Kesalahan Pola Makan Kita Sehari-hari

Sudah benarkah pola makan kamu sehari-hari? Atau jangan-jangan malah kebanyakan kalori, tapi tidak kita sadari? Waah, harus diwaspadai tuh. Kelebihan asupan kalori bisa menyebabkan overweight atau kegemukan. 
Orang yang berusia 30 tahun ke atas cenderung sulit untuk turun berat badannya, ketimbang orang yang berusia 30 tahun ke bawah. Hal ini disebabkan oleh menurunnya proses metabolisme kita.

American Heart Association merekomendasikan supaya kita membatasi asupan lemak max 30% dari kebutuhan kalori harian. 

Pizza 1 slice, 1 potong saja, komposisi kalorinya setara dengan nasi 2,5 gelas (kecil). Terkadang, kita kalau sarapan, pizza 1 potong biasanya belum cukup kenyang, 


sehingga kita menambah porsi makan kita dengan kue kecil lain atau bahkan dengan nasi putih. Duh,  kalau berbicara tentang pizza, sayapun termasuk pizza lovers. Pizza itu rasanya enak banget ya. Setuju? :)

Tidak hanya gula, tapi konsumsi makanan dengan kalori berlebih juga bisa tertimbun jadi lemak karena sebelum tidur akan terjadi penurunan metabolisme. 

Konsumsilah lemak sehat (omega 6, omega 3) yang terdapat pada alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dll. Lalu ditambah berolahraga juga supaya tidak ada penumpukan lemak. 

Agar lemak bisa terbakar, lakukan latihan kardio fat burning zone. Indikasi fat burning zone adalah jika detak jantung mencapai 60-80% Maximum Heart Rate. Biasanya fat burning zone ini bisa kita lihat di tempat-tempat kebugaran seperti fitness centre, dan sebagainya. 

Kalo mau membakar lemak, kita harus berolahraga minimal 20 menit, karena pada 20 menit pertama tubuh masih menggunakan glikogen di otot sebagai sumber tenaga. 

Untuk sarapan pagi yang sehat  
Komposisinya : Oatmeal 4 sendok makan + 1 sendok makan bubuk kayu manis (kayu manis bekerja untuk mengontrol insulin). Jika tidak ada bubuk kayu manis, bisa diganti dengan 1 sendok makam gula putih, tapi tidak boleh terlalu banyak. Total kalori : 300 gram kalori

Untuk porsi makan siang  
Jumlah Kalori 500 gram. Konsepnya harus ada nasi - sayur - lauk pauk. Yaitu 1 piring nasi (sebaiknya nasi merah karena banyak seratnya) + 1 potong dada ayam (bisa direbus) + sayuran + buah-buahan. 
Daging ayam bisa diganti dengan daging ikan. Tapi mungkin daging ikan tingkat kalorinya masih lebih tinggi daripada ayam. Saya juga baru tahu lho :-) 

Untuk porsi makan malam
Lalu kalau porsi makan malam bagaimana? 
Ya, makan malam hampir sama dengan siang hari. Yaitu 500 gram kalori. Tapi makan malam porsi karbohidrat yang terdapat pada nasi sebisa mungkin diganti dengan porsi sayuran. Jangan takut memilih untuk tidak makan malam, sesungguhnya tindakan itu bisa menghambat metabolisme dan berpotensi menambah kegemukan.

Oya kawans, hindarilah makan mie instan di malam hari. Hindari juga makan makanan yang digoreng-goreng, dan perbanyak makanan rebusan. (Wah, ini yang susah ya, secara ya typical orang Indonesia suka yang berbau-bau gorengan hehe...) Kenapa? Karena sesungguhnya makanan instan itu enak tapi menyesatkan. Iya dong, namanya instan sudah pasti gak sehat. Kalau bisa dibatasi, cukup 1 bulan sekali saja :)

Berikut ini tabel kalori secara rinci 

Source disini

Source disini

Keripik singkong (Source : Wikipedia)



Kamu juga termasuk penikmat keripik? Naaah harus hati-hati nih.. mengkonsumsi keripik itu setara dengan makan nasi 1 gelas atau setara dengan nasi 1 porsi. (Wah, kalau saya mah lebih baik makan nasi langsung kenyang ketimbang harus ngemil keripik tapi gak kenyang) hehe...





Kamu termasuk penikmat kue kering atau basah juga,seperti lemper, pastel, dll? Emm, memang nikmat banget ya kalau cemilan (snack) ini dimakan saat brunch atau di sela-sela kegiatan kita. Tapi perlu diwaspadai, 1/3 porsi pastel itu setara dengan 150-175 gr kalori. 

Nah, kalau kamu termasuk orang yang rentan akan 'ngemil', buah bisa menjadi salah satu pilihan alternatif cemilan sehat. Pilihlah buah yang mengenyangkan seperti pisang, apel, melon, dsb. Salah satunya adalah buah melon, yang memiliki pigmen yang disebut Karotenoid, yang dapat mencegah kanker, terutama kanker paru dan payudara. Saya baru menyadari tetangga di rumah saya selalu membeli buah melon itu setiap hari, gak pernah absen, ternyata kandungan karotenoid dalam buah melon itu tinggi dan juga mengenyangkan :-) 
Karotenoid itu adalah pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Karotenoid ini bermanfaat mencegah serangan jantung, stroke, kebutaan, beberapa jenis kanker dan memperlambat penuaan.

Tapiii, sekali lagi, jangan takut akan lemak yah kawans, karena lemak itu juga dibutuhkan untuk tubuh sebagai cadangan makanan. Asalkan konsumsinya jangan berlebih. Hindari makan makanan junk food atau fast food. Selain bisa menyebabkan kegemukan, bisa juga menyebabkan kanker lho.

So, mulai dari sekarang, atur pola makan kita, supaya hidup kita lebih sehat. Jika bisa hari ini kita lakukan, mengapa harus ditunda? :)

Source by FitnesTips, metrotv

3 comments

  1. weeeh ini yang susah, mak. seminggu yang lalu saya bertekad mau mengubah pola makan. sarapan oatmeal, siang seperti biasa, malm nasinya diganti kentang kukus. tapi cuma bertahan 2 hari! -____-
    tetep ga bisa ngilangin kopi dan teh, dan softdrink. hadeeeeeh *tepokjidat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaah itu dia ntuh yang suseehh, apalagi kalo diajak ke coffee shop trus minumnya yang di blend yak ^^

      Delete