Tidur yang berkualitas

Beruntung siang ini bs menyaksikan dialog @wideshotmetrotv, hari rabu topiknya tentang kesehatan yaitu “Gangguan Tidur”. menambah pengetahuan saya tentang “Tidur yang berkualitas” yang sering kali kita anggap sepele.
 
 



Dijelaskan secara details tentang (Hipersomnia, Insomnia, tidur mendengkur serta tidur yang berkualitas) oleh Dokter Specialis Sleep Physician @Prasadja (RS Mitra Kemayoran). Karena topic wideshot metro tv siang ini membahas tentang tidur, langsung deh tergelitik di benak saya untuk membahas secara detail tentang “Bagaimana sih tidur yang berkualitas itu?Ternyata mendengkur bukan indikasi lelap tetapi itu salah satu penyakit lho apalagi kalau mendengkurnya sampai sesak nafas. Ini sangat bahaya lho ternyata #BaruTau

Kalau boleh jujur yah, terkadang kalau lagi padat-padatnya aktivitas di depan laptop (apalagi saya suka sekali mengerjakan handicraft yaitu aksesoris batik dan mendesign baju), kalau sudah ketemu ide (suka tidur sampai larut malam). Tepatnya pasti gak pernah absen tidur diatas jam 12 :D tapi alhamdulillaah pagi saya tetap bangun saat subuh dan tidak merasa kekurangan tidur.Yuks coba diulas satu persatu yah :) yuks mariiii…….

Tak semua orang bisa tidur dengan mudah dan lelap. Bila sulit tidur, mereka biasanya mengkitalkan obat-obatan. Padahal ada beberapa cara alami agar tidur lebih lelap.

Tips membuat tidur yang berkualitas :

1. No Caffeine
 
"Ngopi" di malam hari saat jam makan malam ternyata berpotensi membuat kita susah tidur lho. Jika kita ingin ‘ngopi’ (termasuk saya yang coffee lovers nih ), gak ada pantangan gak boleh minum kopi kok. Minumlah minuman itu di siang hari, atau sore hari. Eitss, tapi ingat, gak boleh lebih dari jam 4 sore ya

2. Make Our bed only for sleep

Seringkali kita membawa pekerjaan kita ke ruang tidur yang menyebabkan kita sulit tidur. Pikiran kita masih saja ke pekerjaan kita yang belum terselesaikan. Apalagi jika ada dateline.

3. Do Yoga/Meditation

Yoga diyakini bisa melepaskan hormone dan stress. Yoga bisa membantu insomnia.Bisa juga untuk menyembuhkan asma. Yoga adalah pada dasarnya peregangan otot. Bisa membuat kita relaksasi, lebih focus. Tidur bisa lebih tenang. Dan lebih enak JDibahas sedikit tentang Yoga (kebetulan ada artikelnya nih di metrotv) JArti yoga (asal dari India sejak tahun 2000) arti yoga adalah mulai dari cara hidup atau gaya hidup.


Ada 2 jenis Yoga : yaitu tren bikram dan anti gravity

- Bikram (dilakukan pada suhu panas 42’C dalam ruangan, selama 90 menit, 26 gerakan yoga) –> ini gunanya sebagai efek terapi, memperlancar darah, mengeluarkan toksin, juga meningkatkan daya konsentrasi seseorang.

- Anti gravity yoga (menggunakan hamex /gantungan) untuk membuat orang lebih lenturKoordinasi pikiran dan tenaga, mempercayakan diri kita kepada gantungan tersebut.Percaya pada diri sendiri bahwa kita bisa menaklukan tantangan ituTidak semua tempat Yoga yang berinstruktur punya 2 program seperti diatas.

Contoh tempat Yoga yang menyediakan 2 macam yoga diatas adalah : Studio Yoga @42 GBK bung karno. Studio Yoga ini didirikan tahun 2004. Tips saat melakukan yoga harus balance(karena inti dari Yoga itu sendiri adalah keseimbangan antara tubuh dan pikiran)Siapapun bisa melakukan yoga, tidak ada batasan usia :)

4. Eat 2 hours before sleep

Bila kita merasa lapar juga mengantuk, usahakan makan 2 jam sebelum kita tidur. Beri ruang pada tubuh kita untuk bermetabolisme dengan baik. Karena bisa memperlambat proses pencernaan dan mengirimkan asam lambung ke tenggorokan Kita. Sehingga pada akhirnya akan menyebabkan refluks asam atau gangguan pencernaan yang dapat membuat Kita selalu terjaga.. Toh juga jika kita setelah makan langsung tidur, mengakibatkan kegemukan, bukan?

5. Make yourself relax

Ciptakan lingkungan di sekitar tempat tidur Kita dengan nyaman dan bersih. Pastikan sarung dan sprai kasur Kita nyaman sebagai tempat tidur. "Cucilah perlengkapan tidur dengan teratur

6. Be Dicipline

Makanlah setelah Kita lapar. Jangan menunda makan karena akan mengakibatkan jumlah makanan yang Kita santap akan cenderung berlipat ganda.

Di akhir Dialog siang tadi, juga ada pertanyaan yang juga merupakan tips nih, bagaimana kita mengetahui tidur kita sudah berkualitas?

Simple saja jawabannya, jika kita bangun di pagi hari kita merasa segar. Dengan rentang waktu yang normal (usia muda 20 tahun-an : 8,5 – 9,25 jam), (usia dewasa : 8 – 10 jam)

Jika kita mengantuk usahakan untuk tidur. Jika kita pekerja kantoran, juga bisa memanfaatkan waktu istirahat kita 30min untuk beristirahat. Beristirahat tidak selalu harus lelap, bisa juga hanya sekedar memejamkan mata atau pikiran sejenak guna untuk kembali fresh. Karena yang tahu kondisi tubuh kita adalah diri kita sendiri

Ahhh… akhirnya saya bisa melanjutkan aktivitas saya lagi…Sampai bertemu di tulisan saya selanjutnya

No comments