urusan mengantar anak. Dulu sepeda menjadi favorit untuk mengantar anak-anak ke sekolah, namun faktor cuaca yang tidak jelas seperti di Jakarta membuat hal tersebut menjadi masalah, untungnya Daihatsu Pico adalah mobil yang bisa membawa 2 orang, jadi cuaca hujan seperti sekarang, kan ada Daihatsu Pico :)


Bagaimana dengan bahan bakar dari Daihatsu Pico? anda pasti menebak Bensin kan? :) Daihatsu mengaplikasi Teknologi Hijau untuk masalah bahan bakar fosil yang harganya makin mahal, Daihatsu Pico menggunakan listrik sebagai sumber dayanya, yup Daihatsu Pico adalah mobil listrik. Dahatsu Pico bisa charge di Mall yang memiliki Charging Point (saat ini di Indonesia sayangnya belum ada mall yang memiliki Charging Point), selain itu Daihatsu Pico bisa juga di charge di rumah :) irit bahan bakar kan :)


Jika kita simpulkan, Daihatsu Pico adalah mobil listrik compact untuk 2 penumpang (dengan panjang 1 meter, lebar 2.4 meter dan tinggi 1.5 meter), mobil ini adalah solusi teknologi hijau yang menggabungkan antara mobil dan sepeda motor. Dengan fitur-fitur andalan seperti


Otomatis membatasi kecepatan mobil menjadi 6 km/h (low-speed mode) saat berada di gang-gang kecil (max speednya adalah 50 km/h), serta menggunakan lampu berwarna hijau di sekeliling mobil agar orang-orang mengetahui keberadaannya.

Secara otomatis menghalangi rapid acceleration, jadi jika kita secara tidak sengaja menginjak pedal gas dikarenakan satu dan lain hal (kaget) yang berada pada lintasan mobil, maka Daihatsu Pico akan mengurangi kecepatan secara otomatis (Auto Brake).
Daihatsu Pico menggunakan lampu dan suara untuk memberitahukan kepada kita jika ada halangan yang terdeteksi di radar, dan akan melakukan pengereman secara otomatis jika diperlukan.

Daihatsu Pico menggunakan lampu hazard dan menampilkan tulisan di badan kendaraan untuk memperingatkan kendaraan lain yang mengemudi terlalu dekat.

Semua fitur-fitur itu adalah sumbangsih Daihatsu bagi perkembangan dunia otomotif dunia, dimana banyak pengaplikasian teknologi hijau yang berguna bagi kehidupan manusia di bumi ini. Marilah kita menjaga bumi ini agar anak dan cucu kita bisa hidup lebih bersih, lebih sehat dari sekarang, mulai dari hal-hal yang mudah seperti membuang sampah pada tempatnya sebagai langkah Go Green, seperti pesan dari AA Gym yaitu 3M, mulai dari yang kecil, mulai dari diri kita dan mulai dari sekarang. Daihatsu adalah pelopor dunia otomotif yang memiliki visi dan misi menciptakan dunia yang bersih, dunia yang lebih baik karena Daihatsu Pico adalah mobil masa depan dunia :)

Bagi yang mau melihat secara interaktif, bisa melihat video mengenai Daihatsu Pico dibawah :)
  

  

1 comment

  1. good review, semoga menang ya...! mhon knjungn balikx. trims :)

    http://achmadray.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-dari-daihatsu.html

    ReplyDelete